Move To Heaven: Drama Penguras Air Mata Produksi Netflix

0

Siapkan sekotak tissue saat mencoba menonton serial 10 episode ini! Peringatan: review ini mengandung spoiler dan mungkin akan membuat Anda menitikkan sedikit air mata.

Apakah kamu pernah mendengar sebuah profesi bernama “Trauma Cleaner”? Pekerjaan yang saya tidak tahu ada, sampai saya menyaksikan drama yang terinspirasi dari sebuah karya non fiksi “Things Left Behind” yang ditulis oleh Kim Sae Byul, salah satu trauma cleaner pertama di Korea Selatan.

Serial ini bercerita tentang suatu perusahaan yang menawarkan jasa untuk membersihkan lokasi dan merapikan barang – barang seseorang yang telah meninggal. Melalui drama ini, penonton diharapkan untuk memahami kehidupan almarhum melalui pesan yang mereka tinggalkan kepada orang – orang terkasih lewat barang – barang peninggalan mereka.

Setelah kematian mendadak ayahnya, diperankan dengan apik oleh Ji Jin Hee, seorang pemuda berusia 20 tahun penderita Sindrom Asperger bernama Han Geu Roo (Tang Joon Sang) harus menerima sang paman yang mantan narapidana, Jo Sang Koo (Lee Je Hoon), sebagai walinya. Bersama – sama mereka menjalankan bisnis keluarga “Move To heaven” dimana keduanya mengeksplorasi berbagai cerita dramatis kehidupan seseorang yang baru saja meninggal saat membersihkan dan merapikan kamarnya.  

Setiap episode yang ditampilkan membuat penonton tidak sanggup menahan air mata. Struktur ceritanya sangat bagus, sederhana tapi megah. Pengeditannya luar biasa dengan grafika komputer terbaik dan menghasilkan efek yang indah. Para pemerannya mengeluarkan kemampuan akting yang cemerlang sehingga membuat pemirsanya merasa seperti menjadi salah satu karakter dalam cerita. Paruh pertama cerita cukup konvensional dimana para penonton diajak untuk mengenal karakter utama melalui pekerjaan mereka sebagai trauma cleaner, sementara paruh kedua lebih fokus pada kehidupan masa lalu mereka.

Hampir semua episode memberikan klimaks yang memuaskan namun yang paling menonjol dan penuh emosi adalah episode 5, yang berkisah tentang seorang pria yang berprofesi sebagai dokter yang disandera dan dibunuh di sebuah Rumah Sakit. Geu Roo dan Sang Koo yang mendapat tugas membersihkan kediaman dokter tersebut, menemukan poster konser musik klasik, surat cinta yang belum terkirim dan tiket konser. Keduanya pergi ke tempat konser musik klasik tersebut untuk menemukan kekasih misterius sang dokter. Akan tetapi kenyataan mengejutkan menghampiri mereka karena kekasih yang dimaksud adalah seorang lelaki. Pasangan kekasih tersebut berpisah setahun yang lalu karena orang tua sang dokter menginginkan anaknya untuk menikah dengan seorang perempuan. Dokter tersebut tersebut berencana untuk pergi meninggalkan keluarganya untuk bersama dengan kekasihnya. Melalui surat yang ditinggalkan, Geu Roo menyampaikan perasaan sang dokter kepada kekasihnya.

“Move To Heaven” menawarkan sebuah gagasan tentang kotak berisi problematika yang berlapis. Wadah berwarna kuning merupakan rangkuman kehidupan seseorang yang menggambarkan secara puitis betapa rapuhnya keberadaan manusia. Saat Geu Roo dan Sang Koo mengirimkan barang – barang peninggalan orang yang baru saja meninggal, mereka mempelajari bagaimana perjuangan almarhum dan bagaimana cara mereka menghadapi kehidupan yang mengukungnya, dengan kata lain pemirsa diajak untuk memikirkan kembali persepsi tentang siapa kita versus siapa kita seharusnya. Dan pada akhirnya, setiap ruangan yang dibersihkan diibaratkan sebagai sebuah kotak yang menjadi tempat di mana kita tidur, makan, dan menjalani kehidupan hari-hari. Sebuah kurungan lain yang merangkum keberadaan kita dengan empat dinding dan satu pintu.

Secara keseluruhan, penampilan luar biasa dari semua pemain, terutama Lee Je Hoon. Terima kasih untuk serial yang luar biasa dan menginspirasi, semua orang harus menonton drama ini untuk mengembangkan empati dan memahami serta memiliki rasa kasih sayang terhadap satu sama lain. Drama ini memberikan pelajaran yang sangat baik bagi semua manusia untuk tidak pernah menyerah pada hidup karena tidak ada yang lebih berharga dari hidup manusia. Bisa dibilang, “Move To heaven” adalah salah satu drama Korea produksi Netflix terbaik di tahun 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here