Hindari Melakukan 4 Hal Ini Jika Ingin Punya Waktu Tidur yang Berkualitas!

0
sleeping
Sumber foto: Pinterest

Apakah kamu sering merasa lelah sepanjang hari karena mengalami susah tidur? Apakah kamu sulit untuk berkonsentrasi dan merasa tidak berenergi?

Kalau iya, kamu harus segera mengubah kebiasaan buruk yang mungkin kamu lakukan dan bisa menjadi penyebab kamu tidak memiliki kualitas tidur yang baik.

Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu hindari supaya kamu bisa memiliki tidur yang berkualitas:

  • Tidur dalam keadaan lapar

Sebaiknya jangan mengonsumsi makanan selama minimal 2 jam sebelum tidur. Akan tetapi, tidur dalam keadaan lapar juga tidak baik untuk kesehatan.

Hal ini disebabkan ketika tubuh dalam kondisi cukup makanan dan nutrisi, kadar insulin dalam darah meningkat, dan mengakibatkan peningkatan produksi serotonin yang bisa menambah kualitas tidur.

  • Tidur di siang hari

Orang dewasa yang sehat tidak membutuhkan waktu tidur di siang hari. Jika kamu tertidur di siang hari, hal ini bisa mengganggu jadwal dan kualitas tidur kamu di malam harinya.

Kalau kamu merasa ngantuk di siang hari, coba untuk berjalan selama beberapa menit dan meregangkan tubuh.

Oksigen akan mengalir di darah dan sirkulasinya juga akan meningkat sehingga kamu tidak merasa ngantuk dan lemas lagi.

  • Kamar berantakan

Otak merekam banyak hal. Ketika otak merekam keadaan kamar yang berantakan, tidur kamu juga akan ikut berantakan. Artinya kamu akan cenderung merasa lebih gelisah dan tidur tidak nyenyak.

Kamar yang penuh debu dan barang juga bisa membuat kamu terbangun karena terbatuk-batuk di malam hari, karena kamu menghirup debu yang ada di dalam kamar.

Bersihkan kamar secara teratur dari debu dan barang-barang yang menumpuk supaya tidur kamu lebih nyaman dan berkualitas

  • Posisi tidur yang salah

Setiap orang punya posisi tidur favorit, tapi tidak semua posisi tidur baik untuk kualitas tidur kita.  Kita akan tidur lebih nyaman dengan posisi terlentang.

Sementara itu, posisi tidur yang paling buruk untuk kesehatan adalah posisis tengkurap, karena tulang belakang dan otot-otot tidak relaks, bagian dada juga akan tertekan sehingga menyulitkan ketika bernapas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here