Plot Twist: Pendukung Kim Seon Ho Bertambah, Belum Ada Pemilik Merek Menuntut Biaya Penalti Untuk Kontrak Iklannya

0
kim seon ho
Sumber foto: Instagram @seonho_kim

Jika kamu membutuhkan hiburan berupa reality show seperti seri Produce 101 tentang cancel culture Korea untuk melihat siapa yang terakhir bertahan, Kim Seon Ho mungkin bisa menjadi salah satu contoh yang tepat untuk kamu.

Bisa dibilang, dua minggu terakhir ini pasti terasa seperti roller coaster bagi aktor Korea Selatan kelahiran tahun 1986 itu. Sejak tanggal 17 Oktober, Kim Seon Ho terlibat dalam skandal dengan mantan pacarnya, yang mengklaim bahwa dia memaksanya melakukan aborsi.

Sang mantan pacar membuat pernyataan bahwa Kim Seon Ho memperlakukannya dengan buruk setelah aborsi sampai sang aktor akhirnya meminta putus. Dengan pecahnya kontroversi, perusahaan periklanan mulai menghapus iklan apa pun yang melibatkan Kim Seon Ho, membuat banyak orang berspekulasi bahwa Kim Seon Ho akan dikenakan biaya penalti yang besar.

Sejumlah merek yang menggunakan pria  lulusan Institut Seni Seoul ini sebagai model, termasuk Domino’s Pizza Korea, Canon Korea, Miima, dan Nau Korea telah menghapus iklan dan foto pria berusia 35 tahun itu dari akun media sosial mereka.

Di ambang kehancuran yang sudah di mata itu, mungkin banyak yang berpikir bahwa akan memakan waktu lama bagi bintang Hometown Cha-Cha-Cha tersebut untuk mencapai pamor yang ia capai sebelum skandal berlangsung. Namun, sepertinya ombak berputar arah untuk Kim Seon Ho.

Dengan penyelidikan lebih lanjut, muncul spekulasi lain terhadap sang mantan pacar yang ditengarai adalah seorang mantan penyiar cuaca yang beralih profesi menjadi influencer sosial media bernama Choi Young Ah. Salah satu media hiburan Korea Selatan, Dispatch, mengeluarkan artikel yang memukul balik sang mantan pacar dengan mempertanyakan validitas klaim sang mantan pacar, ditambah serangan lainnya dari seorang YouTuber sekaligus jurnalis hiburan bernama Lee Jin Ho yang merilis rekaman suara dari seorang pria yang diduga sebagai mantan suami Choi Young Ah, yang mengungkap sifat sebenarnya dari mantan pacar sang aktor.

Setelah pengungkapan baru tersebut, persepsi publik terhadap Kim Seon Ho berubah 180 derajat, dari julukan pria keji yang tega melakukan aborsi terhadap darah dagingnya sendiri menjadi korban yang menyedihkan, menyebabkan perusahan periklanan yang memutuskan hubungan dengannya perlahan – lahan mulai menayangkan kembali iklan yang menggunakan wajah Kim Seon Ho.

Salah satu merek masker, Miima, yang sebelumnya mengubah iklan Kim Seon Ho menjadi setelan pribadi, telah memasang video iklannya kembali dan memposting ulang foto-foto sang aktor yang mengenakan masker mereka. Perusahaan juga sedang mempertimbangkan untuk meluncurkan acara di mana foto kartu Kim Seon Ho akan diberikan.

Canon Korea juga memposting ulang semua konten Kim Seon Ho. Kini, iklan Kim Seon Ho dapat dilihat melalui saluran YouTube resmi TV-Canon Korea. Banyak netizen meninggalkan komentar di video tersebut dengan mengatakan, “Iklan ini akan sia-sia jika mereka menghapusnya sepenuhnya,” “Canon adalah perusahaan yang baik, mereka setia,” dan “Canon luar biasa dan Kim Seon Ho juga luar biasa. “

Namun, masih ada beberapa perusahaan seperti merek pakaian Nau dan merek kosmetik La Roche-Posay yang belum mengunggah ulang iklan Kim Seon Ho.

Sebelumnya, YouTuber Lee Jin Ho menyatakan, “Dari yang saya tahu, belum ada perusahaan yang meminta Kim Seon Ho untuk membayar penalti.”

Ia terus menjelaskan, “Kim Seonho diperkirakan akan membayar biaya penalti yang berat karena ia menerima lebih dari 5 miliar Won (Rp 60,5 miliar) dalam biaya iklan, tetapi petinggi periklanan mengatakan sesuatu yang berbeda.”

Dia menjelaskan, “Biasanya ketika membuat kontrak untuk sebuah iklan, masalah kehidupan pribadi tidak tercantum dalam kontrak. Jadi, bagi perusahaan periklanan untuk mengeluarkan biaya penalti adalah ketika individu tersebut menyebabkan kontroversi sosial dengan kejahatan.”

Terlebih lagi, sebelum kontroversi pribadinya, Kim Seon Ho telah memiliki 7,3 juta pengikut di Instagram. Saat plot skandalnya semakin merebak, ia mendapatkan cukup banyak pendukung dan sekarang memiliki 7,7 juta pengikut di Instagram.

(berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here