7 Film dan Drama Korea Terbaik Lee Byung Hun, Cameo Squid Game yang Juga Bintang Hollywood

0

Penampilan Lee Byung Hun dalam drama populer Squid Game memang hanya sebagai cameo, namun memberikan dampak emosi yang cukup dalam bagi pemirsanya. Aktor yang satu ini bukan sembarang aktor. Ia merupakan salah satu aktor Korea dengan kemampuan akting yang luar biasa, hingga berhasil menarik perhatian para produser Hollywood yang meng-casting-nya untuk tampil dalam beberapa film aksi seperti G.I. Joe: Retaliation, Red 2, Terminator Genisys dan The Magnificent Seven.

Sebelum masuk dalam deretan aktor yang saat ini menjadi viral berkat Squid Game, berikut beberapa rekomendasi judul film dan drama Korea terbaik yang dibintangi suami dari aktris cantik Hallyu Lee Min Jung ini.

All In (2003)

Drama yang mempersatukan Lee Byung Hun dan Song Hye Kyo sebagai pemeran utama ini merupakan salah satu drama yang memperhitungkan akting Lee Byung Hun sebagai salah satu aktor terbaik di Korea Selatan. Berkat All In, ia memperoleh beberapa penghargaan, dengan yang tertinggi adalah anugerah utama (Daesang) dalam SBS Drama Awards 2003.

Terinspirasi oleh kehidupan pemain poker profesional Jimmy Cha, serial berjumlah 24 episode tersebut bercerita tentang kebangkitan seseorang melalui dunia perjudian kasino yang sangat kompetitif saat ia harus berhadapan dengan saingannya atas uang, kesuksesan, dan cinta. All In meraih sukses di Korea Selatan, dengan episode terakhirnya mencapai rating puncak sebesar 47,7%, yang merupakan episode drama Korea dengan rating tertinggi ke-42 sepanjang masa.

Song Hye Kyo (kiri) dan Lee Byung Hun dalam All In

Iris (2009)

Merujuk pada drama yang membantu membawa nama Lee Byung Hun lebih dekat dengan penonton, mustahil untuk tidak menyebut serial dengan budget paling tinggi di tahun tersebut, Iris. Serial ini tidak hanya mendapat perhatian besar di seluruh Asia, tetapi juga menjadi fondasi yang membantu para aktor meningkatkan popularitas mereka.

Plotnya bercerita tentang karakter Kim Hyun Joon (Lee Byung Hun), agen rahasia yang sangat loyal pada organisasi intelijen nasional NSS. Namun suatu hari, setelah berhasil dalam sebuah misi, dia menjadi target perburuan organisasi, yang menyebabkan ia jatuh ke dalam situasi yang mematikan. Sebuah organisasi misterius mendekati Kim Hyun Joon, menyebabkan hubungannya dengan wanita yang dicintainya, Choi Seung Hee (Kim Tae Hee) berubah.

Lee Byung Hun (kiri) dan Kim Tae Hee dalam drama Iris

Masquerade (2012)

Film sukses lainnya yang dibintangi oleh Lee Byung Hun dan menjadi box office di tahun 2012. Lee Byung Hun dengan sangat baik menggambarkan dua karakter yang berbeda. Sifat raja yang dingin dan temperamental, dan keceriaan seorang badut.

Narasinya bercerita tentang seorang raja bernama Gwang Hae (Lee Byung Hun), yang ketakutan akan pembunuhan yang bisa mengintai dirinya kapan saja, menemukan seseorang yang wajahnya mirip dengannya untuk duduk di atas takhta menggantikannya. Orang biasa yang malang itu adalah Ha Seon, seorang badut yang melakukan pertunjukan  di depan bangsawan mabuk dengan penampilan yang identik dengan raja.

Pada tahun 2019, drama The Crowned Clown yang dibintangi oleh Yeo Jin Goo berdasarkan plot dari film Masquerade dirilis dan mendapat banyak reaksi positif.

