Pengacara Johnny Depp Tantang Amber Heard Atas Tuduhan KDRT

0
amber and johnny court
Sumber foto: Twitter

Pengacara aktor Johnny Depp mulai menginterogasi Amber Heard dalam persidangan pencemaran nama baik yang diajukan sang aktor pada Senin (16/5) waktu setempat. Dia menantang tuduhan  bintang Aquaman tersebut bahwa sang aktris mendapat kekerasan fisik sebelum dan selama pernikahan singkat mereka.

Pengacara Depp memperkenalkan foto-foto Heard membuat penampilan publik di karpet merah dan dalam acara The James Corden Show tak lama setelah dia mengatakan Depp telah memukulinya dengan tangannya, di tempat dimana sang aktor biasanya mengenakan cincin yang tebal.

Gambar-gambar yang ditunjukkan kepada juri tampaknya tidak menunjukkan adanya cedera. Heard mengatakan fisiknya yang terluka itu, termasuk apa yang dibilangnya sebagai hidungnya yang patah, tidak cukup parah untuk terlihat atau ditutupi oleh riasan, sebagaimana dlansir melalui Reuters.

Aktor berusia 58 tahun itu menggugat mantan istrinya sebesar US$50 juta (sekitar Rp 718 miliar, dimana menurut Depp, aktris berusia 36 tahun itu memfitnahnya dengan mengklaim bahwa dirinya adalah korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Heard telah menggugat balik pemeran bajak laut Jack Sparrow dalam Pirates of the Carribean tersebut sebesar US$100 juta (sekitar Rp 1,4 triliun), dengan alasan bahwa Depp mencoreng nama baiknya dengan menyebutnya pembohong.

Pada awal pemeriksaan silang terhadap Heard, salah seorang pengacara Depp bertanya kepada sang aktris apakah dia telah melecehkan Depp dan selanjutnya menyakitinya dengan tuduhan palsu.

“Saya tidak akan pernah bisa menyakiti Johnny,” jawab Heard.

Sebelumnya, Heard mengatakan kepada juri bahwa dia mengajukan cerai pada tahun 2016 karena dia khawatir tidak akan selamat dari kekerasan fisik yang dilakukan oleh mantan suaminya itu. Dia mengatakan bahwa dia menyadari hubungan itu tidak dapat diperbaiki setelah Depp melemparkan ponsel yang mengenai wajahnya.

“Saya tahu saya harus meninggalkannya,” kata Heard. “Saya tahu saya tidak akan selamat jika tidak melakukannya.

“Saya membuat keputusan untuk mengajukan cerai,” tambahnya. “Itu sulit karena saya sangat mencintai Johnny.”

Pasangan itu menikah pada bulan Februari 2015 dan perceraian mereka diselesaikan sekitar dua tahun kemudian.

Depp telah bersaksi bahwa dia tidak pernah memukul Heard dan berpendapat bahwa mantan istrinya adalah pelaku kekerasan dalam hubungan mereka. Depp mengatakan bahwa Heard telah melemparkan botol vodka padanya di awal tahun 2015, dan berakhir dengan bagian atas jari tengah kanannya harus terluka parah.

Sementara Heard membantah, lalu mengatakan dia tidak menyebabkan cedera jari mantan suaminya dan hanya memukulnya untuk membela dirinya dan saudara perempuannya.

Heard juga membantah tuduhan Depp yang mengatakan bahwa dia telah meninggalkan kotoran di tempat tidur di salah satu rumahnya setelah bertengkar di hari ulang tahunnya. Seorang penjaga keamanan telah bersaksi bahwa Heard mengatakan kepadanya bahwa kotoran itu adalah “lelucon praktis yang mengerikan.”

Heard mengatakan dia tidak melakukan lelucon apa pun pada hari itu, lalu menambahkan bahwa dia “tidak dalam mood untuk mengerjai seseorang.”

“Saya baru saja diserang pada hari ulang tahun saya yang ke-30 oleh suami saya, yang sangat saya cintai dan saya tahu saya harus pergi,” kata sang aktris.

Kasus hukum antara Johnny Depp vs Amber Heard ini terjadi akibat munculnya artikel opini, yang ditulis Heard pada bulan Desember 2018, di surat kabar Washington Post. Artikel itu tidak pernah menyebut nama Depp, tetapi pengacaranya mengatakan kepada juri bahwa jelas Heard merujuk sosok yang dianggap melalukan KDRT kepada Depp.

Depp, yang pernah menjadi salah satu bintang terbesar Hollywood, mengatakan bahwa tuduhan Heard membuat dia kehilangan “segalanya”. Film Pirates of the Caribbean yang harus ditunda, dan digantinya Depp dalam film spin-off Harry Potter, Fantastic Beasts.

Pengacara Heard berpendapat bahwa sang aktris mengatakan yang sebenarnya dan bahwa pendapatnya dilindungi sebagai kebebasan berbicara di bawah Amandemen Pertama Konstitusi AS.

Argumen penutup dari persidangan mantan suami istri yang dipertemukan lewat film Rum Diary itu dijadwalkan pada 27 Mei.

Sekitar hampir dua tahun lalu, Depp harus mengakui kekalahan dalam kasus pencemaran nama baik terhadap Sun, sebuah tabloid Inggris yang menjulukinya sebagai “pemukul istri.” Seorang hakim Pengadilan Tinggi London memutuskan bahwa dia telah berulang kali menyerang Heard.

Pengacara Depp kemudian mengajukan kembali kasus serupa di Fairfax County, Virginia, karena Washington Post dicetak di sana, hanya kali ini yang menjadi tertuduh bukan surat kabarnya akan tetapi sang mantan istri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here