Waspada! 4 Tanda Ini Mengindikasikan Kamu Kekurangan Protein

0
woman
Sumber foto: Pinterest

Protein memiliki peran penting dalam kesehatan, namun sayangnya kita masih sering mengabaikan kebutuhan akan protein di dalam tubuh karena tidak mengetahui tanda-tanda adanya kekurangan protein di tubuh kita.

Apa saja indikasi yang menandakan bahwa kamu mengalami kekurangan protein? Berikut 4 tanda tubuh mengalami kekurangan protein yang patut diwaspadai:

  • Masalah pada kulit dan kuku

Kalau kuku kamu terlihat rapuh dan mudah patah, bahkan memiliki titik-titik kecokelatan, hal ini mengindikasikan bahwa kamu mengalami kekurangan protein.

Selain itu, protein juga mempengaruhi proses regenerasi kulit. Jika kulitmu teasa kering dan tampak pecah-pecah, ini juga merupakan salah satu tanda kekurangan protein.

  • Rambut rontok

Rambut terdiri dari 90% protein yang bernama keratin. Kalau kamu tidak mendapatkan nutrisi yang tepat dan kaya akan protein, rambut akan menipis dan rontok.

Hal ini karena tubuh mengurangi penggunaan protein untuk pertumbuhan rambut dan mengalihkan cadangan protein yang sedikit tersebut untuk hal-hal lain yang lebih penting dalam tubuh.

  • Resiko cedera tulang bertambah

Asupan protein juga mempengaruhi massa tulang. Kekurangan protein dapat mengakibatkan tulang menjadi rapuh dan beresiko untuk mengalami cedera, karena protein sangat diperlukan untuk menyerap kalsium yang dibutuhkan untuk metabolisme tulang.

  • Kurang tidur

Protein yang terkandung dalam makanan yang kita konsumsi akan menghasilkan triptofan, yaitu sejenis asam amino yang mengakibatkan rasa mengantuk dan lelah yang dibutuhkan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Kurang tidur dapat menimbulkan penyakit yang berbahaya bagi kesehatan dan masalah- masalah seperti insomnia dan kenaikan berat badan

Jadi pastikan asupan protein kamu mencukupi agar selalu sehat ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here