Profil Han Ji Min: Haenyeo Pencuri Hati Kim Woo Bin di Drama Korea Our Blues

0
our blues
Kredit: tvN

Drama Korea Our Blues tengah mendapatkan sorotan dari publik dengan kehadiran para bintang papan atas Hallyu yang menjadi jajaran pemeran serial berkonsep omnibus tersebut. Salah satu cerita yang memperoleh perhatian dari pemirsa adalah kisah romansa antara seorang kapten kapal dan haenyeo (penyelam wanita) yang sama – sama takut melangkah lebih dekat, terlepas dari ketertarikan satu sama lain.

han ji min
Han Ji Min berperan sebagai haenyeo bernama Lee Young Ok di drama Our Blues / Kredit: tvN

Pemeran haenyeo cantik tersebut adalah aktris terkenal di Korea Selatan, Han Ji Min. Dalam drama Our Blues, Han Ji Min  memerankan tokoh Lee Young Ok, seorang penyelam wanita yang mencari nafkah dengan mengumpulkan ikan, kerang, cumi – cumi dan kehidupan laut lainnya untuk di jual di pasar.

Berkat chemistry manisnya dengan Kim Woo Bin, seorang kapten kapal yang menaruh hati padanya, penonton pun ikut terbawa perasaan saat keduanya berciuman di akhir episode keempat drama tersebut, hingga membuat rating drama, yang sempat mengalami penurunan di episode ketiga, melesat naik hingga mencapai angka 9,2%, menjadikan Our Blues sebagai pemuncak rating dalam slot waktu tayangnya di semua saluran kabel pada minggu kedua penayangannya dan membuat rekor pribadi baru dalam jumlah pemirsa.

kim woo bin dan han ji min
Chemistry manis Kim Woo Bin dan Han Ji Min di Our Blues sukses membuat penonton baper / Kredit: tvN

Profil Han Ji Min

Perempuan kelahiran Seoul pada tanggal 5 November 1982 ini merupakan salah satu dewi berbakat di dunia drama Korea. Dia memulai kariernya sebagai model iklan dan video klip, sebelum akhirnya mendapat perhatian dari khalayak luas sebagai aktris pendukung di berbagai drama televisi sukses, seperti All In dan Dae Jang Geum (Jewel in the Palace) pada tahun 2003. Berkat visualnya yang memesona dan ditunjang bakat akting alaminya, Han Ji Min sukses mencuri hati pemirsa.

Han Ji Min berperan sebagai aktris pendukung di drama Jewel in the Palace / Kredit: IMDB

Aktris lulusan Seoul Woman’s University jurusan Kesejahteraan Sosial ini dikenal luas karena kerap aktif dalam berbagai pekerjaan sukarela dan penggalangan dana, sebagian besar melalui organisasi bantuan Join Together Society.

Pada tahun 2009, dia menerbitkan bukunya sendiri berjudul We’re Already Friends: Han Ji Min’s Philippines Donation Book, yang mencakup cerita dan potret di masa dirinya menghabiskan waktu di sebuah desa pegunungan terpencil di Filipina, membantu di sekolah desa. Dia juga menyumbangkan semua royalti yang dia dapat untuk membantu mendanai pendidikan anak-anak di Korea Utara dan negara-negara berkembang di Asia.

Terakhir, Han Ji Min berkontribusi dengan menyumbangkan 100 juta Won (Rp 1,1 miliar) untuk membantu korban Ukraina dalam invasi Rusia melalui Komite Korea untuk UNICEF pada tanggal 8 Maret 2022.

Perjalanan Karier Akting

Pada tahun 2005, Han Ji Min mendapatkan peran utama wanita dalam drama balas dendam Resurrection, yang menjadi terobosan besar pertama dalam karier aktingnya. Dua tahun kemudian, dia kembali membuat kesan yang kuat lewat aktingnya yang luar biasa sebagai seorang selir dalam drama sejarah Lee San, Wind in the Palace, yang memberinya penghargaan Excellence Award untuk kategori aktris di ajang MBC Drama Awards 2007.

Periode tahun 2011 hingga 2017 dianggap sebagai puncak karier Han Ji Min di layar dengan keberaniannya mengambil beragam peran, baik di drama maupun film, seperti Padam Padam, Rooftop Prince, The Plan Man, The Fatal Encounter, dan The Age of Shadows.

Kerja keras dan dedikasinya telah membantu Han Ji Min memenangkan berbagai penghargaan akting bergengsi. Perannya dalam drama populer Rooftop Prince memberikannya tiga penghargaan utama pada tahun 2012, termasuk anugerah Outstanding Korean Actress di ajang Seoul International Drama Awards, serta gelar Top Excellence Actress di Korean Drama Awards dan SBS Drama Awards.

Han Ji Min berakting dalam film Miss Baek yang sukses memberinya penghargaan Aktris Terbaik di ajang Blue Dragon Awards dan Baeksang Arts Awards / Kredit: Hancinema

Pada tahun 2018, Han Ji Min menunjukkan transformasi akting yang mengesankan dengan memerankan seorang wanita yang tidak stabil secara emosional, dengan masa lalu sebagai narapidana yang mendapat stigma buruk dari masyarakat lewat film Miss Baek. Berkat penampilan aktingnya yang luar biasa dalam film tersebut, dia membawa pulang penghargaan Best Actress di ajang penghargaan bergengsi Blue Dragon Film Awards dan Baeksang Arts Awards.

Artis Bebas Skandal

Selama hampir dua dekade bekerja di industri hiburan Korea, Han Ji Min telah mengukuhkan statusnya sebagai aktris papan atas di industri perfilman Hallyu. Tidak hanya terkenal berkat kecantikannya, tetapi aktingnya yang serba bisa juga diakui.

Selain karier yang solid, dia juga memiliki kehidupan pribadi yang bersih tanpa kontroversi. Pada tahun 2012, Han Ji Min terpilih sebagai duta Program Lingkungan PBB. Menjelang usia 40 tahun, dia terus terlibat dalam berbagai kegiatan akting dan memikat penonton dengan kecantikannya yang abadi.

Menjelang usia 40 tahun, pesona Han Ji Min tidak luntur / Kredit: Instagram @roma.emo

Han Ji Min sempat terlibat dalam beberapa rumor kencan bersama lawan mainnya yang juga terkenal di masa lalu, seperti Gong Yoo dan Jung Woo Sung, tetapi hingga sekarang tidak ada konfirmasi tentang hubungan percintaannya dan publik mengasumsikan dirinya masih lajang.

Saat ini, Han Ji Min tergabung dalam agensi yang sama dengan Lee Byung Hun, BH Entertainment.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here