Kisah Han So Hee, Mantan Trainee Paling Kontroversial di Sejarah Kpop

0
han so hee ex trainee

Han So Hee, nama yang cukup familiar bukan? Memiliki nama yang sama namun dengan rekam jejak yang berbeda, sosok Han So Hee yang akan kita bahas kali ini bukan aktris cantik berprestasi yang dikenal lewat drama Korea populer seperti The World of the Married, Nevertheless, dan My Name. Walaupun sama cantik dan berbakatnya,  Han So Hee yang satu ini merupakan mantan trainee idola Kpop yang paling kontroversial.

Penasaran dengan kisah Han So Hee, mantan trainee Kpop yang berhasil membuat nama-nama besar dalam industri Kpop tejerembab hingga menghancurkan karier mereka? Simak yuk kisahnya di bawah ini!

Selama hari-hari pada awal pelatihannya, Han Seo Hee tampaknya memiliki masa depan yang menjanjikan. Dia telah diterima oleh beberapa perusahaan hiburan sebagai trainee dan dijadwalkan untuk debut. Sebelum hal itu terjadi, reputasinya dengan cepat melonjak (secara negatif) dan namanya menjadi salah satu yang sangat dihindari di industri hiburan Korea.

Perjalanan Debut Han So Hee yang Tak Kunjung Tercapai

Perjalanan Han Seo Hee untuk debut dimulai pada tahun 2011 ketika dia mengikuti audisi untuk JYP Entertainment dan berakhir di tempat pertama. Meskipun tidak pernah secara terbuka menandatangani kontrak dengan JYP Entertainment, dia melanjutkan aspirasinya untuk menjadi idola Kpop dengan tampil di program audisi MBC Birth of a Great Star 3 pada tahun 2012, hingga mendapatkan perhatian lebih lanjut dari perusahaan hiburan.

Walaupun gagal mencapai babak final pertunjukan, dia bergabung dengan Pledis Entertainment sebagai trainee pada tahun 2013, tetapi memutuskan meninggalkan agensi tidak lama sesudahnya. Dalam sesi tanya jawab di Instagram pada tahun 2019, Han Seo Hee mengungkapkan kenyataan pahit hidupnya sebagai trainee dengan Pledis Entertainment.

Han So Hee ikut serta dalam program audisi MBC Birth of a Great Star 3 / Kredit: MBC

“Jika kami terlihat tertidur atau menggunakan ponsel kami, manajer akan memantau melalui CCTV dan masuk ke kamar. Kami harus memiliki keterampilan yang hebat untuk tidur tanpa ketahuan. Setelah latihan, kami harus mengambil gambar waktu dan mengirim gambar ke obrolan grup. Tamat.”

Setelahnya, Han Seo Hee diduga menandatangani kontrak dengan Source Music, di mana dia dilaporkan berlatih untuk debut dengan GFRIEND. Sebelum dia bisa bergabung dengan lineup, Han Seo Hee dan Source Music berpisah karena alasan yang dirahasiakan.

Setelah meninggalkan Source Music, dia bergabung dengan Jellyfish Entertainment, dan dilaporkan bahwa dia sedang berlatih untuk debut sebagai anggota grup Kpop Gugudan. Sebelum grup tersebut debut pada tahun 2016, Han Seo Hee kembali berpisah dengan perusahaannya.

Setelah serangkaian peristiwa keluarnya sang trainee yang membingungkan dari beberapa agensi, seorang karyawan anonim dari salah satu perusahaan manajemen yang dirahasiakan, tempat Han Seo Hee berlatih, mengungkapkan bahwa perusahaan itu memilihnya pada Juni 2015, tetapi dia dilepaskan setelah sebulan karena “masalah pribadi.”

Terlibat Kasus Narkoba Dengan T.O.P BIGBANG

Setelah menempuh perjalanan enam tahun untuk debut, Han Seo Hee merasa frustrasi, seperti yang dihadapi banyak trainee lainnya ketika impian mereka begitu dekat, tetapi tidak ada garis akhir yang terlihat. Jika trainee lain terus memacu semangat mereka untuk bekerja lebih keras menuju tujuan, berbeda dengan Han Seo Hee yang merasa tersesat tanpa arah hidup, sebagaimana diungkapkannya lewat sebuah video YouTube pada tahun lalu.

