7 Selebriti Korea di Pusaran Skandal, Karir Gemilang Langsung Tenggelam!

0

Korea Selatan terkenal karena mengharapkan para bintang idolanya memiliki catatan pribadi yang bersih dan citra baik. Ketika akhirnya para bintang Hallyu ini terlibat dalam berbagai skandal seperti perceraian yang berantakan, mengemudi dalam keadaan mabuk, intimidasi, atau skandal lainnya, bukan hal yang aneh bagi para pemilik merek, yang menggunakan jasa mereka untuk menjadi model iklan, memutuskan hubungan tanpa basa-basi, atau menghilangkan keberadaan para artis yang dianggap tercemar ini dalam film atau drama yang mereka bintangi dan menggantikannya dengan bintang lain. Bahkan jika tuduhan itu tidak terbukti, perusahaan – perusahaan itu mengambil langkah drastis dalam pengendalian kerusakan preventif, dengan cepat menjauhkan diri dari kesan negatif.

Ada desas-desus bahwa selebriti yang sudah menikah mendapatkan “klausul perceraian” dalam kontrak serial akting mereka, di mana mereka harus membayar denda jika bercerai saat acara masih ditayangkan.

Berikut daftar selebriti Korea yang terlibat dalam skandal baru-baru ini, yang kehilangan kesepakatan iklan, drama, atau pun film sebagai akibatnya.

  • Kim Seon Ho

Aktor yang sedang naik daun, Kim Seon Ho, harus meninggalkan karir gemilangnya ketika sebuah postingan dari sebuah akun anonim menyeruak di komunitas online minggu lalu, tepat setelah berakhirnya drama populer yang dibintanginya dengan aktris Shin Min Ah, Hometown Cha-Cha-Cha. Isi postingan tersebut membeberkan kelakuan buruk seorang aktor berinisial K yang tengah naik pamornya. Netizen tersebut, yang menyatakan diri sebagai mantan pacar sang aktor, menuduh aktor ‘K’ sebagai seorang manipulative yang melakukan pemaksaan aborsi, berpura – pura mengajak menikah dan menjelek – jelekkan rekan kerjanya di belakang.

Setelah spekulasi yang beredar, baik di media atau platform online, identitas aktor ‘K’ menunjuk  ke satu individu. Beberapa media bahkan terang – terangan menyebutkan nama bahwa aktor ‘K’ yang di maksud adalah aktor Kim Seon Ho.

Setelah diam dan tidak menanggapi rumor yang semakin berkembang, agensi Kim Seon Ho baru memberikan tanggapan pertamanya pada tanggal 19 Oktober, 2 hari setelah berita yang beredar semakin tidak terarah, dengan mengatakan bahwa mereka masih mengecek fakta – fakta yang ada.

Akhirnya pada tanggal 20 Oktober, sang aktor akhirnya muncul lewat pernyataan tertulis yang mengakui bahwa dia adalah aktor ‘K’ dan mengakui kesalahan yang telah dia lakukan dan meminta maaf kepada mantan pacar yang telah ia kecewakan. Setelahnya, agensi Kim Seon Ho, SALT Entertainment, mengeluarkan pernyataan serupa, membenarkan kontroversi yang menaungi aktor mereka.

Sebelum akhirnya merilis pernyataan tersebut, beberapa pemilik merek telah menghapus sosok Kim Seon Ho dari materi iklan mereka, seperti Domino’s Pizza Korea dan Food Bucket. Setelah pengakuan sang aktor, 3 produksi film yang sebelumnya sudah mengonfirmasi Kim Seon Ho sebagai pemeran utamanya, memutuskan untuk mengeluarkan pria berusia 35 tahun tersebut dari produksi mereka.

  • Seo Ye Ji

Nama Seo Ye Ji muncul ke permukaan dan menjadi bintang idola baru dengan kesuksesan drama yang menjadi serial Korea di Netflix paling populer pada tahun 2020, It’s Okay to Not be Okay. Wajah cantiknya pun mulai dilirik berbagai merek yang memasang dirinya sebagai model iklan seperti kacamata Rieti, Luna, Inner Flora dan Aer.

Popularitasnya yang meninggi harus berakhir ketika pada bulan April 2021, reputasi baiknya dihancurkan oleh skandal yang melibatkan aktor Kim Jung Hyun yang sedang bermasalah dengan agensinya. Nama sang aktris terbawa ketika publik mulai membuka kembali perlakuan sang aktor saat memperlakukan lawan mainnya dengan kasar dalam drama Time di tahun 2018, Seohyun SNSD.

