Pameran Seni Apatis 2022 Hadir Dengan Warna Baru dan Karya – Karya Menakjubkan

0

Mahasiswa jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan (TGP), PNJ akan menggelar sebuah pameran Art Gallery yakni APATIS 2022 yang diselenggarakan di Gedung Felfest Universitas Indonesia, Depok pada 10 Juni 2022.

APATIS 2022 merupakan kegiatan pameran seni tahunan yang diinisiasi langsung oleh Mahasiswa Teknik Grafika dan Penerbitan sebagai wadah bagi seniman muda khususnya mahasiswa TGP sendiri untuk mengedukasi sekaligus memperkenalkan hasil karyanya kepada khalayak.

“Dikarenakan terbatasnya wadah mereka untuk menyalurkan kreativitas dan karya mereka, jadi disini fokus APATIS lebih ke arah sebagai wadah menyalurkan kreativitas dan karya mereka,” kata M. Afif Amrullah, Project Officer APATIS 2022 pada Jumat (13/05/2022).

Target dan tujuan yang paling utama diselenggarakan APATIS adalah sebagai wadah bagi khalayak umum khususnya mahasiswa TGP yang ingin menyalurkan karya-karya mereka.

Terlebih bagi mereka yang bingung ingin menyalurkan karyanya, APATIS hadir dengan menyediakan space bagi mereka. Tahun ini APATIS yang merupakan akronim dari Apresiasi Kreativitas mengusung tema “Growing Up” dengan menampilkan karya seputar rasa ingin tahu, ekspektasi, rintangan hidup penuh tipu daya, realita serta rasa dari jiwa yang beragam.

APATIS 2022 membawa nilai dan ekspresi emosi mengenai peristiwa kehidupan manusia secara alami dari masa kecil hingga usia dewasa melalui karya seni yang dapat dinikmati dengan mata dan telinga. “Karena banyak manusia untuk saat ini khususnya mereka yang sedang menginjak fase remaja. Mereka merasa ketakutan dan kebingungan ketika dewasa. Mulai dari ketakutan akan harapan yang ia capai, pertemanan, hingga hubungan.

APATIS mengangkat tema ini untuk memberitahu kepada mereka bahwa kalian tidak sendirian dalam melewati fase ini dan harapannya kita bisa bersama-sama bisa melawan rasa ketakutan itu untuk menghadapi fase dewasa,” jelas Afif.

Karya-karya yang akan ditampilkan pada kegiatan ini sangat beragam mulai dari lukisan, fotografi, artwork, puisi, sajak, dan 3D art. Selain itu, ada tiga rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan didalamnya yaitu Pra-Event, Main Event dan Support Event dengan tetap mengusung tema “Growing Up”.

Adapun yang membuat APATIS berbeda dengan event pameran lainnya yaitu APATIS akan menampilkan karya-karya pilihan dari mahasiswa TGP dan beberapa seniman yang sebelumnya belum pernah dipamerkan di depan publik. “Antusias mereka terhadap acara ini sangat besar sekali kalau dilihat dari acara sebelumnya dan juga cukup banyak karya dan artist-artist yang terlibat di event ini khususnya mereka mahasiswa TGP setiap tahunnya,” ungkap Afif.

Berikut 3 rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan APATIS 2022: Pra-Event Pra-Event merupakan rangkaian acara APATIS 2022 sebagai acara opening dimulainya APATIS 2022. Kegiatan ini terbuka untuk mahasiwa aktif, alumni TGP, dan masyarakat umum. Pra event dilaksanakan pada 29 Mei 2022 di Today Oci Cafe and Eatery, Depok mulai pukul 10.00 – 18.30 WIB.

Pada kegiatan pra-event ini akan diadakan live mural dan akustik. Live mural sendiri akan diikuti oleh mahasiswa Teknik Grafika dan Penerbitan dengan menampilkan proses pembuatan mural secara langsung dengan mengusung tema “Growing Up”.

Selain akan diramaikan oleh mahasiswa TGP, APATIS juga mengundang salah satu influencer yang bergerak dibidang seni yaitu seniman @secretofthesun. Ia juga akan melakukan live sketching dan bedah karya di depan pengunjung.

APRESIASI KREATIVITAS (APATIS)  Main Event Main event merupakan acara puncak dari kegiatan pameran seni APATIS 2022 yang terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya.

Main event diselenggarakan pada 10 Juni 2022 di Gedung Felfest Universitas Indonesia, Depok. Para pengunjung akan disuguhkan dengan art gallery, berbagai macam tenant, penampilan dari mahasiswa TGP dan special influecer talk dari @ianhugen.

Terdapat 3 segmentasi yang dipamerkan oleh APATIS dengan tema “Growing Up” yakni:

• Chilhood dan toodler

Menampilkan foto-foto masa kecil serta segala yang berkaitan dengan kenangan masa kecil.

• Teenager dan young adult

Menampilkan tentang perasaan anak yang baru menginjak dewasa dan mempertanyakan tentang tujuan hidup.

• Adult

Mengajak pengunjung untuk menuliskan cita-cita serta harapan yang belum atau bahkan sudah tercapai di masa kini dan masa mendatang.

Support Event Support event adalah rangkaian acara yang akan diselenggarakan sebagai penutup dari serangkaian kegiatan pameran seni APATIS 2022. Pada penutup acara ini, APATIS menyuguhkan kompetisi foto, games, dan art perform.

Kegiatan kompetisi foto kali ini mengajak pengunjung untuk mendokumentasikan kegiatan para pengunjung saat datang langsung pada kegiatan main event serta mengunggahnya di sosial media masing-masing.

Bagi penunjung dengan hasil foto dan keterangan foto yang unik akan diberi hadiah dari pihak APATIS. Selain itu, ada pula games yang bertujuan sebagai ice breaking saat main event berlangsung, para audience yang aktif mengikuti games juga akan mendapatkan hadiah. APATIS berharap semoga acara ini bisa mengundang antusias khalayak umum untuk lebih mengenal karya mahasiswa TGP dan bisa menjadi sebuah inovasi dan evaluasi untuk event-event Art Gallery kedepannya. APATIS 2022 sama sekali tidak dipungut biaya dan terbuka untuk umum. Informasi lebih lengkap bisa didapatkan di akun media sosial Instagram @apatis.tgp

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here