Pada bulan Maret 2016, mantan stylist 2NE1, Yang Seung Ho (juga dikenal sebagai XIN), ditangkap di Tokyo karena merokok ganja. Investigasi terhadap hal ini menyebabkan berita utama pada 2017 yang akan mengejutkan penggemar dan mengukuhkan Han Seo Hee sebagai salah satu mantan trainee Kpop paling kontroversial sepanjang masa.

Polisi mulai menyelidiki T.O.P BIGBANG sehubungan dengan penangkapan XIN setelah diduga skandal narkoba stylist juga dapat melibatkan idola Kpop. Polisi tidak menemukan bukti yang cukup pada saat itu, sehingga penyelidikan tidak dilanjutkan.

Saat penyelidikan seputar Han Seo Hee dimulai, dia mengaku bahwa dia dan T.O.P pernah merokok ganja bersama di rumah T.O.P lebih dari satu kali.

T.O.P awalnya membantah tuduhan itu, tetapi kemudian mengaku. Pada saat insiden itu terjadi, T.O.P mengaku tengah stress dan mengalami kelelahan mental. Dia bertemu dengan Han So Hee dalam keadaan mabuk dan spontan memutuskan merokok ganja bersamanya.

Menurut pengacara T.O.P, anggota BIGBANG tersebut sangat menyesali perbuatannya. Dia memang banyak menenggak minuman keras dan menerima saran Han Seo Hee (untuk merokok), tetapi dia mengakhiri hubungannya dengan Han Seo Hee dan berhenti merokok ganja.

Akibatnya, T.O.P dijatuhi hukuman dua tahun masa percobaan dan harus menghabiskan 10 bulan penjara jika dia melanggar masa percobaannya.

T.O.P BIGBANG meminta maaf atas perbuatannya setelah terlibat dengan kasus merokok ganja bersama Han So Hee

Sedangkan Han Seo Hee dijatuhi hukuman empat tahun masa percobaan dan 120 jam sesi perawatan narkoba karena menyelundupkan dan membeli ganja dan LSD (Lysergic Acid Diethylamide merupakan narkotika sintetis yang dibuat dari sari jamur kering yang tumbuh di rumput gandum dan biji-bijian).

Han So Hee dikawal polisi setelah penangkapannya

Beberapa saat setelah hukumannya selesai, Han Seo Hee mengejutkan netizen ketika mengumumkan bahwa dia akan memulai debutnya di grup Kpop dengan empat anggota pada Januari 2018. Selama pengumuman yang dibuat di siaran langsung, dia berbagi bahwa dia adalah yang tertua dari empat anggota lainnya, menjadikan dirinya sebagai pemimpin grup.


Dalam siaran langsung yang sama, dia mengaku menikmati perhatian yang diterimanya, meski tidak positif.

Terlibat Perdebatan Dengan Yoo Ah In

Sebulan setelahnya, dia pun kembali melakukan siaran langsung dan mengakui dia mencari perhatian dari orang lain. Han Seo Hee menyatakan dia adalah seorang feminis dan mengatakan dia membuat pernyataan kontroversial karena ingin menyebarkan kesadaran tentang feminisme di Korea.

Terlepas dari pernyataannya bahwa dia adalah seorang feminis, Han So hee menerima reaksi keras ketika dia membuat pernyataan yang menolak untuk mengakui wanita transgender sebagai perempuan.