Media Dispatch menyelidiki masalah tersebut, dan akhirnya mengungkapkan kebenaran di balik sikap Kim Jung Hyun. Ternyata selama syuting dengan Seohyun, Kim Jung Hyun berpacaran dengan Seo Ye Ji yang memanipulasi, mengontrol, dan tidak mengizinkan aktor tersebut untuk beradegan mesra dengan lawan main wanitanya.

Serangkaian skandal yang melibatkan Seo Ye Ji terus bermunculan, termasuk kontroversi di mana aktris berusia 31 tahun itu dituduh berbohong tentang kuliah jurnalistiknya di Spanyol, bertindak menyebalkan terhadap staf dan bahkan memanipulasi Yunho DBSK, yang dikabarkan sempat dekat dengannya. Walaupun film terakhirnya, Recalled, berhasil masuk kategori box office, namun Seo ye Ji tidak menghadiri konferensi persnya. Selain itu, ia kemudian menarik diri dari proyek drama Island, dan kehilangan bayak kesepakatan endorse serta menghadapi risiko membayar kerugian miliaran won.

  • Jisoo

Jisoo terkenal sebagai aktor spesialisasi second lead dengan kisah cinta memilukan, yang membuat ia mendapat julukan sad boy karena karakternya selalu berakhir dalam cerita romansa yang tragis. Akhirnya Jisoo mendapatkan kegemilangannya ketika berhasil menjadi pemeran utama dalam drakor River Where the Moon Rises, bersama aktris muda berbakat Kim So Hyun.

Di pertengahan syuting, tiba – tiba rumor tentang tingkah laku Jisoo di masa lalu muncul. Ia dituduh melakukan bullying dan juga pelecehan seksual saat masih duduk di bangku SMP.  Tak lama Jisoo mengeluarkan pernyataan permohonan maaf melalui akun instagramnya dengan mengunggah foto surat yang ia tulis dengan tulisan tangan, secara tidak langsung mengakui kebenaran rumor tersebut. Jisoo pun menyatakan mundur dari serial bergenre sejarah tersebut.

Akibatnya, tim produksi River Where the Moon Rises harus menunda syuting mereka dan mencari aktor pengganti karena adegan yang menampilkan Jisoo dan sudah melalui proses syuting harus dibuat ulang. Kabarnya proses syuting sudah mencapai 95 persen, bisa dibayangkan berapa nilai kerugian yang harus ditanggung oleh pihak rumah produksi.

  • Naeun April

Perempuan bernama lengkap Lee Ne Eun ini adalah salah satu anggota idola K-pop, April. Ia dianggap sebagai anggota tersukses berkat keberhasilannya menjadi aktris. Namanya mulai populer sejak membintangi web series A-Teen (2018), A-Teen 2 (2019) dan drakor yang diadaptasi dari webtoon July Found by Chance, Extraordinary You.

Sayangnya pada bulan Februari 2021, saudara laki – laki dari salah seorang mantan anggota April yang keluar pada 2016 silam, Hyunjoo, mengeluarkan tuduhan bahwa personel April lainnya, termasuk Naeun, melakukan bullying kepada Hyunjoo, hingga membuatnya depresi dan berniat mengakhiri hidupnya sendiri.

Agensi April, DSP Media, membantah tuduhan tersebut. Namun tuduhan bullying lainnya muncul ke permukaan dan mengarah langsung kepada sosok Naeun. Seorang netizen mengaku lewat tulisan di internet bahwa ia telah mengalami perundungan oleh Naeun saat masih SD.

Tudingan demi tudingan yang menghampiri Naeun April, walaupun sudah dibantah, merusak citra Naeun yang bersih dan bagaikan malaikat serta karirnya yang cemerlang. Penampilannya di variety show SBS Delicious Rendezvous langsung dihapus. Sejumlah perusahaan yang bekerja sama dengan Naeun seperti J Estina dan Samjin Pharm juga diberitakan menghapus materi promosi yang menampilkan Naeun. Ia pun harus mundur sebagai salah satu pemeran drakor Taxi Driver.

  • Park Hye Soo

Park Hye Soo mengawali karirnya sebagai salah satu kontestan program menyanyi K-pop Star musim ke-4. Namanya mulai naik setelah membintangi drakor Age of Youth di tahun 2016. Setelah itu, ia mendapat peran utama pertamanya lewat drama Introverted Boss di tahun 2017.

