Drakor Terburuk di 2021 Sesuai Pilihan Pelaku Industri Hiburan Hallyu, Siapa Sangka Penthouse Masuk!

Tahun 2021 segera berakhir, tiba saatnya untuk memberikan penilaian atas kemunculan berbagai pilihan drakor di sepanjang tahun ini.  Tentu saja akibat pandemi Covid-19, banyak pembuatan drakor yang terpengaruh dan menghadapi berbagai keterbatasan.

Untuk itu, outlet media Korea Joy News 24 melakukan survei dari tanggal 12 hingga 19 Oktober untuk menandai hari jadinya yang ke-17. Salah satunya adalah memilih drakor mana yang terburuk di tahun 2021. Harap menjadi perhatian bahwa suara yang masuk tidak berdasarkan rating pemirsa, melainkan mempertimbangkan banyak faktor seperti akting, sinematografi, plot dan penulisan, serta banyak lainnya.

Responden dalam survei tersebut adalah 200 orang pelaku industri hiburan termasuk karyawan perusahaan hiburan dan penyiaran, produser konten film dan siaran, serta jurnalis hiburan.

1. Joseon Exorcist (SBS): 75 suara

Posisi puncak drakor terburuk di 2021 ditempati oleh Joseon Exorcist, yang dibintangi oleh Jang Dong Yoon, Park Sung Hoon dan Kam Woo Sung. Drakor ini bercerita tentang keluarga kerajaan yang melawan roh jahat, tiba-tiba dibatalkan setelah dua episode setelah pemirsa Korea menuduh drama tersebut melakukan distorsi sejarah. Kontroversi dimulai ketika karakter Raja Taejong (Kam Woo Sung) digambarkan sebagai seseorang yang mendirikan Joseon bersama dengan roh-roh jahat dan membantai penduduk desa karena visinya. Sebuah karya fiksi tetapi pemirsa mengatakan narasinya mendistorsi sejarah Korea.

Komisi Standar Komunikasi Korea menerima lebih dari 5 ribu pengaduan tentang Joseon Exorcist sementara penandatangan petisi yang diajukan ke situs Kantor Kepresidenan Korea Selatan mencapai lebih dari 210 ribu.

Pada tanggal 26 Maret lalu, saluran televisi SBS mengumumkan bahwa “sebagai pengakuan atas keseriusan situasi, kami memutuskan untuk mengakhiri kontrak untuk membeli hak siar Joseon Exorcist dan membatalkan penayangannya.” SBS juga menghapus halaman dan konten yang terkait dengan Joseon Exorcist.

Sekitar 20 perusahaan menarik iklan mereka dalam drama termasuk Samsung dan LG Household and Health Care karena kontroversi tersebut.

Jang Dong-yoon, Park Sung-hoon dan Kam Woo-sung, sutradara, produser dan penulis naskah semuanya meminta maaf atas kontroversi tersebut.

2. The Penthouse: War in Life (SBS): 43 suara

Drama SBS lain yang ditayangkan sebanyak 3 musim dari tahun lalu hingga berakhir tahun ini, The Penthouse: War in Life, menjadi drakor terburuk kedua tahun ini. Musim pertama dan keduanya berhasil mendapatkan rating pemirsa yang tinggi, namun musim ketiganya yang berakhir pada tanggal 10 September lalu dinilai memiliki plot cerita yang semakin absurd karena banyaknya karakter yang meninggal dan dihidupkan lagi hanya untuk berakhir kembali dengan kematian di episode finalnya.

3. Lost (JTBC): 17 suara

Drama yang dibintangi oleh aktris veteran Jon Do Yeon dan bintang Reply 1988 Ryu Jun Yeol ini pada awalnya mendapatkan ekspetasi yang sangat tinggi dari pemirsa. Sayangnya drakor ini dikritik karena ceritanya yang terlalu gelap dan dalam serta memiliki akhir yang datar hingga membuat pemirsa merasa seolah-olah mereka menonton kisah yang tidak memiliki kemajuan. Keterpurukan Lost diperparah dengan rating mereka yang jatuh hingga ke dasar dan berakhir dengan angka 2,435% untuk episode finalnya. Akibatnya Lost menjadi drama ke-3 terburuk yang menjadi pilihan para pelaku industri hiburan Hallyu.

