5 Tips Memiliki Kulit Sehat

0
skin

Siapa sih yang tidak ingin memiliki kulit yang sehat, bersih, dan cerah? Banyak kaum perempuan berupaya melakukan apapun demi memiliki kulit sehat dan cerah yang diinginkan. Salah satunya, rutin suntik vitamin C tanpa memperhatikan bagaimana gaya hidup yang dijalani maupun kondisi kesehatan tubuh.

Padahal gaya hidup seperti makan dan tidur menjadi faktor utama juga yang memengaruhi kesehatan kulit. Kira-kira gaya hidup seperti apa yang dapat menjaga kesehatan kulit kita? Yuk intip 5 tipsnya!

1. Menjaga Pola Tidur yang Teratur

Tidur adalah sebuah kebutuhan bagi tubuh. Tubuh memiliki sistemnya sendiri untuk mengatur kapan ia butuh istirahat dan kapan ia bisa aktif. Usahakan kamu tidur cukup pada malam hari dan beraktivitas di pagi harinya.

Jaga kualitas tidur kamu sekitar 7-8 jam per hari. Jika kamu kurang tidur, itu akan menimbulkan stres dan dapat memperburuk masalah kulit.

2. Menjaga Pola Makan yang Sehat

Selanjutnya tidak kalah penting, kamu harus menjaga pola makan kamu setiap harinya. Kamu boleh makan yang manis-manis, gorengan, dan yang mengandung susu. Namun yang perlu diingat adalah kamu harus membatasi makanan tersebut.

Makanan yang memiliki kandungan gula tinggi, berminyak lebih, dan juga produk susu yang berlebihan dapat membuat inflamasi pada kulit. Perbanyaklah makan sayuran yang kaya serat dan ber-indeks gilkemik rendah, kaya antioksidan dan zinc, dan jangan lupa menambahkan omega-3 yang kaya akan protein.

3.  Menjaga Kebersihan Sekitar 

Menjaga kebersihan sekitar? Iya, sekitar kamu! Apalagi barang-barang yang sering kamu gunakan, seperti alat make up, sprei tempat tidur, dan sponge mandi. 3 benda itu hanyalah sebagian kecil yang wajib kita jaga kebersihannya.

Alat make up yang kerap digunakan, sprei yang jarang diganti, dan sponge mandi yang lembab merupakan tempat berkembangnya bakteri dan dapat menimbulkan masalah pada kulit.

4. Hindari Stres dan Perbanyak Olahraga

Dilansir dari halodoc, saat stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang lebih banyak. Kondisi ini dapat memengaruhi produksi minyak pada kulit. Tentunya, kulit yang berminyak akan lebih berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan pada kulit, seperti jerawat.

Tak hanya itu, stres juga mempengaruhi imun seseorang. Maka dari itu, jangan malas berolahraga, karena olahraga berdampak baik bagi tubuh, baik dari luar maupun dalam.

5. Hindari Kebiasaan Memegang Wajah

Nah, kebiasaan ini jarang diperhatikan banyak orang. Padahal keseringan memegang wajah dapat membawa kotoran pada kulit wajah. Mengapa? Tangan kita kerap menyentuh segala sesuatu yang tentunya terdapat kotoran yang tidak terlihat. Ditambah lagi bagi kamu yang jarang menggunakan hand sanitizer, jangan terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan kotor ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here