Pada bulan November 2017, Han Seo Hee terlibat dalam perdebatan panas masalah feminisme secara online dengan aktor Hallyu ternama Yoo Ah In, setelah sahabat aktris Song Hye Kyo tersebut berkomentar kepada seorang penggemar yang oleh netizen dianggap sebagai kekerasan dan misoginis.

yoo ah in
Yoo Ah In (kiri), yang merupakan sahabat karib aktris ternama Song Hye Kyo (kanan), pernah berdebat secara online dengan Han So hee

Hal itu membuat Kang Hyuk Min, seorang ulzzang (istilah di Korea yang diberikan sebagai julukan bagi seseorang yang memiliki wajah sangat rupawan), berkomentar di Instagram-nya bahwa Han Seo Hee adalah “seseorang dengan rasa sakit di hatinya.” Setelah melihat ini, Han Seo Hee memposting tentang Kang Hyuk Min di Instagram-nya, mengklaim bahwa dia adalah “calon pemerkosa.”

Sebagai tanggapan, lebih dari 10.000 netizen menyerang Kang Hyuk Min atas klaim palsu, yang secara resmi dibantah oleh polisi. Pada Januari 2018, Kang Hyuk Min menggugat Han Seo Hee atas serangan terhadap karakternya.

Kang Min Hyuk berkata, “Saya tidak menuntutnya karena dia perempuan. Saya menuntut dia untuk memisahkan dirinya dari masyarakat biasa, mengisolasi mereka yang tidak mengerti bahwa penghinaan terhadap orang lain secara online memiliki konsekuensi.”

Tak lama setelah Kang Hyuk Min mengajukan gugatannya, Han Seo Hee mengungkapkan bahwa dia telah pergi ke rumah sakit dan didiagnosis dengan gangguan panik dan depresi. Netizen mempertanyakan waktu pengumumannya dengan berita tentang gugatannya yang tertunda. Dugaan rencana debut Han Seo Hee pun tidak pernah terjadi.

Menjadi Biang Kerok Keluarnya B.I Dari iKON

Pada tahun 2019, Han Seo Hee kembali menjadi pusat kontroversi karena pengakuan yang sebelumnya tidak diungkapkan dari penangkapannya pada tahun 2016 terungkap. Dispatch merilis laporan eksklusif yang mengungkapkan bahwa mantan anggota iKON B.I diduga menggunakan narkoba.

Sebagai bukti, mereka merilis tangkapan layar pesan KakaoTalk antara B.I dan Han Seo Hee, yang disebut sebagai “Si A.” Dalam percakapan tersebut, B.I membahas rencana membeli LSD dari Han Seo Hee secara panjang lebar.

Media secara luas melaporkan bahwa “Si A” (Han Seo Hee) adalah seorang trainee YG Entertainment, tetapi perusahaan telah membantah klaim tersebut.

KBS kemudian merilis laporan yang mencurigai Yang Hyun Suk, pendiri dan mantan CEO YG Entertainment, memaksa Han Seo Hee untuk menarik kembali pengakuannya pada tahun 2016 karena menjual obat-obatan ke B.I.

Menanggapi laporan tersebut, B.I meminta maaf atas tindakannya yang salah dan mengundurkan diri dari iKON.

B.I alias Kim Hanbin harus mundur dari iKON dan keluar dari YG Entertainment, kini sang rapper bersolo karier / Kredit: Instagram @shxxbi131

Han Seo Hee melakukan wawancara dengan MBC Newsdesk di mana dia tampaknya mengonfirmasi identitasnya sebagai “Si A”, dan bahwa dia dipaksa untuk mengubah pernyataan aslinya tentang B.I pada tahun 2016 oleh Yang Hyun Suk.

Dalam laporan Dispatch, mereka mengungkapkan bahwa Yang Hyun Suk bertemu dengan Han Seo Hee sehari setelah penangkapannya. Selama pertemuan, Yang Hyun Suk menyita ponselnya dan mendesaknya untuk mengubah pernyataannya tentang B.I, hingga menyediakan pengacara untuknya.

Akibatnya, Han Seo Hee kembali ke polisi seminggu kemudian dan mengubah pernyataannya. Salah satu petugas investigasi ingat bahwa Han Seo Hee dan pengacaranya menunjukkan perilaku aneh.

