4 Jenis Makanan yang Harus Dihindari oleh Ibu Hamil

0
pregnant
Sumber foto: Pinterest

Para calon ibu yang sedang harap-harap cemas menanti kelahiran buah hati tercintanya pastinya sudah tahu pentingnya menjaga asupan makanannya, untuk memastikan bahwa janin yang dikandungnya mendapatkan asupan gizi yang cukup untuk bisa berkembang secara optimal. Namun tidak semua makanan yang sehat bisa memiliki efek menyehatkan yang sama bagi para ibu hamil.

Berikut ini adalah daftar beberapa jenis makanan yang aman dikonsumsi sehari-hari, namun sebaiknya tidak dikonsumsi ketika sedang dalam keadaan mengandung:

  • Jenis ikan tertentu

Meskipun ikan sangat bergizi dan memiliki banyak kandungan zat yang berguna bagi Kesehatan, ada beberapa jenis ikan tertentu yang perlu dihindari oleh ibu hamil karena memiliki kandungan merkuri yang tinggi, yang bisa mengganggu pertumbuhan otak janin.

Jenis-jenis ikan tersebut antara lain ikan tuna dan makarel. Selain itu, ikan-ikan yang hidup di sungai yang dipenuhi polusi juga harus dihindari.

  • Keju yang lembut

Jenis-jenis keju yang lembut dan basah seperti keju gorgonzola, mozzarella, feta dan brie sebaiknya dihindari selama masa kehamilan karena beresiko mengandung bakteri E.Coli atau listeria.

Pilih keju yang keras seperti keju swiss atau cheddar jika ingin mengkonsumsi keju selama masa kehamilan.

  • Kafein

Konsumsi kafein yang berlebihan bisa mengakibatkan berat badan bayi rendah, kelahiran premature, bahkan keguguran.

Menjaga asupan kafein selama kehamilan penting dilakukan. Namun hal ini tidak berarti kamu hanya perlu mengurangi ngopi2 cantik selama hamil, karena banyak jenis-jenis minuman lain yang juga mengandung kafein seperti teh dan teh hijau.

  • Suplemen herbal

Meskipun jenis-jenis makanan dan minuman herbal secara umum sehat untuk dikonsumsi, perlu diingat bahwa tidak semua bahan makanan dan minuman herbal aman untuk dikonsumsi ibu hamil.

Konsultasikan dengan dokter mengenai makanan, minuman dan suplemen herbal apa saja yang aman dikonsumsi selama kehamilan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here