Artis Korea, Eropa dan AS Sumbang Milyaran Rupiah Untuk Ukraina

Sejak Rusia melakukan invasi terhadap Ukraina pada 24/2/2022, dukungan terus mengalir kepada Ukraina, dalam berbagai bentuk. Memilih untuk berdiri di atas kemanusiaan, para selebriti dunia ini memberikan dukungan moril dan sejumlah uang untuk warga Ukraina.

Lee Young Ae

source: instagram

Pada 1 Maret 2022, Dmytro Ponomarenko, Duta Besar Ukraina di Korea Selatan, membagikan bukti Cek senilai 100 juta Won (Rp. 1,1 Miliar) dari Lee Young Ae. Selain Cek, aktris asal Korea Selatan ini juga menuliskan sebuah surat untuk rakyat Ukraina, “Sebagai keluarga veteran yang mengalami perang, saya dapat merasakan kengerian perang lebih dalam daripada orang lain.”

Ia pun berharap perang ini akan segera berhenti dan perdamaian dapat dibangun di Ukraina sesegera mungkin, dengan doa agar warga Ukraina tidak kehilangan harapan dan keberanian.

Im Si-Wan

source: instagram @yimsiwang

Aktor dan Idola Kpop Korea Selatan, Yim Siwang juga memberikan dukungannya pada warga Ukraina. Yim Siwang telah menyumbangkan 20 Juta Won (Rp. 236 Juta) ke Kedutaan Besar Ukraina di Korea Selatan, menurut Agensinya, PLUM A&C.

Tidak hanya itu, Ia pun mengunggah foto reservasi atas sebuah Hotel di kota Kyiv, Ukraina di akun instagramnya @yim_siwang, “Halo, saya baru saja memesan Hotel anda selama sebulan, dan tentu saja, saya tidak akan berkunjung. Saya harap anda dan orang-orang di Kyiv akan aman.”

Ternyata memesan dan membayar akomodasi di Ukraina juga merupakan salah satu cara masyarakat menyalurkan bantuannya kepada Ukraina, walaupun mereka tidak akan datang dan tinggal di sana. Hal ini dilakukan agar warga Ukraina dapat menerima bantuan ekonomi selama invasi terjadi.

U-KISS

Soohyun, Kiseop, dan Hoon, anggota grup U-KISS telah menyumbangkan 10 juta Won (Rp.118 Juta) melalui Kedutaan Besar Ukraina di Korea Selatan pada 3/3/2022. U-KISS bertemu langsung dengan Duta Besar Ukraina, Dmytro Ponomarenko, untuk menyampaikan donasi dan dukungan mereka terhadap Ukraina.

“Kami sedang merencanakan proyek di masa depan di mana artis Kpop akan bekerja sama dengan anak-anak Ukraina. Kami sangat senang bertemu seperti ini dan menerima Hadiah yang begitu besar,” ungkap terima kasih Dmytro.

Ia pun juga berterima kasih pada U-KISS melalui akun Twitternya, “Baru saja bertemu dengan (emoji bendera Korea Selatan) band K-pop terkenal U-KISS?? Anak-anak berbakat yang menyatakan solidaritas mereka untuk (emoji bendera Ukraina) & disumbangkan untuk bantuan kemanusiaan kepada rakyat Ukraina. Sangat berterima kasih untuk dukungannya!”

Yang Dong-geun

Aktor-penyanyi Yang Dong-geun menyumbangkan 10 Juta Won (Rp. 118 juta) ke Kedutaan Besar Ukraina di Korea Selatan pada 3/3/2022. “Saya sangat shock menyaksikan berita anak perempuan Ukraina berusia 6 tahun yang terbunuh dalam serangan senjata Rusia,” Yang mengungkapkan dukanya. “Hal itu benar-benar membuat saya patah hati … Saya ingin mengirimkan Cinta dan dukungan untuk para korban dan keluarga mereka di Ukraina.”