Menyusul tuduhan terhadap Yang Hyun Suk, dia membuat pernyataan klarifikasi, membenarkan bahwa dia mengambil ponsel Han Seo Hee dan mengingatkannya tentang beratnya klaimnya terhadap B.I., mengancam akan menuntutnya jika dia membuat klaim palsu terhadap sang idola.

Akibat skandal tersebut, Yang Hyun Suk mengundurkan diri dari posisinya sebagai CEO YG Entertainment pada 14 Juni 2019.

Terlibat Hubungan Cinta Sesama Jenis

Menyusul skandal itu, Han Seo Hee lagi-lagi menjadi berita utama pada 5 Oktober 2019, tetapi untuk alasan yang berbeda. Mantan trainee kontroversial itu sekarang terjebak dalam rumor kencan sesama jenis dengan mantan bintang TV, Jung Da Eun. Keduanya terlihat berlibur bersama, yang mengarah ke laporan bahwa mereka berpacaran.

Han So Hee erlibat cinta sesama jenis dengan Jung Da Eun (kiri) / Kredit: Instagram @hxxsxxhee

Han Seo Hee membantah rumor itu keesokan harinya dan menyatakan dia punya pacar laki-laki. Akan tetapi, hal yang yang membingungkan kembali meruak ketika dalam siaran langsung pada 7 Oktober, Han Seo Hee kembali pada pernyataan sebelumnya dan mengonfirmasi bahwa dia berpacaran dengan Jung Da Eun.

Keduanya kemudian bersama-sama melakukan acara siaran langsung, di mana mereka meninggalkan pesan yang beragam tentang status hubungan mereka, tampak menikmati kebersamaan saat mereka menjelajahi apa yang mereka maksudkan satu sama lain.

Menyeret Nama Anggota MONSTA X Ke Jurang Kehancuran

Kemudian pada bulan Oktober, Jung Da Eun dan Han Seo Hee berakhir di tengah skandal lain ketika Jung Da Eun meluncurkan beberapa tuduhan terhadap mantan anggota MONSTA X, Wonho. Jung Da Eun mengklaim Wonho memiliki riwayat pencurian dan penggunaan narkoba yang parah, dan bahwa sang idola berutang uang kepada Jung Da Eun.

Saat Jung Dae Eun terus membuat tuduhan, Han Seo Hee menunjukkan dukungan dengan mengatakan, “Kamu tahu mereka mengatakan orang yang sedang jatuh cinta mulai bertindak sama. Selamat datang di kehidupanmu yang “tidak bisa berbalik”, Da Eun.”

Wonho menceritakan bahwa dia dan Jang Da Eun pernah bertemu saat remaja ketika mereka berdua menjadi model. Wonho dibebaskan dari semua tuduhan narkoba, tetapi dia mengakui dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Dispatch bahwa dia telah menjalani masa percobaan di masa lalu untuk masalah yang tidak terkait dengan narkoba.

Nama Won Ho menjadi target skandal pasangan lesbian Han So Hee hingga akhirnya mengundurkan diri dari MONSTA X/ Kredit: Instagram @iwonhoyou

Menyusul kontroversi tersebut, Wonho mengundurkan diri dari MONSTA X agar tidak menggangu perhatian dari pencapaian grup dan sesama anggota grup idola Kpop itu.

Sekitar waktu yang sama, Han Seo Hee juga memposting DM yang diterima Jang Da Eun, menuduh Shownu MONSTA X mengejar seorang wanita yang sudah menikah. Starship Entertainment merilis pernyataan resmi yang mengklarifikasi klaim tersebut.

Dalam pernyataan itu disebutkan Shownu memang pernah terlibat dengan seorang perempuan sebelum dia menikah, namun dia sama sekali tidak mengetahui bahwa perempuan tersebut pada akhirnya telah menikah karena tidak pernah diberitahu perihal pernikahannya.

Shownu tidak menghubungi wanita itu setelah terlambat mengetahui bahwa dia sudah menikah. Dia mengetahuinya setelah suaminya menghubungi dan datang berkunjung, dan menjelaskan keseluruhan cerita, yaitu ketika dia mengetahui tentang pernikahannya. Shownu mengatakan dia tidak akan terlibat dengan seseorang yang telah terikat pernikahan secara legal, dan penasihat hukum agensinya mengirim pesan teks untuk mengonfirmasi posisi ini.

