5 Menu Sahur yang Memberimu Kekuatan Puasa Sepanjang Hari

0

Rasa lemas karena  menahan  lapar dan dahaga kerao kali dirasa kita saat berpuasa. Tapi, benarkah itu semata karena kita sama sekali tak makan dan minum? Kadang, rasa lemas, juga dipengaruhi oleh jenis makanan yang konsumsi, lho Untuk itu, pilih makanan yang tepat saat sahur. Makanan apa saja rupanya, yang mampu memberimu kekuatan sepanjang hari, saat menjalankan puasa? Ini dia, 5 jenis makanan yang bisa menambah kekuatanmu.

  • Telur

Telur adalah termasuk jenis makanan protein yang punya segudang manfaat sehingga bisa bikin kuat seharian. Dilansir dari Halodoc, telur mengandung asam lemak omega 3, vitamin B dan iodium sehingga mampu mengurangi rasa lemas dan lelah setelah beraktifitas seharian. Selain itu, telur juga mengandung seng dan selenium, jadi kamu nggak khawatir akan kekebalan tubuh alias tidak mudah terserang penyakit.

Telur juga mudah diolah, bisa dikreasikan dalam berbagai resep masakan. Bisa dimasak, balado, omelet, dadar, rebus, sop telur, semur dan sebagainya. Jadi, kamu nggak bosen  mengonsumsi telur.

  • Susu

Sumber protein lainnya selain telur adalah susu. Susu dipercaya bisa menahan rasa lemas karena protein ini mengandung sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh agar meningkatkan kebugaran lebih optimal.

Varian susu yang disarankan adalah susu murni karena belum terkena kontaminasi kandungan apapun dan manfaat didalamnya masih utuh. Minuman ini juga bisa kamu kreasikan dengan yoghurt, keju ataupun sereal.

  • Makanan Berkabohidrat

Saat sahur tiba, umumnya masyarakat selalu mengonsumsi makanan yang berkabohidrat. Makanan kabohidrat bukan hanya nasi, namun bisa diganti dengan roti, sagu, gandung, jagung hingga kentang. Makanan kabohidrat ini bisa menambah energi kamu ketika melakukan aktifitas.

Setiap makanan kabohidrat mempunyai kandungan masing-masing, namun secara garis besar umumnya kabohidrat memiliki kandungan gula dan glukosa yang akan dipecah dalam tubuh sehingga diserap oleh saluran pencernaan dan masuk ke aliran darah.

  • Buah dan Sayuran

Wah.. ternyata buah dan sayuran juga bisa nih menahan rasa lemas, letih dan loyo ketika puasa seharian. Buah dan sayur pun kaya akan mineral dan vitamin sehingga membantu kamu untuk bertahan dan merasa selalu memiliki energi. Selain itu, buah dan sayur memiliki kandungan air yang bisa mengantisipasti dari adanya dehidrasi.

Tomat, pisang, bayam, mentimun, salada, jeruk, semangka adalah beberapa jenis buah dan sayuran yang baik untuk dikonsumsi saat sahur. Kamu bisa memakannya langsung tanpa tambahan apapun, namun bisa juga divariasikan seperti menambahkan madu, saus tart, atau taburan kacang sehingga menjadi salad sayur.

  • Air Putih

Last but no least, ketika ingin memulai hari pun kamu wajib banget minum air putih. Air putih ini berguna untuk menghilangkan racun-racun di dalam tubuh kamu selama tidur. Begitu juga saat sahur, air putih ini juga bisa mengurangi rasa dehidrasi seharian.

Saat menjalankan ibadah puasa, air putih baiknya dikonsumsi dengan dua gelas yakni setelah bangun tidur dan sesudah sahur.  Air putih adalah hal yang sederhana tetapi memiliki berbagai keuntungan. Yuk bisa yuk, semangat menjalankan ibadah puasanya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here