Popularitas Drama Korea Tingkatkan Jumlah Pembaca Webtoon Termasuk Business Proposal

0
office blind date
Kredit: SBS

Meningkatnya popularitas global drama Korea yang diadaptasi dari webtoon telah membawa peningkatan permintaan jumlah pembaca untuk konten aslinya yang hadir lewat platform komik web di seluruh dunia, sebagaimana dilansir dari The Korea Herald berdasarkan data yang ditunjukkan pada Kamis (17/3).

Drama Korea Business Proposal dibintangi oleh Ahn Hyo Seop sebagai CEO tampan namun arogan Kang Tae Mu; Kim Se Jeong sebagai Shin Hari, peneliti makanan yang merupakan anak buah Kang Tae Mu di perusaahaannya; Seol In Ah sebagai Jin Young Seo, sahabat Shin Hari yang merupakan pewaris chaebol; dan Kim Min Kyu sebagai sekretaris Cha Sung Hoon. Komedi romantis dengan kisah jenaka ini disiarkan di saluran TV SBS dan tersedia di platform online streaming Netflix; dan saat ini menjadi salah satu serial TV yang paling banyak dibicarakan di dalam dan luar negeri.

business proposal kdrama
Para pemeran drama Business Proposal (dari kiri-kanan), Kim Min Kyu, Seol In Ah, Kim Se Jeong dan Ahn Hyo Seop / Kredit: SBS

Tayang sejak tanggal 28 Februari, drama mingguan yang hadir tiap hari Senin dan Selasa ini sukses mencapai angka rating dua digit sebesar 10,1 persen untuk episode keenamnya yang hadir pada Selasa (15/3).

Dari sudut pandang global, drama 12 bagian ini juga diterima dengan baik oleh pemirsa di luar Korea, hingga mampu membuat penampilan 10 besar pertamanya di daftar acara TV Netflix paling populer yang disusun oleh Flixpatrol pada Jumat (4/3) dan menempati posisi ketujuh pada hari Rabu.

Serial ini memulai debutnya di urutan keenam dalam daftar resmi acara TV yang paling banyak ditonton pemirsa secara mingguan yang dikeluarkan oleh raksasa online streaming tersebut pada minggu di tanggal 7-13 Maret.

Pada saat yang sama, webtoon yang menjadi dasar pembuatan drama Business Proposal, The Office Blind Date, yang tersedia dalam bentuk web novel dan komik web, menjadi viral dan mendapatkan popularitas yang lebih besar dari yang diperkirakan.

Menurut data Kakao Entertainment, web novel dan webtoon orisinalnya mencatat total 450 juta penayangan di seluruh dunia, termasuk 160 juta pembaca yang dihitung di Korea Selatan, pada akhir Februari, bahkan sebelum penayangan perdana di TV.

Secara khusus, webtoon The Office Blind Date mencapai posisi No. 1 dalam penjualan di platform online Kakao Thailand minggu ini selama dua minggu berturut-turut, serta menjadi No. 1 dalam penjualan di Taiwan dan Indonesia.

Sementara itu, drama Netflix yang berkisah tentang kiamat zombie lewat All of Us Are Dead, yang diadaptasi dari webtoon Now at Our School, memperlihatkan peningkatan 80 kali lipat dalam tampilan online dan 59 kali lipat dalam penjualan bulan lalu, menurut Naver Webtoon.

netflix korea
Drama Korea tentang zombie All of Us Are Dead mendapat popularitas global sejak tayang di Netflix pada tanggal 28 Januari / Kredit: Netflix

All of Us Are Dead, yang telah mendapatkan popularitas tinggi sejak dirilis pada tanggal 28 Januari, menjadi acara TV non-Inggris ketiga yang paling banyak ditonton di antara semua tayangan produksi asli Netflix dengan total 560,8 juta jam penayangan.

Serial Netflix lainnya yang dibuat berdasarkan komik web, Hellbound, karya sang sutradara Yeon Sang Ho, juga mencapai kesuksesan dalam pendistribusian webtoon, dimana kisah tentang peristiwa supernatural akibat mahluk dari neraka ini akan diterbitkan di 11 negara, termasuk Amerika Serikat dan Jepang.

yoo ah in
Yoo Ah In berperan dalam drama thriller apokaliptik arahan sutradara Yeon Sang Ho berdasarkan komik web yang dibuat sang sutradara, Hellbound / Kredit: Netflix

Munhak Dongne, penerbit lokal komik web Hellbound mengatakan sebelumnya bahwa Dark Horse Comics, sebuah perusahaan buku komik asal Amerika Serikat, memenuhi syarat untuk hak penerbitan edisi bahasa Inggris dari kartun Korea yang ditulis bersama oleh Yeon.

Dark Horse Comics telah merilis sejumlah buku komik dan novel grafis terkenal, termasuk Alien dan Star Wars di bawah mereknya sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here