Mencari Destinasi Liburan Ke Luar Negeri yang Menarik? 5 Tempat Wisata Kuno di Mesir Ini Bisa Menjadi Pilihan

0
liburan mesir

Mesir atau Republik Arab Mesir adalah sebuah nama negara yang akan terlintas di pikiran jika kamu ingin mengunjungi tempat-tempat kuno yang penuh dengan misteri. Termasuk salah satu negara dengan sejarah yang paling menarik di dunia, tentunya negara bermata uang pound Mesir ini memiliki puluhan destinasi wisata yang harus kamu kunjungi. Tempat apa saja sih yang menjadi top list dan wajib dikunjungi jika berlibur ke Mesir? Simak yuk 5 pilihan lokasi wisata berikut untuk referensi kamu!

Piramida dan Sphinx Giza

Lokasi pertama yang wajib kamu kunjungi sudah pasti piramida yang super duper kuno dan terkenal. Perjalanan ke Mesir tidak lengkap jika kamu tidak mengunjungi piramida Giza, yang diklasifikasikan sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. 

Struktur megah piramida ini tentunya membutuhkan usaha yang sangat besar yakni dibangun oleh sekitar 10.000 pekerja pada 2620-2500 SM. Piramida Giza terletak di antara gurun Libya dan Kairo. Di sana juga terdapat patung Sphinx yang terkenal akan hal mistisnya dan berdiri megah di pintu masuk kompleks piramida.

Gunung Sinai

Destinasi eksotis selanjutnya adalah Gunung Sinai. Merupakan salah satu tempat ziarah terpenting di dunia, Gunung Sinai dianggap suci di beberapa agama besar. Menurut Alkitab, di Gunung Sinail-ah Tuhan berbicara kepada Abraham, dan memberi Musa wahyu dalam bentuk Sepuluh Perintah. Sebab itu, banyak peziarah rohani yang mengunjungi gunung tersebut karena dianggap sakral.

Biara Saint Catherine

Tempat ketiga tidak lepas terlepas dari kunjungan keagamaan adalah Biara Saint Catherine Ortodoks Yunani, yang terletak di kaki Gunung Sinai. Tempat itu adalah salah satu Biara tertua di dunia, cukup istimewa bukan? Didirikan pada abad ke-6 sebagai benteng hingga saat ini terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. 

Yang perlu diingat ialah kamu tidak bisa sembarang berkeliling Biara Saint Catherine. Mengapa? Karena Biara itu masih menjadi rumah bagi beberapa biksu, jadi hanya bagian tertentu dari bangunan saja yang boleh dikunjungi.

Piramida Djoser

Tentu bukan hanya ada satu piramida, di Mesir juga ada Piramida Djoser. Berupa bangunan batu tertua di Mesir dan juga satu-satunya yang tidak memiliki dasar persegi. Piramida Djoser terletak di jantung pekuburan Saqqara, sebuah kompleks pemakaman kuno.

Sebagaimana dilansir melalui situs dw, Piramida Djoser sudah ada dari sekitar abad ke-27 SM. Yang lebih istimewanya lagi, piramida tersebut dibangun saat fase pertama konstruksi piramida. Maka dari itu, Piramida Djoser terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1979. 

Kuil Abu Simbel

Wisata tempat kuno dan sakral tentunya tidak lepas dari sebuah kuil yakni Kuil Abu Simbel. Kuil kuno, yang juga masuk dalam warisan budaya dunia yang diakui UNESCO ini dibangun pada abad ke-13 SM oleh Firaun Ramses II. Kuil ini disebut sebagai penghubung antara langit dan bumi. Menarik bukan mendengar asal-usulnya yang terbalut kisah misterius?

Nah, itu dia 5 tempat wisata kuno di Mesir yang wajib kamu kunjungi jika berencana untuk berlibur ke sana. Jangan lupa, tetap jaga protokol kesehatan dan selamat berlibur!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here