4 Jenis Makanan yang Bisa Memicu Sakit Kepala Sebelah (Migrain)

0
sakit kepala sebelah

Sakit kepala sebelah atau migrain merupakan salah satu jenis sakit kepala yang banyak menyerang semua kalangan dari berbagai usia. Penyebabnya antara lain stres, kurang tidur, efek samping dari obat-obatan tertentu yang kita konsumsi, dan sebagainya.

Sakit kepala sebelah juga bisa disebabkan oleh jenis-jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang harus dihindari jika kamu tidak ingin terserang sakit kepala sebelah:

Buah-buahan yang asam

Buah-buahan yang asam mengandung banyak acid yang bisa mempengaruhi kadar pH dalam darah, dan meningkatkan peluang terserang migrain.

Selain itu, buah-buahan ini juga mengandung tyramine dan histamine, yang bisa mengakibatkan sakit kepala jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Makanan dingin

Kamu pasti pernah mendengar istilah brain freeze, yaitu kondisi dimana kamu merasakan sakit kepala yang amat sangat secara tiba-tiba jika kamu mengonsumsi es krim atau makanan dingin lainnya secara cepat, apalagi jika sedang didalam cuaca panas.

Stimulasi dingin secara tiba-tiba ini membuat kamu mengalami sakit kepala selama sekitar 25 detik – 2 menit.

Tapi jika kamu menderita sakit kepala sebelah, rasa sakit ini akan lebih lama. Maka hindari makanan dingin, dan konsumsi makanan dingin dengan perlahan untuk mengurangi resiko sakit kepala.

Gluten

Gluten adalah sejenis protein yang ditemukan di berbagai biji-bijian seperti gandum, rye (gandum hitam), barley dan sebagainya.

Gluten dan berbagai produk kue dan roti yang terbuat dari tepung biji-bijian yang mengandung gluten, bisa memicu sakit kepala dan migrain, terutama bagi mereka yang memiilki tubuh sensitive terhadap gluten.

Zat pengawet makanan

Zat pengawet yang ada di dalam makanan tidak mengandung nilai gizi apapun dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Jika kamu sering mengalami sakit kepala, jauhi makanan-makanan yang mengandung banyak pengawet dan perbanyak makanan-makanan yang alami dan tidak diolah secara berlebihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here