Asthon Kutcher dan Mila Kunis

source: instagram

Pasangan selebriti ini telah membuat sebuah Kampanye GoFundMe untuk mengumpulkan 30 Juta Dolar AS (Rp. 428 Miliar) pada 5 Maret 2022, yang diawali dengan sumbangan sebesar 3 Juta Dolar AS (Rp. 43 Miliar) dari mereka. Hingga hari ini Rabu (9/3/2022), uang yang terkumpul hampir mencapai 19 Juta USD dari 54.400 pemberi donasi.

“Saya dilahirkan di Chernivtsi, Ukraina pada tahun 1983 dan pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1991. Rakyat Ukraina adalah orang-orang pemberani yang pantas mendapatkan bantuan kita dalam waktu yang mendesak ini,” tulis Kunis pada laman GoFundMe.

“Peristiwa yang terjadi Ukraina sangat menghancurkan. Tidak ada tempat di dunia ini untuk serangan ketidakadilan pada kemanusiaan,” lanjut Kunis.

Ryan Reynolds dan Blake Lively

source: instagram vancityreynolds

Ryan Reynolds dalam akun Twitternya juga mengajak untuk mendukung warga Ukraina yang menjadi pengungsi di negara tetangga mereka. Ia dan istrinya Blake Lively, memberikan sumbangan kepada Badan Pengungsi PBB – UNHCR (United Nation High Commissioner for Refugees).

“Dalam waktu 48 jam, tidak terhitung jumlah warga Ukraina yang dipaksa untuk meninggalkan rumah mereka ke negara tetangga. Mereka membutuhkan perlindungan. Saat anda berdonasi, kami akan memberikan donasi sebesar 1,000,000,- USD (Rp. 14 Milar), untuk menggandakan donasi ini” tulisnya pada Twitter (27/2/2022).

Gigi Hadid

source: instagram GIgi Hadid

Pada Senin (7/3/2022), melalui akun instagramnya, Model yang telah sering menyuarakan kritik untuk Israel terkait konfliknya dengan Palestina ini, berjanji akan mendonasikan seluruh pendapatannya dari Fashion Show Fall 2022 untuk membantu mereka yang menderita akibat Perang di Ukraina, sembari melanjutkan untuk terus membantu mereka yang juga mengalami hal yang sama di Palestina.

“Mata dan Hati kita harus terbuka pada Ketidakadilan. Semoga kita semua dapat melihat satu sama lain sebagai saudara, melampaui politik, ras dan agama,”tambahnya.

Victoria & David Beckham

“Para Ibu dan anak-anak mereka terpaksa harus meninggalkan rumah mereka. Keluarga harus tercerai berai. Anak-anak harus meninggalkan tempat tidur mereka untuk menjadi pengungsi dalam semalam. Saat konflik di #Ukraina memasuki minggu kedua, kebutuhan darurat dan mendesak telah meningkat terus dan 7.5 juta anak-anak berada dalam risiko tinggi.” Tulis David Beckham pada akun instagramnya @davidbeckham.

source: instagram victoria beckham

Pasangan selebriti asal Inggris ini juga mengajak warga dunia untuk berdonasi bagi Ukraina melalui 7: The David Beckham Unicef Fund (www.7.org), pada Selasa (8/3/2022).

“Situasi di Ukraina sungguh membuat patah hati,” tulis Victoria Beckham pada akun instagrammnya @victoriabeckham. “@davidbeckham dan saya telah membuat donasi atas nama keluarga kami, yang akan digunakan untuk menyediakan bantuan untuk kebutuhan anak-anak, termasuk persediaan medis dan tempat aman bagi keluarga.”

Hingga hari ini, setidaknya korban meninggal dunia 474 orang, korban luka ribuan orang, dan 1,5 juta warga Ukraina telah menjadi pengungsi di perbatasan.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, tidak berhenti menyuarakan perdamaian, sambil bersumpah tidak akan menyerah dan berjuang dengan rakyatnya. “Tidak seorang pun akan mengalahkan kami, kami kuat, kami rakyat Ukraina,” dalam pidatonya pada hari awal invasi Rusia terhadap Ukraina. “Kehidupan akan menang dari kematian, Dan Terang akan menang melawan kegelapan.”

Sumber : VOGUE/People/Soompi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here