Menyambut Hari Osteoporosis Sedunia, Cari Tahu Cara Menjaga Kesehatan Tulang

0

Buat Ladies yang belum terlalu familiar dengan Osteoporosis, mumpung tanggal 20 Oktober ini ditandai sebagai Hari Osteoporosis Sedunia kita cari tahu yuk!

Faktanya, worldosteoporosisday.org menjabarkan “Osteoporosis menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh, sehingga mudah patah – bahkan karena jatuh ringan, terbentur, bersin, atau gerakan tiba-tiba. Fraktur yang disebabkan oleh osteoporosis dapat mengancam jiwa dan merupakan penyebab utama rasa sakit dan kecacatan jangka panjang”.

Mengutip dari Jurnal Osteoporosis oleh Dr.H.Briliantono M.Soenarwo SpOT, FICS, MD.PhD, MBA, “Kondisi penurunan kadar mineral khususnya kalsium ini, menyebabkan pengeroposan pada tulang dan inilah yang populer dikenal sebagai Osteoporosis. Tulang kehilangan massa dan terjadi kerusakan konstruksi trabekula tulang sehingga korteks menjadi tipis dan medulla lebih berongga. Konsekuensinya tulang menjadi tipis, lebih rapuh dan mudah patah. Osteoporosis sering dianggap ‘the silent killer’ karena proses hilangnya kalsium dari tulang terjadi tanpa tanda atau gejala”

Gak hanya menyerang orang tua yang sudah menopause, usia muda pun tidak luput dari resiko Osteoporosis loh! Semakin bertambahnya usia, kepadatan tulang akan semakin berkurang. Namun, kamu tetap bisa menjaganya dengan menerapkan gaya hidup sehat yang diterapkan sejak dini !

Ada 5 langkah yang ladies bisa lakukan sehari-hari untuk menjaga kesehatan tulang:

1. Berolahraga secara teratur. Jaga agar tulang dan otot Anda tetap bergerak, berjalan kaki, latihan beban, penguatan otot, dan latihan keseimbangan adalah beberapa diantara olahraga yang dianjurkan

2.  Pastikan asupan nutrisi yang menyehatkan tulang. Kalsium, Vitamin D dan Protein adalah unsur yang dibutuhkan tulang. Susu, Yoghurt, Keju, Apel, Sayuran Hijau, Telur, Ikan Salmon, Udang, Wijen dan Jus Jeruk adalah beberapa diantara makanan ‘penguat tulang’. Kalsium dari Vitamin D juga bisa didapatkan lewat berjemur. Waktu terbaik untuk berjemur adalah pada pukul 10.00-14.00. Sebaiknya menghindari paparan ultraviolet yang berbahaya, yaitu sebelum pukul 10.00 atau setelah pukul 14.00 selama 15-30 menit saja.

3.Jaga pola makan dan kontrol berat badan dengan mengurangi asupan junk food

4. Hindari atau kurangi asipan minuman bersoda, berkafein dan beralkohol lainnya karena meningkatkan resiko terkena keropos tulang

5. Cari tahu apakah ladies memiliki faktor risiko, terutama jika pernah mengalami patah tulang sebelumnya, memiliki riwayat keluarga osteoporosis, atau minum obat tertentu yang mempengaruhi kesehatan tulang seperti obat kortikosteroid seperti prednison, kortison, prednisolon, dan deksametason (sofi)

(berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here