Icip-icip Kopi Lokal Yang Hits dan Murmer!

0

Minuman kopi adalah yang paling banyak digandrungi masyarakat saat ini dan melihat trendnya masih akan bertahan. Kopi bak sahabat bagi semua orang baik para pekerja, pelajar sampai ibu rumah tangga. Kebiasaan minum kopi telah menjadi layaknya rutinitas setiap bangun pagi buat semua orang, ladies juga kan? Terbukti dari makin menjamurnya kedai-kedai kopi mulai dari franchise Internasional sampai UKM asli Indonesia. Rasa kopi lokal sendiri gak kalah saing karena punya cita rasa khas yang berbeda-beda dan harganya pun lebih murah.  Coba dulu yuk beberapa minuman dari kedai kopi lokal Indonesia ini! Kopi lokal favorit kamu yang mana nih?

  1. Kopi Lain Hati : Kopi yang satu ini tergabung dalam bisnis retail yang dimiliki Nikmat Group. Awalnya di launching pada bulan Maret 2018 dan populerkan oleh Ririn Ekawati, public figure yang sudah membintangi banyak sinetron dan film di Indonesia. Sampai Oktober 2020, Kopi Lain Hati sudah memiliki lebih dari 500 waralaba yang tersebar di 95 kota di Indonesia. Menu andalannya adalah Kopi Main Hati seharga 18 ribuan, yaitu kopi susu gula aren. Dalam varian ini campuran espresso, susu, dan gula aren, rasa kopinya terasa ringan, cenderung manis, menggunakan gula aren. Cocok banget buat kamu yang baru mulai ngopi

2. Kopi Foresthree : Salah satu artis yang juga ikut bergelut di bisnis kopi di Tanah Air ialah Deva Mahenra. Aktor, model, sekaligus presenter itu membuka gerai buat penikmat kopi yang mencintai kopi lokal asal Indonesia. Dari 12 menu varian kopi yang ditawarkan, terdapat menu favorit masyarakat yakni es kopi susu. Menu tersebut harganya Rp 18 ribu dan terdiri dari campuran fresh milk, espresso dan palm sugar. Kopi ini memiliki rasa yang tidak terlalu pahit dan yang pasti ramah di kantong. Udah coba belum ladies?

3. Kopi Janji Jiwa : CEO Billy Kurniawan mendirikan Kopi Janji Jiwa untuk pertama kalinya di ITC Kuningan. Kini, franchise kopi janji jiwa yang berdiri dari tahun 2018 tersebut sudah memiliki lebih dari 800 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Menggunakan kopi Sumatera baik Arabica maupun Robusta, Menu ‘temansejiwa’ adalah kopi es yang bahan utama espresso, susu, dan gula aren dengan harga 18 ribu saja. Tidak hanya sampai situ Jiwa Group juga berekspansi menghadirkan Jiwa Toast dengan andalan menunya aneka roti bakar dengan isian gurih seperti egg & cheese, beef truffle mayo, crispy chicken mentai sampai kolaborasi terbaru yaitu chitatoast truffle chicken & beef bulgogi. Langsung cuss cobain deh!

4. Kopi Tuku : Sejak dikunjungi oleh Presiden Jokowi, toko kopi yang berlokasi di daerah Cipete, Jakarta Selatan ini semakin dipenuhi para pembeli, terutama driver Gojek yang menjadi perantara pembelian. Bahkan, satu orang driver Gojek dibatasi sebanyak 12 cup untuk setiap pembelian. Berkat kegigihan foundernya, Andanu Prasetyo Kopi Tuku sudah punyai 11 gerai yang tersebar di seluruh Jabodetabek. Dengan konsep toko kecil, Kopi Tuku umumnya melayani pemesanan dari ojek online dan take away. Minuman andalannya adalah Es Kopi Susu Tetangga, dengan harga 20 ribu saja kamu udah bisa icip dengan perpaduan kopi, susu, dan gula aren yang syegarrr.

5. Kopi Kenangan : Dipelopori Edward Tirtanata dan James Pranoto, siapa sih yang gak kenal merk kopi yang satu ini! Sampai tahun 2020, ada 324 outlet yang sudah tersebar diseluruh Indonesia gak hanya mall tapi juga ruko. Kopi Kenangan menggunakan campuran kopi pilihan Indonesia yang berasal dari empat daerah berbeda : kopi giling basah Aceh Takengon, double soaked coffee dari Sidikalang Sumatra Utara, Flores coffee with hint of sweet cinnamon and cedar woody, dan Java West Indes Briesling (WIB). Menu yang paling laku tentunya Kopi Kenangan Mantan yang diharga 18 ribu rupiah. Pada akhir tahun 2019, beberapa public figure international tercatat menjadi investor baru di Kopi Kenangan, diantaranya rapper Jay-Z, petenis AS Serena Williams dan pemain basket NBA Caris Levert.

6. Kopi Fore : Nama Fore diambil dari singkatan kata Bahasa Inggris, Forest, yang juga menjadi dasar dari konsep bisnis minuman kopi satu ini. Produk yang digunakan Fore Coffee bersifat ramah lingkungan dengan misi berusaha untuk turut serta melestarikan kondisi bumi yang asri dan hijau. Fore Coffee juga mengusung konsep tambahan dengan nama ForenvironmentForecosystem, dan juga Forearth. Kalau kamu pernah singgah ke salah satu kedainya pasti akan langsung bisa terasa misi kedai ini yang ditonjolkan pada desainnya. Jangan lupa juga buat icip menu topnya, Pandan Latte yang menggunakan ekstrak daun pandan hanya dengan 29 ribu rupiah. Nikmat!

7. Kopi Soe : Cerita sukses gerai yang satu ini adalah berkat kerja keras dan kekompakan pasutri Ferrianto Surya dan Sylvia. Kopi Soe saat ini sudah tersedia di 83 kota, 24 provinsi, dan lebih dari 200 outlet di seluruh Indonesia, keren kan! Kopi yang dipakai seluruhnya adalah produk dalam negeri seperti Mandailing dan Toraja dengan bijinya campuran arabika dan robusta. Kopi Soe membawa tagline Satoe Noesa Satoe Rasa. Sejak bulan Desember 2020, Kopi Soe menghadirkan Tjemilan oleh Kopi Soe. Croissant Waffle (croffle) menjadi menu pertama dari Tjemilan oleh Kopi Soe. Menu ini menjadi teman serasi saat kamu menikmati kopi andalannya yaitu Kopi Soe Goela Merah denga harga 18 ribu saja.

8. Kopi Anomali : Didirikan tahun 2007 sebagai specialty coffee micro roaster dengan kopi asli dari Indonesia. Bisa dibilang Irvan Helmi dan Muhammad Abgari adalah salah satu pencetus atau pemicu kopi Indonesia. Anomali saat ini memiliki 9 Q Grader, terbanyak dalam suatu perusahaan di Indonesia. Q Grader adalah sertifikasi yang dikeluarkan oleh Coffee Quality Institute (CQI), sebuah lembaga independen asal California kepada orang yang mampu menguji kualitas dan cita rasa kopi. Di gerainya kamu juga bisa membeli biji kopi single origin dengan karakteristik dan varian yang berbeda dari berbagai daerah di Indonesia. Kamu juga bisa langsung menikmati Es Kopsus Aren dengan harga 22 ribu saja. (Sofi)

(berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here