Gazebo: Elemen Penghias Halaman Pemersatu Keluarga

0

Masih di sekitaran masa perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) nih. Semua orang mencari kesibukan untuk melepaskan pikiran dari beban hidup yang semakin berat di masa pandemi ini. Saat sedang duduk santai di teras rumah, mata ini tiba – tiba menangkap ruang santai terbuka milik tetangga depan rumah yang terhampar dengan indahnya. Tempat apakah itu? Ternyata, tempat yang biasa digunakan tetangga dan keluarganya untuk berkumpul bersama keluarga bernama Gazebo. Dia bilang sih, berkat gazebo ini keluarganya tetap erat bersatu, layaknya Bhinneka Tunggal Ika walaupun punya kepribadian yang berbeda – beda tetapi tetap satu jua.

Jadi penasaran, apa sih sebenarnya gazebo itu? Menurut berbagai sumber, gazebo adalah salah satu fasilitas dengan ruang-ruang terbuka. Sering dipakai sebagai alternatif tempat berkumpul. Atau bisa juga digunakan untuk melakukan kegiatan santai bersama anggota keluarga lainnya. Banyak juga yang menyebut gazebo dengan istilah saung alias tempat santai. Karena bersinggungan dengan kata santai, pikiran terus melayang ke suasana alam yang alami, indah, nyaman, dan akrab.

Ladies, apakah kalian tertarik untuk memperindah rumah saat PPKM ini? Kita cari tau lebih jauh yuk mengenai gazebo. Ada beberapa jenis gazebo. Antara lain gazebo yang terbuat dari kayu. Gazebo kayu ini bisa kelihatan sederhana tapi indah. Apalagi kalau ditambah tanaman hias dan rerumputan di sekitarnya. Berikutnya, gazebo yang terbuat dari bahan material logam. Material logam ini bisa terbuat dari baja, besi atau pun aluminium. Gazebo jenis ini mudah perawatannya dan yang pasti nyaman. Apalagi kalau ada bebatuan dan rumput – rumput tebal di sekelilingnya.

Nah, gimana dengan rumah yang minimalis? Apa bisa dipasang gazebo? Tentu saja buat kamu yang memiliki rumah dengan ukuran dan desain minimalis tetap bisa dipasang gazebo, yang pembuatannya disesuaikan dengan kondisi rumah kamu.

Contoh gazebo untuk rumah minimalis

Biasanya gazebo didesain untuk taman belakang rumah. Walaupun dipasang di belakang rumah, ukuran gazebo ini harus tetap memadukan keindahan dan rasa nyaman. Kamu juga perlu cek dan ricek pertimbangan biaya yang harus dikeluarkan.

Terus tanaman apa yang cocok untuk memperindah gazebo? Salah satu pilihan yang banyak diminati adalah tanaman rambat. Apa sih tanaman rambat itu? Tanaman merambat adalah salah satu habitus tumbuhan. Sesuai dengan namanya, tanaman ini memerlukan tanaman lain untuk mendapatkan cahaya matahari terbaiknya.

Contoh gazebo dengan tanaman rambat

Nah, merawat tanaman di gazebo juga berkaitan dengan cahaya matahari. Kalian bisa lakukan perawatan tanaman di pagi hari. Sambil merawat tanaman maka tubuh kalian pun bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari pagi. Waktu satu jam pasti tidak akan terasa oleh kalian kalau sudah bersibuk ria dengan gazebo ini.  Capek setelah berpanas-panas? Tentunya kalian bisa leyeh-leyeh deh di gazebo sambil menikmati alunan suara dari Gazebo. Tunggu – tunggu, jadi gazebo bisa bernyanyi? Ternyata selain menjadi elemen penghias halaman, Gazebo juga merupakan nama seorang penyanyi, penulis lagu, musisi, dan produser rekaman yang berasal dari Italia. Gazebo memperoleh ketenaran di seluruh dunia dengan gaya musik disko Itali selama tahun 1980-an. Lagunya “I Like Chopin” mencapai ketenaran nomor 1 di lebih dari 15 negara. Referensi musik baru lagi nih, ladies!

Tidak hanya di halaman belakang rumah atau di halaman depan rumah, gazebo juga bisa diletakkan di bagian paling atas rumah kita. Seperti yang dilakukan oleh salah satu komedian terkenal, Kang Sule. Ia memiliki gazebo di bagian rooftop rumahnya dan mendesainnya dengan sangat cantik. Rooftop ini juga bisa dikatakan sebagai gazebo. Rizky Febian, penyanyi sekaligus putra Kang Sule menunjukkan detail roof top atau bagian paling atas rumah sang ayah yang juga menjadi tempat tinggalnya dimana terlihat dilapisi rumput sintetis, yang memberikan kesan alami. Ada juga tanaman hias yang ditaruh di beberapa sudut roof top-nya agar terlihat lebih asri. Pelantun Kesempurnaan Cinta ini menjelaskan di bagian paling atas terdapat ruangan kosong, yang akan digunakan sebagai studio. Sedangkan disisi lainnya, terdapat gazebo yang biasa digunakan untuk nongkrong. “Ini ada gazebo atau saung. Ayah saya biasanya nongkrong disini,” tutur sang penyanyi melalui kanal Youtube miliknya.

Penampakan gazebo di rumah milik komedian Sule

Gimana ladies, tertarik menata ulang desain rumah kamu? Siapa tau kamu juga ingin merasakan leyeh-leyeh di gazebo sambal melepaskan ketegangan yang melanda pikiran kamu. Boleh dicoba mendesain gazebo sebagai sarana menuangkan kreativitas kamu. Tetap semangat ladies! (faNdra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here