Suka Ngopi? Hati – Hati, Jangan Lakukan 4 Hal Ini Jika Tidak Mau Mengalami Penuaan Dini!

0
minum kopi
Foto: Dokumentasi pribadi

Kamu termasuk salah satu yang nggak bisa memulai hari tanpa kopi? Meskipun kebiasaan ngopi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan terkait dengan kebiasaan meminum kopi, supaya kamu nggak mengalami penuaan dini.

Apa saja? Simak infonya berikut ini!

  • Mengganti sarapan dengan hanya ngopi di pagi hari

Sarapan merupakan waktu makan yang paling penting,oleh karena itu, mengganti menu sarapan dengan hanya ngopi berbahaya bagi kesehatan, terutama yang berkaitan dengan proses penuaan.

Ngopi di waktu sarapan boleh-boleh saja, tapi jangan lupa imbangi dengan makan menu sarapan yang kaya akan serat dan antioksidan seperti buah dan kacang2an.

  • Minum kopi ekstra manis

Minum kopi ditambah dengan berbagai pemanis seperti gula, sirup karamel dan sebagainya memang enak, tapi hal itu bisa berakibat buruk bagi kesehatan, terutama jika kamu melakukannya setiap hari.

Gula bisa mempercepat proses penuaan pada kulit, peradangan, dan meningkatkan resiko terkena diabetes. Pastikan kamu minum kopi dengan hanya sedikit pemanis jika kamu mau minum kopi setiap hari, atau hanya minum kopi manis sesekali saja.

  • Kurang minum air

Satu hal penting yang kita perlu sadari, bahwa kopi bukan penghilang rasa haus. Jadi, jangan minum kopi disaat kamu haus dan sebenarnya membutuhkan air.

Masalahnya, kadang kita sering lupa dan memesan kopi yang manis dan berukuran besar sebagai teman makan camilan ketika sedang nongkrong di kedai kopi.

Jika hal ini sering kamu lakukan, kebiasaan buruk ini bisa mengakibatkan dehidrasi, dan mempengaruhi kesehatan kulit, pencernaan, level penyerapan nutrisi dan lain sebagainya.

  • Menggunakan pemanis buatan

Pemanis buatan digunakan sebagai pengganti gula, karena dianggap memiliki kalori yang lebih sedikit sehingga aman untuk diet.

Namun pemanis ini justru berbahaya, karena tidak mengandung nutrisi yang berguna bagi tubuhm bahkan malah mengandung zat-zat berbahaya seperi sucralose dan aspartame yang bisa mempengaruhi kadar insulin dalam darah.

Kamu suka ngopi? Jangan lupa hindari melakukan hal-hal tersebut diatas ya supaya kamu tetap bisa ngopi2 cantik namun tetap menjaga kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here