Tidak Hanya Berbakat, 8 Idola K-pop Ini Buktikan Bahwa Pendidikan Itu Penting Dengan Meraih Gelar S2

Bigbang

Para bintang K-pop terkenal dengan gaya mereka yang keren saat tampil di atas panggung. Namun tidak hanya memiliki bakat dalam bidang hiburan dengan kemampuan menari dan menyanyi, para idola K-pop ini juga sangat mementingkan pendidikan.

Selain 6 orang anggota BTS yang saat ini sedang menempuh studi program S2 di Universitas Cyber Hanyang, deretan idola K-pop ini telah terlebih dahulu mengenyam gelar S2, bahkan ada yang telah meraih S3. Siapa saja mereka? Simak yuk lebih jelasnya di bawah ini, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

1. G-Dragon BIGBANG

Sumber foto: Pinterest

Sang raja K-pop masuk dalam daftar karena ia memperoleh gelar S2 di bidang Ritel dan Distribusi dari Universitas Sejong. Bahkan sempat menjadi kontroversi dimana alasan mengapa dia menunda wajib militernya adalah karena hal itu.

Meskipun kedengarannya itu adalah taktiknya untuk menghindari wajib militer, namun kehausannya akan pendidikan adalah sesuatu yang dilihat oleh netizen. Kampusnya bahkan mengonfirmasi bahwa G-Dragon memang lulus dari universitas tersebut.

2. Taeyang BIGBANG

taeyang bigbang
Sumber foto: Pinterest

Suami aktris cantik Min Hyo Rin, yang baru saja menjadi ayah ini, tahu bagaimana merencanakan kariernya bersama dengan pertumbuhan pribadinya. Taeyang yang dikenal sebagai orang yang sederhana memiliki paket lengkap dalam kategori brain, beauty dan behaviour.

Pria relijius ini memegang gelar S2 dalam bidang Produksi Pertunjukan dan Gambar dari Universitas Daejin. Tesis masternya bahkan muncul di internet, di mana dia menghubungkan pengaruh grup boy band-nya pada dirinya. Ditulis dalam nama Koreanya, Dong Young Bae, makalah tersebut tersedia di Perpustakaan Nasional Korea dalam bahasa Korea.

3. T.O.P BIGBANG

Sumber foto: Pinterest

Tak perlu diragukan lagi, pria bernama asli Choi Seung Hyun, yang dikenal dengan nama panggung T.O.P, dalam kehidupan nyata adalah sosok yang sempurna. Dia sangat tampan dan penuh bakat. Selain itu, artis yang baru saja mundur dari agensi YG Entertainment ini juga pemegang gelar S2 di bidang Teater dan Film dari Universitas Dankook.

Penyanyi, rapper, penulis lagu, produser rekaman, dan aktor berusia 34 tahun ini membuktikan kepada semua orang bahwa ia telah menguasai profesinya dengan meningkatkan pengetahuannya dalam bidang tersebut.

4. Taecyeon 2 PM

ok taecyeon
Sumber foto: Pinterest

Terlepas dari kesibukannya sebagai bintang K-pop sekaligus aktor yang kemampuannya diakui publik, pria bernama lengkap Ok Taec Yeon ini juga sangat memperhatikan pendidikannya. Idola yang menguasai tiga bahasa sekaligus ini, Korea, Inggris dan Jepang, melanjutkan kuliahnya dan lulus program S2 di Korea University Graduate School of International Studies, setelah sebelumnya menerima gelas S1 bidang Administrasi Bisnis dari Universitas Dankook.

5. Changmin TVXQ

Sumber foto: Pinterest

Changmin memiliki semangat yang tinggi ketika berbicara soal pendidikan. Tidak hanya satu, Changmin bahkan mengambil 2 jurusan saat kuliah S1 yaitu jurusan Postmodern Music di Universitas Kyunghee dan jurusan Film & Arts di Universitas Konkuk. Kemudian Changmin melanjutkan kuliahnya dan lulus dari program pascasarjana bahkan mengambil program doktor alias S3 di Universitas Inha dan juga menunjukkan minat di bidang fotografi dengan menjadi murid fotografer Kim Young Jun.

6. Kyuhyun Super Junior

Sumber foto: Pinterest

Kyuhyun terkenal memiliki latar belakang keluarga yang terjun di bidang pendidikan, jadi tidak heran jika awalnya keinginannya untuk terjun di bidang hiburan mendapat tentangan keras dari keluarga, terutama sang ayah yang memiliki bisnis di bidang pendidikan. Namun kekerasan hati sang ayah perlahan melunak dan mau memberikan restu dengan syarat Kyuhyun diterima di universitas bergengsi.

Kyuhyun kemudian mendaftar di Universitas Kyunghee, mengambil jurusan Postmodern Music dan menerima gelar sarjana pada tahun 2013. Pada tahun 2016, ia menyelesaikan gelar S2 untuk program yang sama di universitas yang sama dengan disertasi master berjudul, ‚ÄúSebuah Studi Pada Status Sekarang dan Perkembangan K-POP Masa Depan: Strategi Kemajuan K-POP menuju Amerika dan Eropa Berdasarkan Kisah Sukses K-POP di Jepang dan China”

7. Key Shinee

Sumber foto: Pinterest

Key lulus dari Universitas Myongji dengan gelar S1 di bidang Film and Musical. Kemudian dia kuliah di Universitas Woosuk untuk mendapatkan gelar pascasarjana, jurusan Culture and Education Contents Development. Dia berpartisipasi dalam proyek pengembangan konsep diri pemuda yang dimulai oleh mahasiswa di jurusannya. Key bahkan mengadakan seminar khusus di SMP Iksan Namseong, Provinsi Jeolla Utara, dan SMP Khusus Putri Gimje di Seoul. Tesisnya berjudul “Pengaruh Pendidikan Styling Terhadap Kepuasan Penampilan dan Harga Diri Remaja Korea”.

8. Xiumin EXO

Sumber foto: Pinterest

Idola yang berusia paling tua tapi memiliki wajah baby face di grup EXO ini termasuk bintang K-pop yang membuktikan dirinya sebagai pria cerdas dan menghargai pendidikan dengan bekerja keras untuk menyelesaikan program S2 dan S3.

Sebelumnya Xiumin mendaftarkan dirinya menjadi mahasiswa pascasarjana di jurusan Musik di Universitas Katolik Kwandong. Profesornya bahkan mencatat bahwa dia adalah mahasiswa teladan yang tidak pernah melewatkan tugas apa pun dan menghadiri sebagian besar kelas, meskipun dia adalah bagian dari grup idola yang populer. Sedangkan untuk gelar doktor yang telah diraihnya, Xiumin mendapatkannya dengan mengambil program S3 di Universitas Hoseo.

Para idola K-pop yang super sibuk saja mau meluangkan waktunya untuk mengejar pendidikan, masa kamu enggak? Semoga bisa menjadi motivasi dan inspirasi bagi kamu yeorobun untuk meraih pendidikan setinggi langit. Jangan lupa bagikan pendapatmu ya di kolom komentar di bawah ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here