4 Fakta Unik Tentang Kopi yang Kamu Perlu Tahu

0
minum kopi
Foto: Dokumentasi pribadi

Kopi merupakan salah satu minuman paling populer di dunia, bahkan banyak orang yang merasa pusing bahkan sulit memulai hari dengan baik jika tidak diawali dengan minum kopi.

Berikut ini adalah fakta-fakta unik tentang kopi yang menarik untuk diketahui, terutama bagi kamu para pecinta kopi:

1. Waktu yang tepat untuk minum kopi

Waktu paling tepat untuk minum kopi adalah ketika kadar kortisol dalam tubuh sedang tinggi-tingginya, yaitu pada pagi hari di sekitar pukul 8.00 sampai 9.00.

Kadar kortisol dalam tubuh juga akan naik lagi pada siang hari di sekitar pukul 12.00 hingga 13.00 siang dan di sore menjelang malam hari pada rentang waktu pukul 17.30 sampai dengan 18.30.

2. Kopi yang digiling hanya akan bertahan kesegarannya selama 15 menit

Kalau kamu menggiling biji kopi sendiri, segera seduh menjadi kopi karena biji kopi yang digiling hanya akan bertahan kesegarannya selama 15 menit saja. Setelah itu, biji kopi akan kehilangan rasa khasnya.

3. Biji kopi bisa dimakan

Kopi berasal dari tanaman kopi yang dikategorikan sebagai jenis buah-buahan, maka tidak heran bahwa kopi bisa dimakan.

Di beberapa tempat di Afrika, kopi digiling lalu dicampur dengan lemak binatang, kemudian di bentuk seperti bola dan langsung dimakan, sebagai makanan penambah energi.

4. Minum terlalu banyak kopi bisa mengakibatkan kenaikan berat badan

Kopi berkaitan erat dengan hormon kortisol di dalam tubuh. Minum kopi memicu hormon ini bekerja lebih dan menimbulkan rasa ingin mengonsumsi gula dan makanan manis lainnya.

Tidak heran bahwa terkadang kebiasaan ngopi ngopi cantik terasa kurang lengkap tanpa adanya makanan manis seperti kue dan roti.

So ladies, tetap menjaga asupan makanan dan minuman yang kamu konsumsi ya, karena kebiasaan minum kopi bisa menjadi salah satu faktor yang membuat berat badan kamu naik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here