Kenalan dengan Gong Yoo, Cameo Tampan Squid Game yang Bikin Heboh

0

Drakor yang viral ini menampilkan campuran bintang baru dan aktor veteran yang telah mendapatkan pengakuan internasional atas karir mereka. Salah satu pemeran yang membuat penggemar gempar, walaupun kemunculannya relatif singkat adalah penampilan cameo Gong Yoo. Sebagai perekrut tampan peserta permainan bagi mereka yang membutuhkan uang, Gong Yoo mengawali pertunjukan Squid Game dengan karismanya yang bikin heboh.

Bagi para penggemar konten berbau Korea, wajah Gong Yoo sudah sangat akrab. Aktor berusia 42 tahun ini telah membintangi beberapa drakor dan film paling fenomenal dalam 20 tahun terakhir, sambil tetap mempertahankan kehidupan pribadinya di luar jangkauan media sosial. Kalau kamu baru pertama kali mengenal dan melihat wajah ganteng pria kelahiran Busan ini, berikut beberapa hal yang harus kamu tahu tentang Gong Yoo.

  • Keturunan Konfusius

Nama asli pria ini adalah Gong Ji Cheol. Ia lahir lahir pada Juli 1979 dengan menggunakan nama panggung yang merupakan kombinasi dari nama belakang ayahnya (Gong) dan ibunya (Yoo). Pada tahun 2017, terungkap bahwa Gong Yoo adalah keturunan filsuf Cina Konfusius, dan merupakan bagian dari generasi ke-79 di antara keturunan Konfusius yang berasal dari klan Gokbu Gong.

  • Bintang drakor yang sukses

Setelah memulai debutnya pada tahun 2001, sang aktor memenangkan peran yang mengangkat namanya sebagai salah satu bintang Hallyu paling top dalam drama romantis Coffee Prince (2007), di mana ia berperan sebagai pemilik kafe yang jatuh cinta dengan seorang karyawan. Baru-baru ini, Gong Yoo bersatu kembali dengan para pemeran drakor klasik tersebut dalam acara spesial My Dear Youth – Coffee Prince (2020).

Gong Yoo (paling kiri) bersama para pemeran drama Coffe Prince (sumber foto: Pinterest)

Tahun tersibuk dalam karirnya adalah pada tahun 2016, ketika ia membintangi drama fantasi romantis Guardian: The Great and Lonely God, juga dikenal dengan julukan Goblin yang merupakan karakter mahluk abadi. Dia memenangkan Penghargaan Baeksang untuk kategori Aktor Terbaik berkat peran yang ia bawakan dalam Goblin, si mahluk kekal yang mencari pengantin manusia untuk mengakhiri kutukan keabadiannya.

Selama 2 dekade aktingnya, sang aktor telah memilih beragam peran yang unik. Dia mengatakan kepada CNN, “Saya cenderung memilih proyek yang memberi saya rasa kesegaran. Jadi filmografi saya, terutama setelah mencapai usia 30-an, menjadi jauh lebih beragam.”

  • Dikenal secara internasional berkat film Train to Busan

Gong Yoo juga membintangi film zombie Train to Busan (2016), yang tayang perdana di Festival Film Cannes. Film thriller yang menyentuh hati ini memecahkan rekor di minggu pembukaan pertamanya di Korea Selatan dengan 5 juta tiket terjual, yang membuat ia mendapatkan pengakuan internasional.

Penampilan akting Goong Yoo dalam Train to Busan yang mendapat pengakuan secara internasional (sumber foto: Pinterest)

Penampilan akting sang aktor dalam film tersebut mungkin terbantu oleh fakta bahwa dia memang penakut dalam kehidupan nyata. Dia mengatakan kepada Anthem Magazine bahwa dia menghindari para aktor yang memainkan karakter zombie, bahkan ketika mereka tidak sedang syuting. “Ini jelas fiktif, tetapi ada saat-saat ketika saya benar-benar takut. Ketika kamu memasang ekspresi ketakutan saat berada dalam karakter, saat berada di ruang sempit dalam kereta, dan salah satu zombie menangkap kamu secara tidak sengaja, hal itu benar – benar menakutkan. Saat melihat bloopers (kesalahan – kesalahan kecil yang tidak sengaja terjadi selama syuting), saya benar – benar takut, dimana ekspresi ketakutan di wajah saya itu nyata.”

