Kamu Mengalami 4 Gejala Ini? Waspada, Bisa Jadi Paru-Paru Kamu Bermasalah!

0
batuk
Sumber foto: Creative Market

Jika kamu tinggal di kota besar, pastinya terbiasa dengan macet dan polusi udara, yang bisa berbahaya bagi kesehatan, terutama bagi kesehatan organ paru-paru.

Kalau kamu merasa kesulitan untuk bisa sepenuhnya menghindari menghirup udara yang penuh polusi, setidaknya kamu bisa berupaya untuk memberi kesempatan bagi paru-paru kamu untuk sesekali menghirup udara bersih, dengan berlibur ketempat-tempat yang memiliki udara bersih.

Berikut 4 gejala yang menunjukkan bahwa paru-paru kamu mulai bermasalah:

  • Batuk

Batuk merupakan indikasi dari berbagai penyakit, mulai dari yang sederhana seperti pilek, maupun yang lebih parah seperti kanker paru-paru.

Jika kamu merasa baik-baik saja tapi sering batuk tanpa ada gejala lain yang menyertainya, bisa jadi hal itu terjadi karena paru-paru kamu sudah terlalu banyak menghirup udara yang bercampur polusi.

  • Sesak Napas

Sesak napas biasanya disebabkan oleh masalah jantung dan paru-paru, seperti asma dan alergi. Kalau kamu mulai sering mengalami sesak napas ketika beraktivitas, berarti sudah waktunya kamu berlibur untuk menghirup udara segar.

Namun jika setelah menghindari polusi kamu masih sering mengalami sesak napas, segera hubungi dokter untuk mengantisipasi kemungkinan adanya masalah yang lebih serius dengan paru-parumu.

  • Mata dan Kulit yang Berwarna Kekuningan (Jaundice)

Meskipun bisa jadi bukan indikasi masalah kesehatan yang berat, mata dan kulit yang berwarna kekuningan bisa disebabkan oleh masalah ginjal yang disebabkan oleh kanker paru-paru. Segera periksakan ke dokter!

  • Tidak Berenergi

Merasa lelah sesekali merupakan hal yang wajar. Kesibukan sehari-hari yang menyita waktu dan tenaga, ditambah dengan kurangnya waktu beristirahat bisa membuat kita cepat lelah.

Namun kamu perlu waspada jika kamu terus menerus merasa tidak berenergi untuk melakukan aktivitas sehari-hari, apalagi jika kamu terus menerus batuk, kehilangan nafsu makan dan berat badan tanpa diet dan olahraga. Hal- hal tersebut bisa menjadi pertanda adanya penyakit yang lebih serius, terutama di bagian paru-paru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here