4. Love (ft. Marriage and Divorce) (TV Chosun): 10 suara

Drakor ini bercerita tentang kehidupan 3 pasangan saat mereka mencoba mengatasi permasalahan pernikahan. Cukup mengejutkan Love (ft. Marriage and Divorce) masuk ke dalam daftar drakor terburuk 2021 mengingat musim keduanya mencapai peringkat nasional 16,582%, menjadikannya drakor dengan peringkat 8 tertinggi dalam sejarah televisi kabel Korea.

Love (ft. Marriage and Divorce) membahas cobaan dan kesengsaraan yang hadir dalam pernikahan, termasuk perselingkuhan dan banyak lagi. Namun, drakor ini menerima kritik karena kuno dalam pengembangan plot dan karakter. Secara khusus, banyak yang mengkritik karena melukis wanita sebagai bagian yang lebih lemah dalam pernikahan. Meskipun demikian, serial yang sudah tayang dua musim ini akan kembali diperbarui untuk musim ketiganya yang akan tayang pada musim panas 2022.

5. Young Lady and Gentlemen (KBS2) dan Sisyphus: The Myth (JTBC): 7 suara

Terdapat 2 drama dari genre yang sangat berbeda yang secara bersama menempati posisi ke-5 dengan perolehan masing – masing 7 suara. Yang pertama adalah Sisyphus: The Myth, menceritakan kisah seorang insinyur jenius, Han Tae Sul, diperankan oleh Cho Seung Woo, yang mencoba menemukan kebenaran di balik kematian kakak laki-lakinya. Seorang wanita penjelajah waktu misterius, Kang Seo Hae, yang diperankan oleh Park Shin Hye, membantunya menyelamatkan dunia. Kerumitan plot, celah, dan penulisan ceritanya menghadapi kritik di Korea Selatan karena banyak yang merasa bahwa naskahnya menjadi semakin tidak dimengerti menjelang episode selanjutnya.

Di sisi lain, Young Lady and Gentlemen lebih merupakan tipe cerita khas drama pagi makjang (penuh lika-liku dan plot twist) dengan kisah bak Cinderella, dimana pemeran utama wanitanya miskin tapi gagah dan menyenangkan yang bertemu dengan seorang pria berumur yang kaya raya. Ji Hyun Woo berperan sebagai duda kaya dengan tiga anak dan  mempekerjakan seorang gadis muda dari keluarga bermasalah, diperankan oleh Lee Se Hee, untuk mengurus anak-anaknya dan secara alami mereka jatuh cinta. Drakor ini sempat menjadi kontroversi pada awal tayang akibat perbedaan usia yang jauh antara karakter utama pria dan wanita dan baru-baru ini dikritik karena akting kaku Ji Hyun Woo serta cerita cinta yang standar antara gadis miskin dan pria kaya.

Banyak pemirsa keberatan dengan kemunculan Joseon Exorcist dalam daftar dan banyak yang bingung mengapa Nevertheless tidak ada dalam daftar 5 besar. Beberapa penonton bahkan bercanda karena drama yang dibintangi Song Kang dan Han So Hee ini sangat gagal sehingga para pelaku industri hiburan melupakannya.

Berikut adalah beberapa komentar netizen setelah perilisan drama terburuk 2021 keluar:

  • Penthouse adalah seri paling tidak logis yang pernah saya lihat.
  • Sejujurnya, musim pertama Penthouse sangat menarik tetapi musim 2 dan 3 merusak semuanya.
  • Nevertheless sangat buruk sehingga tidak ada yang memikirkannya.
  • Lost memiliki tema penyembuhan tetapi setelah menonton 2 episode saya mengalami depresi. Cerita yang dibangun cukup dalam tetapi tidak cukup baik.
  • Saya sangat senang menonton Young Lady And Gentleman. Saya bahkan menantikan setiap episodenya
  • Episode 1 dari Joseon Exorcist sangat menawan. Saya tidak mengerti mengapa drama itu dianggap sebagai yang terburuk tahun ini. Harus menggantinya dengan Nevertheless

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here