Park Hye Soo, yang merupakan lulusan dari Universitas Korea dengan gelar di bidang bahasa dan sastra Korea ini, adalah salah satu aktris muda dengan karir dan masa depan yang cerah. Namun masalah mulai menimpa sang aktris ketika pada bulan Februari 2021, seorang netizen mengklaim bahwa ia adalah korban perundungan yang dilakukan oleh Park Hye Soo saat masih duduk di bangku SMP.

Aktris berusia 26 tahun itu membantah semua tuduhan melalui agensinya Studio Santa Claus Entertainment. Tuduhan tersebut menyebabkan penundaan dalam perilisan serial Dear.M yang ia bintangi. Dispatch kemudian melaporkan bahwa tuduhan itu salah, mengklaim bahwa korban berbohong dan mengungkap pesan teks bahwa keduanya sebenarnya adalah teman di sekolah.

Walaupun sudah membantah semua tuduhan dan meyakinkan bahwa dirinya bukan pelaku bullying, hingga saat ini belum ada kelanjutan dengan jadwal perilisan Dear.M., bahkan yang terjadi adalah ramai petisi yang meminta KBS, sebagai saluran televisi yang akan menayangkan drama tersebut, untuk mengeluarkan sang aktris dari serial yang juga dibintangi oleh Jaehyun NCT itu.

  • Seolhyun AOA

Perempuan bernama asli Kim Seol Hyun ini dikenal sebagai salah satu idola K-pop dengan bentuk tubuh terbaik dalam industri. Selain aktif bernyanyi bersama grupnya, AOA, Seolhyun juga sangat laris sebagai model iklan dan juga menerima banyak tawaran film dan drama, seperti Orange Marmalade, Gangnam Blues dan The Great Battle.

Kali ini, tuduhan yang melibatkan dirinya bukan sebagai perundung, tetapi sebagai seseorang yang tidak berbuat apa – apa saat melihat rekannya mengalami bullying. Mantan anggota AOA, Mina, menuduh rekan satu grupnya, Jimin, memperlakukannya dengan buruk selama bertahun-tahun, sementara Seolhyun, yang diketahui bersahabat dekat dengan Jimin, hanya bungkam dan tidak melakukan apa pun untuk menghentikannya.

Penyanyi sekaligus aktris itu berhasil mempertahankan perannya dalam drakor Awaken meskipun ada seruan agar dia dikeluarkan dari serial tersebut, tetapi reputasinya tetap ternoda. Wawancara video terbarunya dengan Vogue dikritik oleh pemirsa dan kemudian dihapus dari saluran YouTube-nya.

  • Ahn Jae Hyun

Pada tahun 2016, aktor muda pendatang baru, Ahn Jae Hyun, memutuskan untuk menikahi lawan mainnya dalam serial Blood yang tayang di tahun 2015, Goo Hye Sun. Pada awalnya kehidupan pernikahan mereka tampak manis dan rasanya seperti dunia hanya milik mereka berdua. Hal ini tampak dalam acara reality show Newlywed Diary yang tayang di tvN pada bulan Februari – Maret 2017, yang memberikan gambaran sekilas betapa romantis dan indahnya kehidupan perkawinan mereka.

Berkat citra keduanya yang terlihat saling mencintai dengan tulus ditambah bumbu cerita pengejaran cinta Ahn Jae Hyun yang pada mulanya mengalami penolakan dari Goo Hye Sun, publik menjadi terbawa perasaan dan menganggap bahwa cinta sejati itu ada.

Reputasi Ahn Jae Hyun sebagai suami yang bucin dengan istrinya semakin menambah popularitasnya sehingga ia pun mendapat beberapa penawaran drama yang semakin melambungkan namanya seperti Cinderella with Four Knights, The Beauty Inside dan Love with Flaws.

Saat proses syuting drakor Love with Flaws (2019) inilah masalah mulai muncul. Drama perceraian mereka dimulai ketika Goo Hye Sun mengungkapkan via media sosial instagram miliknya bahwa sang suami ingin bercerai darinya pada tanggal 18 Agustus 2019 dengan alasan pernikahan mereka telah kehilangan percikannya. Di lain pihak, sang aktris menentangnya dengan keras. Ditambah munculnya rumor bahwa sang aktor tergoda dengan lawan mainnya dalam Love with Flaws, Oh Yeon Seo, walaupun dibantah keras oleh keduanya.

Akibat perceraian mereka yang berlarut – larut dan penuh drama, mengakibatkan sang aktor harus menerima pemutusan kontrak dari beberapa merek yang mendapuknya sebagai model seperti Merbliss dan Giordano. Ia pun di depak dari variety show New Journey to the West.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here