Jangan Khawatir Moms, Ini 4 Cara Mencegah Hepatitis Pada Anak

0

Tiga anak di Indonesia saat ini dikabarkan meninggal dunia akibat terserang penyakit hepatitis misterius. Penyakit hepatitis akut itu pun belum diketahui secara pasti penyebabnya. Pasalnya, pada anak-anak penyakit hepatitis ini jarang ditemukan dan virus yang menjadi penyebab umum peradangan hati itu tidak terdeteksi.

Dikutip dari Halodoc, hepatitis akut ini memang sudah terjangkit di berbagai negara serta menyerang anak-anak yang berusia satu (1) bulan hingga 16 tahun. Adanya kabar ini tetap meresahkan bagi para orang tua yang memiliki anak-anak. Tak perlu resah dan khawatir Moms, namun tetap harus wasapada. Adapun berbagai cara mencegah hepatitis pada anak, berikut langkah yang harus kalian ikuti. *

  • Konsumsi Air Bersih dan Matang

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), hepatitis bisa menular dan terserang lewat air yang terkontaminasi. Maka dari itu air minum yang dikonsumsi dalam sehari-hari harus diperhatikan oleh para orang tua.

Air yang diminum harus dipastikan matang sehingga kuman dan bakteri yang ada di dalamnya mati. Disarankan air itu dimasak hingga mendidih agar aman serta layak dikonsumsi oleh semua kalangan, terlebih anak kecil.

  • Makan Makanan Matang

Saat ini memang ada beberapa makanan dalan kondisi mentah yang lezat untuk dimakan seperti, sushi, lalapan hingga seafood. Nyatanya, makanan mentah itu bisa menularkan hepatitis juga lho Moms. Apapun makanan yang dikonsumsi harus keadaan matang sehingga dapat terhindari dari hepatitis.

Berilah makanan sehat yang sudah dimasak oleh para orang tua untuk anak-anak. Kalau dimasak sendiri, ibu-ibu jadi tahu juga kadar gizi yang baik untuk kembang Si Kecil. Jadi, sebaiknya jangan jajan sembarangan ya.

  • Gunakan Alat Makan Pribadi

Selain makanan dan minuman yang matang, menggunakan alat makan sendiri itu juga penting lho untuk kesehatan. Virus hepatitis juga dipercaya bisa ditularkan melalui mulut sehingga sebaiknya membawa peralatan makan pribadi.

Nggak perlu bingung, sekarang alat makan pribadi juga dijual di toko-toko online dan murah meriah. Jadi apabila, kamu berpergian, bawalah alat makan seperti sendok, garpu, pisau dan sumpit di dalam tas kamu agar terhindar dari hal yang tak diinginkan.

  • Wajib Mencuci Tangan

Cara mudah yang paling lakukan adalah mencuci tangan. Hal ini juga wajib diaplikasikan oleh semua kalangan bukan anak kecil saja. Apalagi, kalau kamu naik kendaraan umum yang di mana sering memegang sarana transportasi secara tidak sadar.

Sering-sering mencuci tangan secara rutin agar terhindar dari virus hepatitis. Penyakit ini pun bisa tertular akibat tangan kamu menempel di tempat-tempat umum. Sebelum makan juga, wajib mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here