10 Rekomendasi Drakor Bertema Patriotisme, Buat Nemenin Momen 17-an

0

Mengisi momen hari kemerdekaan bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari mengenang jasa para pahlawan dengan mengikuti upacara 17 Agustus hingga berpartisipasi dalam berbagai macam lomba khas 17-an. Namun pandemi COVID-19 mengubah segalanya. Segala bentuk perayaan hari ulang tahun Republik Indonesia ke-76 tahun ini pun harus dilakukan dengan cara yang serba virtual. Walaupun begitu, esensi dan kekhidmatan akan kemerdekaan diharapkan tidak hilang karena berbagai pembatasan dan protokol kesehatan ketat serta pergeseran perayaan di ruang digital.

Memupuk rasa cinta terhadap tanah air di momen kemerdekaan ini penting lho! Salah satunya dengan menyaksikan tontonan bertema perjuangan. Berikut 10 rekomendasi drakor yang mengambil isu militer dan patriotisme yang bisa menjadi alternatif hiburan menemani momen 17-an kamu.

  1. Friend, Our Legend

Serial yang tayang pada tahun 2009 ini dibintangi oleh salah satu aktor dengan bayaran tertinggi di Korea Selatan, Hyun Bin. Merupakan drama adaptasi dari film box office tahun 2001 berjudul Friend yang diperankan aktor top Hallyu, Jang Dong Gun. Sutradara dan pembuat film Friend, Kwak Kyung Taek, bermitra dengan sutradara lain dan 2 orang penulis naskah untuk membawa kembali kisah klasik persahabatan 4 orang bocah laki-laki dan menambahkan “lebih banyak bumbu,” ke dalam plot aslinya dengan menulis karakter baru dan mengeksplorasi lebih dalam kehidupan karakter tertentu, termasuk kehidupan percintaan mereka. Seperti film aslinya, pengambilan gambar serial ini seluruhnya dilakukan di Busan dan untuk menjaga kualitas, drama ini melakukan metode 100% pra-produksi sebelum ditayangkan, sebuah hal yang jarang dilakukan dalam produksi suatu drakor.

2. Iris

Drama yang satu ini bertabur bintang papan atas Hallyu, mulai dari Lee Byung Hun, Kim Tae Hee, Kim So Yeon hingga T.O.P dari grup K-pop Bigbang. Memiliki budget fantastis lebih dari 40 Juta Won atau sekitar 34 Juta Dollar, Iris bersama dengan spin-off nya Athena: Goddess of War, berbagi rekor drama Korea termahal yang pernah diproduksi. Serial ini mendapatkan kritik yang positif dan sukses secara komersial, dengan rata-rata pemirsa lebih dari 30% selain peringkat sebagai program teratas secara konsisten setiap minggu setelah awal tayang. Drama ini juga membawa pulang banyak penghargaan dalam ajang KBS Drama Awards 2009, termasuk Penghargaan Daesang untuk Lee Byung Hun.

Plotnya berkisar pada 2 sahabat dari batalyon misi khusus yang direkrut sebagai agen National Security Service. Kesetiaan keduanya pada negara diuji dan dalam perjalanan cerita membawa mereka dari Korea Selatan hingga ke Hongaria, Jepang, dan Cina di mana pada akhirnya mereka terjebak dalam pusaran konspirasi internasional.

3. Road No. 1

Ceritanya berkisah tentang dua tentara muda, wanita yang mereka cintai, dan perang Korea yang menghancurkan hidup mereka. Judul drama mengacu pada rute yang menghubungkan Seoul ke Pyongyang, jalan panjang penuh pengorbanan dan bagaimana cara bertahan hidup yang dialami para prajurit. Drama ini tayang di stasiun televisi MBC pada tahun 2010 dan dibintangi oleh So Ji Sub, Kim Ha Neul dan Yoon Kye Sang.

4. Athena: Goddess of War

Merupakan drama yang berkisah tentang spionase dan merupakan spin-off dari serial sebelumnya, Iris. Drama yang dibintangi oleh Jung Woo Sung, Cha Seung Won, Soo Ae dan Le Ji Ah ini mengambil latar perkembangan peristiwa yang terjadi dalam drama Iris. Ceritanya mengikuti nasib program energi nuklir ambisius Korea Selatan yang dimaksudkan untuk menyatukan Semenanjung Korea dan memposisikan negara tersebut sebagai pemimpin dalam perlombaan energi global. Akibatnya, sebuah badan kontra-terorisme baru yang dikenal sebagai National Anti-Terror Service dilembagakan dan ditugaskan untuk melindungi teknologi energi nuklir dari potensi ancaman dengan segala cara. Tayang pada tahun 2010, serial ini diproduksi dengan budget yang sama tinggi seperti pendahulunya, yaitu sebesar 20 Juta Won (US$ 17 Juta) dan melakukan syuting di beberapa negara, termasuk didalamnya Italia, New Zealand, Jepang dan Amerika Serikat.  

5. City Hunter

Terkenal sebagai drama yang menjadi lokasi berseminya cinta antara 2 orang pemeran utamanya, Lee Min Ho dan Park Min Young, serial yang tayang pada tahun 2011 di stasiun televisi SBS ini menyajikan cerita tentang seorang pekerja dalam tim komunikasi kepresidenan Korea Selatan yang memiliki dendam pada sekumpulan politisi yang menjadi aktor dalam kematian sang ayah. Dipenuhi dengan aksi laga dan intrik percintaan, drama yang merupakan adaptasi dari manga (komik Jepang) berjudul sama ini, sukses menjadikan Lee Min Ho sebagai idola baru di Eropa.

