4 Tips Cegah Nyeri Pinggang Saat WFH

0

Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan ini membuat sebagian besar kantor memindahkan karyawannya untuk bekerja di rumah masing-masing alias work from home (WFH). Fasilitas di kantor seperti meja dan kursi yang lengkap untuk menunjang aktivitas mungkin banyak tidak tersedia di rumah kamu nih, ladies. Kamu tau gak sih kalau kebiasaan posisi duduk yang salah bisa menyebabkan masalah kesehatan yaitu sakit pinggang. Kalau kamu sudah mulai merasakan nyeri di bagian pinggang dan leher, bisa bikin gak nyaman dan seharian bisa runyam loh

Mengutip dari buku Healing Back Pain2.0 yang ditulis Sonny Valle, “Kebanyakan kasus sakit punggung tidak separah dan tidak memerlukan perawatan medis. Sebagian besar kasus nyeri punggung timbul dari peradangan yang merespon dengan baik terhadap obat steroid jangka pendek atau pijatan yang hati-hati dan biasanya akan sembuh dalam beberapa minggu” lanjutnya, “Hal utama yang harus diingat dengan sakit punggung adalah, jika Anda benar-benar khawatir, carilah perhatian dari praktisi medis yang berkualifikasi untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan perawatan yang tepat.”

Ladies, dengan memahami bagaimana punggungmu bekerja, bagaimana memelihara postur yang sehat dan mengetahui latihan mana yang paling membantu, kamu tidak akan pernah menderita kesakitan lagi! Sonny juga membagikan tips untuk membantu mencegah sakit punggung ketika work from home

#1 – Duduk di Kursi

Saat kamu duduk di kursi, pastikan punggung tegak dan bahu sejajar. Tempatkan berat badan di kedua pinggul secara merata. Pastikan sandaran mendukung punggung tanpa membungkuk. Jangan memutar pinggang, jika pun harus memutar, bangun dan putar seluruh tubuhmu. 

#2 – Duduklah dengan Tulang Belakang yang Tertopang Kuat.

Ketika memilih kursi untuk menunjang kegiatan wfh kamu, pastikan kursi tersebut menopang tulang belakang dengan kuat. Sebaiknya hindari sandaran kursi yang terlalu longgar sehingga menyebabkan kamu bersandar ke belakang atau yang terlalu kaku dan tidak memungkinkan untuk bergerak sama sekali. Kalau sandaran hati bagaimana ya ladies, ehem!

#3 – Hindari Duduk di Posisi yang Sama untuk Waktu yang Lama

Penting banget nih! Disaranakan untuk tidak duduk dalam posisi yang sama selama lebih dari 20 menit. Jika kamu bekerja di meja kerja, coba berganti posisi, berjalan sedikit, atau mungkin berdiri sebentar setelah setiap dua puluh menitan. Jangan melakukan gerakan berbalik tiba-tiba atau menyentak tubuh jika harus memutar badan. Ketika duduk, jaga agar kaki kamu tetap rata di lantai. Jika tidak sampai ke lantai, gunakan pijakan kaki, bisa dibuat sendiri dengan kotak atau tumpukan buku yang ada dirumah. 

#4 – Hindari Kursi yang Memiliki Roda

Sebaiknya hindari kursi yang dapat berputar atau memiliki roda. Tergantung pada lingkungan disekitar kamu, ini bisa menjadi masalah menyangkut keamanan. Kursi dengan roda dapat dengan mudah tersangkut di karpet atau terguling atau terpeleset jika bersandar padanya dengan tidak tepat, apalagi kalau didorong dengan cara yang salah. (sofi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here