Kisah Cinta Epik Leslie Cheung dan Daffy Tong: Berakhir Dengan Kematian Tragis Sang Ikon Gay

0
leslie dan daffy
Kredit: Instagram @dhhtong

Tanggal 1 April menyimpan kenangan tragis bagi dunia hiburan Hong Kong, karena itu adalah hari dimana aktor dan penyanyi cantopop yang berbakat dan dicintai, Leslie Cheung meninggal dunia. Berita kematiannya pada tahun 2003 mengejutkan penggemar dan rekan-rekannya di seluruh dunia, tetapi hasil karya dan warisannya tetap hidup dan terus dikenang hingga hari ini.

Bertahun-tahun telah berlalu sejak dunia kehilangan salah satu penghibur penuh bakat yang luar biasa, tetapi partner romantis sang bintang, Daffy Tong, hingga kini  masih memberikan penghormatan kepada pria yang menjadi cinta dalam hidupnya secara berkala via media sosial.

Daffy Tong dengan rajin mengunggah momen-momen kebersamaannya dengan Leslie Cheung lewat media sosial miliknya / Kredit: Instagram @dhttong

Tahun ini menandai peringatan 19 tahun kematian aktor yang dipanggil “Gor Gor” itu dan bulan ini adalah perayaan Pride Month, yang menjadi kebanggaan kaum LGBTQ+. Karena itu, mari kita tinjau kembali kisah cinta antara keduanya, sebagai salah satu cara untuk mengingat memori indah yang ditinggalkan sang mega bintang yang sangat dicintai tersebut.

Cheung dan Tong saling mengenal sejak masih muda, tetapi keduanya terhubung kembali ketika bertemu di Regent Hotel pada tahun 1982, sebagaimana dilaporkan media Hong Kong HK01. Menurut kabar, cerita mereka merupakan cinta pada pandangan pertama dan keduanya pun segera menjalin hubungan, yang berlangsung selama lebih dari dua dekade hingga kematian tragis sang mega bintang.

Pada awal hubungan mereka, Tong menjadi pihak yang mendukung Cheung secara finansial. Dalam sebuah wawancara, Cheung sering menyatakan terima kasih atas dukungan pasangannya, sebagaimana dilansir melalui South China Morning Post.

Keduanya pertama kali terlihat bersama di depan umum saat menghadiri pertandingan tenis pada tahun 1992. Mereka merahasiakan hubungannya, tetapi Cheung sesekali berbagi sekilas tentang kehidupan cintanya. Dia tidak akan menyebutkan nama atau jenis kelamin pasangannya, meskipun sebagian besar penggemar dan publik mengetahui bahwa orang yang dimaksud adalah “Mr. Tong”.

Selama konsernya di Hong Kong Coliseum pada tahun 1997, Cheung menyanyikan lagu romantis The Moon Represents My Heart dan mendedikasikannya untuk Tong, yang berada di antara penonton. Dia menyebutnya sebagai “teman baik saya Tuan Tong”, dengan mengatakan Tong berada di tempat yang sangat penting dalam hidupnya. Banyak yang menganggap momen ini sebagai pengakuan resmi pertama Cheung tentang hubungan mereka.

Pasangan itu kemudian lebih sering terlihat bersama oleh media, bahkan sering dibuntuti oleh paparazzi. Kemudian dalam sebuah wawancara dengan majalah Time yang diterbitkan pada Mei 2001, Cheung secara resmi menyatakan bahwa dia biseksual.

Paparazzi dari majalah lokal Sudden Weekly diam-diam mengambil foto Daffy Tong (kiri) dan Leslie Cheung pada tahun 2001 / Kredit: Handout

Menurut outlet media 8 Days, kedua sejoli itu menyadari bahwa mereka sedang diikuti oleh jepretan kamera, namun keduanya tetap berpegangan tangan hingga muncul foto ikonik dan penggambaran kunci dari hubungan romantis pasangan tersebut ke media.

Cheung dan Tong tidak dapat dipisahkan. Akan tetapi, secara tragis Cheung mengakhiri hidupnya sendiri pada 1 April 2003, terlepas dari bantuan, dukungan dan cinta tanpa henti yang diberikan Tong untuk membantu sang mega bintang melalui hari-hari depresinya yang paling gelap.

Para Sepupu aktor Hong Kong Leslie Cheung dan partner sang bintang Daffy Tong (kedua dari kanan) menghadiri pemakaman Cheung di Hong Kong, pada tahun 2003 / Kredit: Reuters

Sulit membayangkan kesedihan yang dirasakan Tong setelah kematian tragis sang kekasih. Hingga kini, dia terus membagikan foto-foto kisah cinta epik mereka di akun Instagram miliknya. Menurut Today, dia pernah menyatakan bahwa dia tidak akan pernah jatuh cinta pada orang lain dalam hidupnya dan tetap melajang hingga hari ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here