Pada bulan Desember 2019, Han Seo Hee menerbitkan dan dengan cepat menghapus sebuah postingan di Instagram yang mengungkapkan pesan teks yang dia kirimkan kepada seorang teman, mengklaim bahwa Jung Da Eun telah berusaha untuk membunuhnya. Dia kemudian merilis foto-foto mengganggu yang menunjukkan luka di lengan dan tangannya.

Pada Juli 2020, Han Seo Hee dinyatakan positif menggunakan narkoba dalam tes urin acak. Dia masih dalam masa percobaan dari skandal narkoba sebelumnya pada saat itu. Akibatnya, penyelidikan dibuka kembali terhadapnya.

Setelah beberapa tahun yang penuh gejolak, Han Seo Hee membuka akun YouTube pada tahun 2021, di mana dia dengan jujur ​​​​berbicara tentang reputasinya yang ternoda. Dia mengakui bahwa dia saat ini menganggur dan telah kehilangan harapan untuk menjadi idola Kpop.


Dia mengungkapkan bahwa dia juga telah menghapus Instagram-nya atas saran pamannya, setuju bahwa tidak sehat baginya untuk terus aktif di media sosial. Han Seo Hee sejak itu menghapus akun YouTube-nya.

Kembali Terseret Kasus Narkoba

Mantan trainee itu kembali ke pengadilan pada November 2021 setelah gagal dalam tes narkoba. Dia mempertahankan ketidakbersalahannya, mengklaim sampel urinnya terkontaminasi ketika dia secara tidak sengaja menjatuhkan cangkir sampel di toilet.

Han So Hee saat mendatangi pengadilan

Pengadilan menilai Han Seo Hee beresiko kabur meninggalkan negaranya dan menjatuhkan hukuman satu tahun enam bulan penjara.

Sebagai hasil dari hukuman tersebut, Han Seo Hee disaksikan melemparkan sumpah serapah kepada hakim, yang mempertahankan ketenangannya dan menyarankan agar dia mengajukan banding atas hukuman itu jika dia tidak senang dengan keputusan tersebut.

Pada 8 April 2022, dia mengeluarkan permintaan maaf publik atas ledakan kemarahannya di ruang sidang dalam sebuah pernyataan yang dibuat melalui pengacaranya.

Pada tanggal 29 April, Han Seo Hee mengajukan banding atas vonisnya, namun pengadilan menolak bandingnya.

Memiliki Hubungan Dengan Mantan CEO YG Entertainment Yang Hyun Suk

Mantan CEO YG Entertainment Yang Hyun Suk

Skandal terbarunya dikelilingi laporan mengejutkan dari 30 Mei 2022, yang mengungkapkan Han Seo Hee telah bertemu Yang Hyun Suk di rumah bordil kelas atas lebih dari sepuluh kali. Laporan tersebut muncul setelah serangkaian pertanyaan dari hari ke-5 persidangan Yang Hyun Suk mengenai tuduhan dia mengancam Han Seo Hee. Pengacara Yang Hyun Suk menyatakan bahwa Han Seo Hee sebelumnya bekerja di rumah bordil kelas atas, yang tidak disangkal oleh Han Seo Hee.

Pesan teks antara Yang Hyun Suk dan Han Seo Hee mengungkapkan bahwa mereka memiliki hubungan yang lebih dekat daripada sekadar kenalan dan bahwa dia pernah langsung mengirimkan tiket untuk sang mantan trainee ke konser artis YG Entertainment.

Saat Han Seo Hee diperiksa, kemarahannya kembali meledak dan mengklaim Yang Hyun Suk tidak membuatnya takut. Hakim mengingatkan Han Seo Hee bahwa perilaku seperti itu merusak integritas kasusnya.

Han Seo Hee saat ini masih terus menjalani hukuman penjaranya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here