  • Kolaborasi pertamanya dengan Hwang Dong Hyuk, yang juga menyutradarai Squid Game, membawa perubahan sosial di Korea.

Pencipta Squid Game, Hwang Dong Hyuk, pertama kali bekerja dengan Gong Yoo dalam film Silenced (2011). Film tersebut dibuat berdasarkan skandal kehidupan nyata di sebuah sekolah untuk tuna rungu, di mana setidaknya 8 siswa dilecehkan oleh staf sekolah. Film tersebut memicu kemarahan di Korea, dan menyebabkan disahkannya “Hukum Dogani,” yang menjatuhkan hukuman lebih keras kepada mereka yang melakukan kejahatan seks terhadap anak-anak dan orang cacat.

Pria lulusan Kyung Hee University ini mengatakan kepada CNN bahwa peran tersebut mengubah segalanya. “Hal ini adalah salah satu dari pertama kalinya dimana saya berpikir, jika saya benar-benar memiliki semacam pengaruh … bukankah ini menjadi sesuatu hal yang dapat saya gunakan? Daripada turun ke jalan untuk memprotes, hal paling efektif yang bisa saya lakukan sebagai seorang aktor adalah saya akan (menggunakan popularitas saya untuk) mendorong pendanaan…sehingga film ini bisa dibuat.”

  • Orang rumahan dan tidak aktif di media sosial

Meskipun telah berhasil menancapkan namanya sebagai salah satu aktor paling populer di industri hiburan Hallyu, Gong Yoo sangat melindungi kehidupan pribadinya. Dia mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa dirinya tidak senang jika orang mengenalinya saat bertemu di jalan, hingga ia memutuskan untuk menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah. Gong Yoo bahkan sempat hiatus dari dunia akting selama 2 tahun setelah menjalankan mega proyek perfilman yang melibatkan dirinya pada tahun 2016.

Ketika ditanya tentang media apa yang mengganggu kehidupan pribadinya, sang aktor mengatakan kepada CNN, “Kamera, saya benci itu. Itu adalah sesuatu yang harus saya tahan saat bekerja sebagai aktor. Pada akhirnya, karena ketenaran, ‘Gong Yoo’ ada. Hal tersebut merupakan kekuatan pendorong yang membuat saya terus maju. Tetapi jika ada sesuatu yang kamu peroleh, ada juga sesuatu yang dapat kamu hilangkan. Oleh karena itu, saya berusaha untuk tidak memamerkan kehidupan pribadi saya.”

Ia juga menjauhi media sosial. “Twitter, Instagram, saya tidak menggunakannya sama sekali. Ini (wawancara) lebih baik daripada media sosial,” ujarnya.

  • Bersahabat dengan lawan mainnya di Goblin, Lee Dong Wook

Aktor yang bergabung dengan agensi Management SOOP ini dekat dengan beberapa lawan mainnya di drama Goblin. Dia bersahabat dekat dengan Lee Dong Wook, yang berperan sebagai Grim Reaper, sebelum mereka berakting dalam drama yang sama dimana keduanya bertemu pada saat menjalani wajib militer di tahun 2008. Sejak Goblin berakhir pada tahun 2016, Gong Yoo telah mengirim truk kopi untuk mendukung Lee Dong Wook dan aktris yang menjadi pemeran utama wanita Goblin, Kim Go Eun saat mereka menjalani syuting drama lainnya.

Persahabatan Gong Yoo (kiri) dan Lee Dong Wook dimulai sejak mereka menjalani wajib militer di tahun 2008 (sumber foto: Pinterest)
  • Menyumbang donasi untuk bantuan pandemi COVID-19 sebesar 100 juta won (sekitar Rp 1,2 miliar)

Tahun lalu, Gong Yoo bergabung dengan beberapa selebritas Korea, termasuk sutradara pemenang Oscar lewat film Parasite, Bong Joon Ho, dalam memberikan sumbangan besar untuk langkah-langkah bantuan penanganan COVID-19. Menurut South China Morning Post, dia memberikan sumbangan sekitar Rp 1,2 miliar dengan nama aslinya dan meminta agar donasi tersebut digunakan “untuk staf medis dan untuk mendukung orang-orang berpenghasilan rendah dan kurang mampu.” Mulia sekali ya hati ahjussi kita yang masih single dan available ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here