Lee Byung Hun (kiri) dan Han Hyo Joo dalam Masquarade

Master (2016)

Film yang satu ini menghasilkan pengaruh kuat baik secara domestik maupun internasional berkat plotnya yang dramatis dan menarik, serta akting sempurna dari trio aktor berbakat Lee Byung Hun, Kang Dong Won dan Kim Woo Bin.

Kisahnya berkisar tentang Jin Hyun Pil (Lee Byung Hun), seorang penipu terkenal yang menyebabkan pihak kepolisian pusing tujuh keliling. Kim Jae Myung (Kang Dong Won), seorang kepala tim investigasi kriminal meminta Park Jang Gun (Kim Woo Bin), tangan kanan Jin Hyun Pil, untuk bekerja sama dengannya, tetapi Park Jang Gun ragu-ragu antara memilih untuk menjadi orang benar atau mengkhianati tuannya.

Trio bintang Master (Kim Woo Bin {kiri}, Lee Byung Hun dan Kang Dong Won)

Mr. Sunshine (2018)

Meskipun bukan dianggap sebagai drama yang paling populer di seluruh Asia, Mr. Sunshine mendapat penghargaan tertinggi di negara asalnya Korea Selatan dan menjadi salah satu drama dengan rating tertinggi dalam sejarah tvN. Drama ini ditulis oleh penulis skenario drama sukses Kim Eun Sook (Secret Garden, The Heirs, Goblin, dan Descendents of the Sun) dengan memasang jajaran bintang papan atas  Korea Selatan, yaitu Lee Byung Hun, Kim Tae Ri, dan Yoo Yeon Seok.

Drama yang dipuji berkat akting para pemain dan sinematografinya yang menakjubkan ini mengikuti alur cerita yang berkisar pada romansa menyayat hati sekaligus tragis dari perwira marinir Amerika kelahiran Korea Eugene Choi (Lee Byung Hun). Setelah bertahun-tahun di Amerika Serikat, ia kembali ke kampung halamannya dan jatuh cinta pada Go Ae Shin (Kim Tae Ri), putri seorang bangsawan.

Para pemeran utama Mr. Sunshine

Ashfall (2019)

Ashfall bukan hanya film dengan anggaran besar, tetapi juga membuat penonton tercengang dengan deretan pemain terkenal yang menjadi bintangnya termasuk Lee Byung Hun, Bae Suzy, Ha Jung Woo, dan Ma Dong Seok. Meskipun memicu kontroversi karena alur ceritanya, film ini tetap sukses secara komersial.

Kisahnya dimulai ketika para ahli memperkirakan bahwa letusan gunung berapi berikutnya di Gunung Baekdu akan menyebabkan warga berakhir dengan tragedi. Pemerintah mengirim pasukan elit dalam misi untuk mencuri hulu ledak nuklir Korea Utara dalam menghadapi bencana.

Ha Jung Woo (kiri) dan Lee Byung Hun dalam Ashfall

The Man Standing Next (2020)

Sejak pertama kali memasuki industri hiburan, Lee Byung Hun tidak pernah mengecewakan penonton dengan kemampuan aktingnya. The Man Standing Next sekali lagi memukau penonton dengan penampilan brilian sang aktor.

Film politik ini terinspirasi dari kehidupan kelam presiden paling kontroversial dalam sejarah Korea, Park Chung Hee. Lee Byung Hun berperan sebagai direktur agensi intelejen pusat bernama Kim Kyu Pyung. Dengan penampilannya yang berwibawa, dia berhasil membuat khalayak tidak meragukan kesetiaannya kepada Presiden Park, tetapi ternyata Kim Kyu Pyung adalah orang di balik pembunuhan sang Presiden.

Poster film The Man Standing Next

Mengalami pasang surut dalam akting dan kehidupan pribadi, film dan drama Korea yang dibintangi Lee Byung Hun telah meninggalkan kesan mendalam di hati para penonton. Para penggemar menantikan kembalinya sang aktor ke layar kaca dalam waktu dekat. Bagaimana menurut kalian dengan pilihan kami yeorobun? Jangan lupa bagikan pendapat kamu di kolom komentar di bawah ini ya!


        

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here