3 Aktor Korea Ini Mainkan Peran Autistik Selain Park Eun Bin di Extraordinary Attorney Woo, Mengharukan!

0
park eun bin
Park Eun Bin berperan sebagai Woo Young Woo, pengacara dengan spektrum autisme dalam drama Extraordinary Attorney Woo / Kredit: Netflix

Drama Korea Extraordinary Attorney Woo, yang saat ini tengah ditayangkan, menjadi viral berkat akting luar biasa Park Eun Bin sebagai pengacara dengan spektrum autisme.

Serial pertama dari stasiun TV baru ENA dan ditayangkan di Netflix ini menceritakan kisah mengharukan seorang pengacara fiktif autis pertama di Korea bernama Woo Young Woo, yang menghasilkan gelombang sensasi hangat dan jenaka yang berbeda dari drama Korea berlatar hukum lainnya.  

Mungkin peran yang paling menantang bagi seorang aktor untuk dimainkan adalah karakter dengan disabilitas mental. Ketika peran lain membutuhkan kekuatan fisik, karakter yang memiliki gangguan mental membutuhkan waktu ekstra, kesabaran, dan kekuatan emosional untuk menjalankan pekerjaannya. Sebuah kesalahan sederhana dapat menyebabkan kesalahpahaman yang dapat menyebabkan kegemparan, bahkan lebih jauh dapat menimbulkan diskriminasi terhadap penyandang disabilitas.

Karena itu, berikut adalah beberapa aktor yang memainkan karakter autis dan sukses menjalankan peran mereka dengan sempurna hingga menyentuh hati pemirsa.

Joo Won

Aktor tampan dengan talenta luar biasa Joo Won membuktikan kemampuan aktingnya saat tampil dalam drama Korea medis “Good Doctor”.

Serial yang tayang di stasiun TV KBS ini mengisahkan tentang Park Si On (Joo Won), seorang anak dengan spektrum autisme yang dikirim ke pusat perawatan khusus. Kemudian diketahui bahwa Park Si On memiliki memori tingkat jenius dan keterampilan spasial yang tajam.

Dia akhirnya memutuskan bekerja di bidang medis dengan mengambil bidang bedah anak sebagai dokter residen, di mana dia diberikan waktu enam bulan untuk membuktikan kemampuan dirinya. Namun, karena kondisi mental dan emosionalnya yang tidak biasa, Park Si On menghadapi konflik dari rekan-rekan dan pasiennya, yang menganggapnya seperti anak kecil dan tidak dapat diandalkan.

Drama ini sukses luar biasa dengan memenangkan penghargaan drama terbaik di Baeksang Awards 2014. Sementara Jo Woon sendiri mendapatkan pengakuan atas aktingnya dengan mendapatkan penghargaan dari KBS Drama Awards dan Korea Producer & Directors (PD) Awards.

Selain itu, “Good Doctor” juga mendapatkan remake versi Amerika Serikat dengan judul yang sama, yang ditayangkan di stasiun TV ABC pada tahun 2017 dan masih tayang hingga saat ini selama lima musim.

Oh Jung Se

Aktor lain yang sukses memerankan karakter autis adalah Oh Jung Se dalam drama Netflix yang mendapat nominasi Emmy “It’s Okay to Not Be Okay.”

Dalam drama tersebut, dia memainkan peran seorang pria paruh baya dengan autisme yang menderita pengalaman traumatis setelah kejadian tak terduga yang mengubah jalan hidupnya.

Nama sang aktor memang telah eksis di industri hiburan Hallyu, namun Oh Jung Se membuktikan bahwa dia layak mendapatkan ketenaran melalui tayangan drama Korea dan mendapat pengakuan lewat kemenangannya sebagai Aktor Pendukung Terbaik di kategori drama dalam Baeksang Arts Awards ke-57.

Tang Jun Sang

Terlepas dari alur cerita yang menarik dari serial Netflix “Move to Heaven,” penampilan bintang utama Tang Jun Sang sebagai remaja yang didiagnosis dengan gangguan spektrum autisme sangat fenomenal.

Meskipun mengalami gangguan mental, karakter Tang Jun Sang membantu banyak orang untuk move on dengan mengajari mereka cara mengucapkan selamat tinggal kepada orang yang mereka cintai yang telah meninggal.

Dalam drama, Han Geu Roo (Tang Jun Sang) dan pamannya (Lee Je Hoon) bekerja sebagai trauma cleaner, di mana mereka mengumpulkan barang-barang orang yang sudah meninggal dan membersihkan lokasi serta merapikan barang-barangnya setelah kematian yang mengenaskan.

Meskipun berkebutuhan khusus, Han Geu Roo menginspirasi orang lain untuk bergerak maju. Dengan kemampuan aktingnya, Tang Jun Sang mendapatkan penghargaan sebagai Aktor Pendatang Baru Terbaik dalam ajang Asia Contents Award ke-3.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here