6. The King 2 Hearts

Memasang 2 orang bintang kenamaan Hallyu, Lee Seung Gi dan Ha Ji Won, serial yang tayang pada tahun 2012 ini berhasil mendapat tempat di hati para pencinta drakor. Berlatar belakang realita alternatif dimana Korea Selatan berada di bawah kekuasaan monarki konstitusional modern, yang merupakan keturunan Dinasti Joseon. Berkisah tentang seorang putra mahkota yang tampan namun materialistis dan tidak berminat untuk menjadi penerus takhta, dimana ayahnya, sang Raja, membohonginya agar sang pangeran mau bergabung dalam kolaborasi militer bersama Korea Utara, sebagai sarana untuk membuat putra mahkota “lebih dewasa”.

7. Descendants of the Sun

Serial yang sangat sukses dan memperoleh rating tinggi, tidak hanya di Korea Selatan tapi juga seluruh Asia. Lewat drama ini pula, aktris cantik Song Hye Kyo menikah dengan lawan mainnya, aktor yang baru saja menyelesaikan wajib militernya saat itu, Song Joong Ki, walaupun hanya bertahan selama 2 tahun dan berakhir dengan perpisahan di tahun 2019. Bercerita tentang seorang komandan pasukan penjaga perdamaian PBB dan seorang dokter wanita yang ditugaskan di sebuah negara berkonflik. Selain Song Joong Ki dan Song Hye Kyo, serial yang tayang pada tahun 2016 ini juga turut dibintangi Kim Ji Woon dan Jin Goo serta menjadikan para pemerannya mendapatkan popularitas secara internasional.

8. Mr. Sunshine

Serial yang digarap dengan sungguh – sungguh, dari segi naskah, akting para pemain dan sinematografinya yang luar biasa indah, menjadikan Mr. Sunshine mencapai tempat tertinggi ke-2 setelah Crash Landing on You dalam kategori drama dengan rating tertinggi yang pernah ditayangkan dalam sejarah stasiun televisi tvN. Para pemerannya pun gak main – main, mulai dari aktor yang sudah menjejakkan kakinya di Hollywood, Lee Byung Hun, aktris film papan atas Korea Selatan, Kim Tae Ri hingga para aktor sukses dalam drama Korea, Yoo Yeon Seok, Kim Min Jung dan Byun Yo Han. Nakah yang dibuat penulis kenamaan Kim Eun Sook (The Heirs, Goblin, Descendants of The Sun dan A Gentleman’s Dignity) ini bercerita tentang seorang anak yang lahir sebagai budak di Korea dan melarikan diri ke Amerika Serikat pada tahun 1871 dan berhasil menjadi seorang perwira Korps Marinir. Setelah kembali ke Korea, ia bertemu dengan putri seorang bangsawan dan jatuh cinta. Dinobatkan sebagai drama terbaik pada tahun 2018, Mr. Sunshine sempat dikritik karena ketidakakuratan dalam menampilkan fakta sejarah dan beberapa adegan yang terlihat “pro Jepang”.

9. Crash Landing on You

Drama ini sempat membuat kehebohan ketika istri selebriti papan atas Indonesia, Raffi Ahmad, yaitu Nagita Slavina nampak menangis tersedu – sedu ketika menonton serial yang dibintangi Hyun Bin dan Son Ye Jin di televisi. Belum lagi kesalahan tayang salah satu stasiun televisi yang harusnya menampilkan foto pemimpin Korea Utara, alih – alih malah menyajikan pose Kapten Ri Jeong Hyuk. Sebegitu besar dampak drama ini dalam kehidupan penonton drakor, apalagi di tengah pembatasan kegiatan akibat pandemi COVID-19, menjadikan mereka bingung membedakan mana yang halu dan mana yang nyata. Terlepas dari itu semua, serial yang tayang di tahun 2019 – 2020 ini sukses menjadi drama dengan rating tertinggi di kanal tvN dan menjadikannya sebagai drama dengan peringkat tertinggi nomor 3 dalam sejarah televisi kabel.

Bercerita tentang seorang pewaris chaebol (istilah bahasa Korea untuk konglomerat) Korea Selatan yang sedang bermain paralayang di Seoul, Korea Selatan dan tiba – tiba tersapu badai hingga ia harus mendarat di Zona Demiliterisasi Korea, dan bertemu dengan seorang kapten yang berasal dari Korea Utara. Seiring waktu, mereka jatuh cinta, meskipun ada perpecahan dan perselisihan di antara masing-masing negara.

10. Search

Dibintangi oleh idola K-pop yang menyebrang ke dunia akting, Krystal Jung dan aktor muda Korea Selatan yang sedang naik daun, Jang Dong Yoon, Search berkisah tentang serangan kejam dari makhluk tak dikenal di Zona Demiliterisasi Korea, dan operasi pencarian pasukan elit khusus untuk mengungkap kebenarannya.    Serial sebanyak 10 episode ini tayang di saluran televisi kabel OCN pada tanggal 17 Oktober sampai dengan 15 November 2020 dan dapat dinikmati melalu layanan streaming online iQIYI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here