4 Cara Ampuh Menjaga Berat Badan Tetap Ideal, Bahkan Ketika Sedang Tidur

0
sleeping woman
Kredit: Freepik

Menjaga berat badan agar tetap ideal memang tidak mudah. Kita butuh gaya hidup aktif, berolahraga rutin dan makan makanan bergizi dalam porsi seimbang supaya bisa tetap memiliki tubuh proporsional.

Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu menjaga berat badan, yang bisa kita lakukan bahkan disaat sedang tidur. Apa saja? Simak informasinya di bawah ini!

Tidur dengan pakaian tipis

Studi membuktikan bahwa tidur dengan pakaian berbahan tipis bisa membantu menjaga suhu tubuh agar tetap rendah.

Hal ini karena proses metabolisme tubuh akan menjadi lebih cepat karena tubuh akan memproduksi panas dan membakar kalori untuk menjaga agar suhu tubuh tetap hangat.

Berolahraga

Jika kamu memiliki massa otot yang lebih banyak, kamu akan membakar kalori lebih besar ketika sedang tidur.  Lakukan olahraga setiap hari supaya kamu memiliki massa otot yang lebih banyak.

Tidur di kamar yang lebih gelap dan dingin.

Berdasarkan penelitian, orang-orang yang tidur di dalam ruangan dengan suhu 18 derajat celcius mampu menambah jumlah kalori yang terbakar selama mereka tidur sebanyak 42% dan menambah metabolism sebanyak 10%.

Untuk menambah jumlah penurunan berat badan, matikan lampu dan tidur dalam keadaan gelap, karena cahaya dalam kamar di waktu tidur dapat menurunkan kadar melatonin (hormone pembuat rasa mengantuk), sehingga tidur kamu akan terganggu, atau tergoda untuk ngemil di malam hari.

Makan tepat waktu

Usahakan untuk memiliki waktu makan dan tidur yang sama setiap harinya. Hal ini karena tubuh kita memiliki ritme circadian yang mengatur jam biologis kita.

Memiliki gangguan pada jam biologis tubuh bisa menambah kenaikan berat badan dan menimbulkan masalah tidur, dimana keduanya dapat mengarah ke masalah kesehatan yang lebih serius di kemudian hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here