CODA: Film AppleTV+ yang Berhasil Mengalahkan Netflix Sebagai Film Terbaik Oscar 2022

Film Terbaik Oscar 2022
Kredit: Apple TV+

Oscar 2022 adalah tonggak sejarah untuk era streaming, tetapi bukan karena alasan yang diharapkan siapa pun.

Setelah The Power of the Dog dari Netflix mendapatkan banyak kesuksesan dalam musim penghargaan dengan status terdepan, anugerah Film Terbaik dalam ajang perfilman paling bergengsi Academy Awards tahun ini jatuh ke tangan CODA, drama keluarga Apple TV+. Hal ini juga menjadi penanda film streaming-eksklusif pertama yang memenangkan penghargaan utama Academy Awards.

Berdasarkan film Prancis tahun 2014 La Famille Bélier, CODA, yang merupakan akronim dari child of deaf adult atau diterjemahkan sebagai anak yang dibesarkan orangtua yang tuli, hanyalah sebuah film kecil yang mendapat sedikit perhatian di Oscar 2022.

Memasangkan pendatang baru, Emilia Jones dengan sejumlah aktor veteran tunarungu, termasuk Troy Kotsur (mendapatkan kehormatan dalam Oscar 2022 dengan kemenangan sebagai Aktor Pendukung Terbaik) dan Marlee Matlin (sebelumnya adalah pemenang Oscar untuk Children of a Lesser God di tahun 1987), film ini gagal membuat percikan dengan kelompok kritikus, tetapi begitu film tersebut tiba di Apple TV+, CODA menemukan jalannya ke radar yang tepat.

Meskipun hanya mencetak beberapa nominasi Oscar (dan bahkan tidak masuk kategori Penyuntingan atau Sutradara Terbaik yang biasanya mendukung pemenang Film Terbaik), film ini mulai membangun momentum setelah kemenangannya di ajang BAFTA, SAG Awards, dan PGA Awards. Walaupun The Power of the Dog dari Netflix digembar-gemborkan akan mendapat penghargaan Film Terbaik, drama yang cukup sulit dicerna itu memberi ruang bagi CODA yang hadir dengan ketulusannya untuk memenangkan perhatian publik.

Beberapa tahun terakhir, Netflix tampaknya telah menghabiskan banyak uang sebagai upaya untuk mendapatkan pengaruh Oscar. Pada taraf tertentu, ini berhasil dimana film yang hadir di layanan streaming sukses dinominasikan untuk Film Terbaik setiap tahun sejak 2019, dan bahkan menang dalam kategori seperti Aktris Pendukung Terbaik, Film Berbahasa Asing Terbaik, Dokumenter Terbaik, dan banyak kategori film pendek. Tapi 2022 sepertinya menjadi tahun untuk perubahan besar, di mana Netflix — yang memproduksi ratusan film setiap tahun untuk daftar yang menyaingi seluruh industri studio Amerika — akhirnya bisa menjadi rumah bagi pemenang Film Terbaik.

Tapi nyatanya itu tidak terjadi. Apple TV+ yang masih berada dalam masa pertumbuhan streaming dibandingkan dengan raksasa Netflix, mulai menunjukkan tajinya dan meluncur ke Sundance Film Festival untuk mengambil alih kemenangan dengan meraih anugerah juri utama, penyutradaraan, penghargaan penonton, dan juri khusus untuk ensemble terbaik di ajang tersebut.

Seperti yang dicatat oleh para peramal Oscar dalam minggu-minggu menjelang upacara Academy Awards, film tersebut meluncur secara strategis dengan memaksimalkan visibilitas. CODA ditayangkan perdana di bioskop pada Agustus 2021, namun kurang terdengar gaungnya. Platform Apple TV+ membawanya kembali ke permainan pada waktu yang tepat, dan sekarang raksasa teknologi ini mampu menorehkan tonggak dalam sejarah Oscar. Apple TV+ adalah layanan streaming pertama yang mendapatkan kemenangan sebagai Film Terbaik — tetapi tentu saja bukan yang terakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here