4 Kebiasaan Buruk Ini Mengganggu Kualitas Tidur, Bisa Menyebabkan Berat Badan Naik!

sleeping

Jika kamu sedang dalam proses menurunkan berat badan atau dalam pengawasan untuk menjaga berat badan tetap ideal, akan tetapi usaha kamu belum menunjukkan hasil yang maksimal, bahkan yang terjadi malah kamu merasa berat badan kamu bertambah akhir-akhir ini, kamu harus mulai berhati-hati. Bisa jadi kamu melakukan beberapa kebiasaan buruk yang mengganggu kualitas tidur, sehingga membuat berat badan kamu beranjak naik.

Dilansir dari laman Healthwere, berikut 4 kebiasaan yang mungkin secara tidak sadar kamu lakukan saat berisitrahat dan mengakibatkan timbangan berat badanmu menunjukkan angka yang terus merangkak ke atas:

  • Ngemil di malam hari

Ngemil di malam hari bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, meningkatkan kadar insulin, dan mempengaruhi hormon.

Selain itu, setelah ngemil, kemungkinan besar kamu langsung beranjak naik ke atas tempat tidur untuk berisitirahat sehingga proses pembakaran kalori yang dilakukan tubuh menjadi tidak maksimal. Pada akhirnya hal ini menyebabkan camilan yang kamu makan menjadi lemak dan alhasil menambah berat badanmu.

  • Minum kopi di malam hari

Kopi mengandung asam klorogenik yang bisa mengakibatkan kenaikan berat badan. Selain itu, kafein yang dikandung dalam kopi mengakibatkan gangguan tidur sehingga kopi tidak baik untuk dikonsumsi 6 jam sebelum tidur.

Ganti konsumsi kopi di malam hari dengan teh herbal, susu atau air hangat.

  • Beraktivitas berlebihan hingga larut malam

Masalah kesehatan akan mulai timbul jika kamu tidur kurang dari 7-8 jam setiap harinya. Pastikan kamu tidak beraktivitas secara berlebihan hingga larut malam yang menyebabkan kamu kurang tidur. Hal tersebut akan mengakibatkan perubahan pada metabolisme tubuh dan membuat kelelahan, yang akan mengarah pada timbulnya rasa malas untuk melakukan kegiatan fisik seperti olahraga.

Akibatnya kita bisa mengalami kenaikan berat badan karena metabolisme yang melambat dan proses pembakaran lemak yang sedikit karena tubuh kurang bergerak

  • Bangun terlalu siang

Riset membuktikan bahwa orang-orang yang bangun di pagi hari dan terkena paparan sinar matahari memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah dibanding mereka yang bangun lebih siang.

Jadi, usahakan untuk bangun lebih pagi dan berolahraga untuk mencegah kenaikan berat badan.

Hindari melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut ya ladies, supaya kamu tetap punya berat badan ideal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here