4 Cara Mudah Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

0
woman eating
Kredit foto: Creative Market

Makanan khas Indonesia, terutama makanan bersantan yang sering dikonsumsi pada hari raya Idul Fitri mengandung bahan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Meskipun mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tidak bisa sepenuhnya dihindari, ada beberapa jenis makanan yang bisa kita konsumsi setelahnya untuk membantu menurunkan kadar kolesterol kita. Berikut diantaranya yang wajib kamu tahu!

  • Mengonsumsi oats atau biji-bijian

Oats atau biji-bijian mengandung serat yang disebut beta-glucan, yang bisa membantu menghilangkan kolesterol dari tubuh dan membantu kita menjaga berat badan agar tetap ideal karena oats juga bisa membantu menjaga kadar gula dalam darah.

  • Menghindari makanan olahan dan makanan manis

Pastinya kita tahu jenis-jenis makanan yang mengandung kadar kolesterol yang tinggi seperti beberapa jenis sumber protein tertentu dan makanan olahan seperti sosis.

Tapi yang juga perlu kita waspadai adalah makanan-makanan yang mengandung kadar gula tinggi seperti kue dan permen.

Makanan manis seperti seperti kue basah dan kering juga biasanya mengandung banyak telur yang juga merupakan makanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol bila dikonsumsi terlalu banyak.

  • Menyantap Semangka

Semangka merupakan sumber alami dari lycopene yang jika rutin dikonsumsi setiap hari dapat menurunkan kadar Low Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dalam darah dan meningkatkan kadar High Density Lipoprotein (HDL_ alias kolesterol baik dalam darah.

  • Makan Buah Berry

Buah-buahan dari keluarga Berry seperti strawberry dan bluberry merupakan makanan manis yang natural, dipenuhi nutrisi yang bagus untuk kesehatan dan bisa menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu, nutrisinya tidak akan hilang meski dimakan tidak dalam keadaan segar alias sudah dibekukan sebelumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here