4 Tips Menjaga Bentuk Tubuh Usai Lebaran

0

Saat Lebaran, siapapun sulit menolak ketupat yang dikombinasi dengan opor ayam, rendang, ataupun semur hingga makanan dan minuman serba manis. Biasanya orang-orang ketika momen Lebaran selalu digunakan untuk cheating day atau tidak begitu peduli dengan bentuk tubuh bahkan kesehatan.

Tak hanya itu, asyiknya berkumpul dengan sanak saudara membuat kamu pun tak habis-habisnya menghabisi kue-kue Lebaran. Hal itu pun bisa membuat berat badan kamu menjadi meningkat dan bentuk tubuh kamu tak proporsional lagi.

Maka dari itu, setelah Lebaran harus cari cara untuk mengembalikan bentuk tubuh kamu seperti semula. Memang bisa? Ya bisa dong, pakai empat (4) cara ini supaya tubuh kamu ideal atau seperti yang kamu mau.

  • Rutin Olahraga

Cara pertama adalah rutin berolahraga. Setelah melewati masa Lebaran, jadwalkan diri kamu untuk tetap berolahraga seperti jogging, angkat beban, senam, squat, sit up atau bisa bermain basket dengan teman-teman kamu. Adanya pergerakan dari seluruh tubuh bisa membantu untuk mengurangi lemak jahat yang terpendam.

Selain itu, aktifitas olahraga ini juga bisa megencangkan otot serta menjaga metabolisme tubuh. Nggak hanya berguna bagi tubuh, sistem peredaran darah kamu pun lancar sehingga nggak mudah sakit. Yuk list waktu olahraga kamu, bisa kamu lakukan tiga (3) kali dalam seminggu.

  • Perbanyak Makan Sayur

Nah, setelah sering kali mengonsumsi makanan yang mengandung lemak dan santan, kamu wajib menyeimbangkan dengan cara perbanyak makan sayur-sayuran. Brokoli, bayam, sawi, salada, tauge, dan lainnya.  Sayur-sayur itu bisa dimasak dengan cara ditumis atau direbus, bahkan ada pula yang dimakan mentah misalnya salada.

Selain ditumis pun kamu bisa menambahkan saus kacang, saus mayonaise hingga saus mastard untuk menambah nafsu makan. Bagi kamu yang nggak suka sayur, sebagai alternatifnya, sayuran itu bisa dibikin seperti jus dan dicampur buah agar nikmat.

  • Konsumsi Buah-buahan

Selain sayur, buah pun tetap menjadi pilihan masyarakat untuk menjaga tubuh yang ideal. Buah apapun boleh kamu konsumsi, lho. Jeruk, pepaya, apel, alpukat, bengkuang, jambu adalah contoh menu buah yang dapat kamu konsumsi.

Buah-buah yang kaya akan serat biasanya membuat kenyang lebih lama, terlebih lagi supaya mnghindarkan tubuh dari keinginan mengonsumsi makan-makanan yang mengandung gula seperti kue-kue kering atau jajanan lain.

  • Hindari Makanan Berlemak dan Santan

Pilihlah makanan dan camilan yang sehat yang tak mengandung lemak dan juga santan. Ganti makanan protein dari daging menjadi ikan dan dimasaknya pun tak menggunakan santan, bisa diganti dengan cara digoreng atau dibuat sup.

Mengonsumsi makanan yang rendah lemak, bisa mengurangi kolestrol dan risiko obesitas juga, lho. Makanan ini sangat baik untuk tubuh kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here