Waspadai, 5 Ciri Stres yang Terkadang Tidak Kita Sadari

0
stress
Sumber foto: PInterest

Hampir setiap orang pernah mengalami atau melewati fase stres. Banyak hal yang bisa memicu stress, baik disadari maupun tidak. Pekerjaan, lingkungan sosial, pergaulan, kondisi keungan, gaya hidup, banyak elemen dalam kehidupan ini yang bisa memicu tingkat kestresan. Namun beda orang, beda pula efek yang disebabkan dari stress itu sendiri. Terkadang, malah ada yang tidak sadar kalau dirinya tengah dilanda ke-stres-an, tingkat akut. Dikutip dari ActiveTimes, ini dia beberapa ciri stress, yang kadang tidak kita sadari.

  • Mood Swing

Mood Swing atau pergantian mood (suasana hati) yang terlalu cepat. Ekstremnya bisa sangat cepat. Saat ini ceria, tertawa, lalu beberapa detik kemudian, karena terpicu sesuatu bisa emosional, bisa marah, dan sebagainya. Emosi yang kita rasakan sering berubah-ubah, da nggak jelas. Bahkan kadang, nggak sadar kenapa bisa menjadi sangat emosional. Ini perlu diwaspadai, bila sudah mengalami mood swing. Ini bisa jadi efek dari stress yang tidak kamu sadari.

  • Mudah Tersinggung

Saat pikiran kusut, dan stress melanda, semua rasanya jadi salah. Termasuk ucapan orang lain, yang biasanya kita tanggapi dengan santai, bisa bikin meledak dalam sekejap. Jika kondisimu akhir-akhir ini demikian, patut diwaspadai, kamu mungkin sedang banyak pikiran, dan tanpa disadari membuatmu stress.

  • Malas Bertemu dengan Orang Lain atau Menarik Diri

Tiba-tiba kamu menjadi malas bertemu orang lain. Kamu merasa tak bersemangat bertemu orang-orang. Rasa ini terus mendera, hingga perlahan-laham kamu menarik diri dari lingkungan pertemanan. Kamu enggan membuka diri. Cenderung menghindari orang lain dan mengisolasi diri. Ini bisa jadi tanda bahwa kamu sedang stress.

  • Membuat Diri Lebih Sibuk Dari Biasanya

Terkadang, ketika lagi stress, tanpa sadar, kita memkasa diri melakukan lebih banyak pekerjaan dibandingkan biasanya. Ini adalah bentuk pelarian. Hati-hati, ini tidak akan membuat kita membaik, justru memperparah.

  • Wajah Kusam, Hingga Berjerawat

Tubuh kita ini, termasuk kulit waja, dirancang demikian canggih oleh Yang Maha Kuasa. Apa yang terjadi dalam hati dan pikiran, mampu memberi “alarm” keluar, hingga terefleksi dari penampilan luar kita. Apakah kita sehat secara mental atau tidak? Ketika stress, tubuh jadi memompa hormom kortisol berlebihan dan bikin kulit jadi berminyak, hingga kulit jadi gampang berjerawat. Atau, kulit jadi tidak bercahaya, sekeruh hati dan pikiran. Biasanya dipicu karena kurang tidur, tidak makan teratur, akhirnya berdampak pada tampilan fisik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here