Home Film-TV-Musik Dukun Indonesia Go International, Jadi Peran Kunci dalam Film Korea The Cursed:...

Dukun Indonesia Go International, Jadi Peran Kunci dalam Film Korea The Cursed: Dead’s Man Pray

1

Saat ini sedang viral di dunia maya penampakan dukun asal Indonesia yang menjadi faktor kunci dalam film thriller supernatural terbaru yang tayang di bioskop Korea Selatan mulai tanggal 28 Juli 2021.

Film yang disutradarai oleh Kim Yong Wan ini merupakan spin-off dari serial drama tvN berjudul The Cursed yang tampil di layar kaca pada tahun 2020. Masih dengan bintang yang sama, Uhm Ji Won dan Jung Ji So, film yang skenarionya ditulis oleh Yeon Sang Ho ini bercerita tentang seorang gadis, yang mengejar kebenaran dari sebuah insiden, di mana pelaku dari kasus pembunuhan berantai yang aneh ternyata adalah mayat yang dihidupkan kembali.

Tidak disangka – sangka, ternyata sang penulis naskah terinspirasi dari budaya perdukunan di Indonesia, sebagaimana dikutip dari wawancara dengan KoreaJoongDaily. Kisah film tersebut terpusat pada seorang dukun yang mengendalikan mayat sebagai alat balas dendam.

Yeon Sang Ho yang juga terkenal sebagai sutradara film Train to Busan mengungkapkan risetnya mengenai budaya mistis di Indonesia, “Saya menemukan jaechaui, monster dengan tangan dan kaki hitam dingin yang muncul dalam cerita rakyat tradisional Korea dan saya juga menemukan informasi tentang dukun.”

“Saya membayangkan bahwa menghubungkan keduanya dapat membawa pengalaman baru bagi penonton, bertemu dengan makhluk yang sangat Asia,” paparnya dalam sesi jumpa pers peluncuran The Cursed: Dead’s Man Pray pada tanggal 27 Juli.

Sutradara Kim Yong Wan menambahkan, “Tidak seperti zombie pada umumnya, jaechaui sangat sulit dibedakan dari orang biasa. Jaechaui adalah mayat bergerak yang tampaknya memiliki kecerdasan. Zombie kami bahkan bisa mengemudi. Ada adegan kejar-kejaran mobil yang mendebarkan di mana saya ingin penonton merasa seperti sedang menaiki roller coaster. Pengejaran jaechaui meningkatkan ketegangan ke level lain.”

Di balik layar pembuatan film The Cursed: Dead’s Man Pray

Peran dukun asal Indonesia yang memegang peran kunci di akhir cerita cukup menarik dan menegangkan namun menimbulkan kesedihan ketika alasannya melakukan aksi balas dendam terkuak.

Menurut jaringan komputer terintegrasi untuk penerimaan bioskop oleh Dewan Film Korea (KoFiC), film ini berada di posisi ke-4 box office Korea dengan mengumpulkan 28.544 penonton pada hari pembukaannya dan berada di peringkat ke-11 di antara semua film Korea yang dirilis pada tahun 2021, dengan pendapatan kotor US$1,31 juta atau setara Rp 14,7 Milyar dan 171.681 penerimaan, per 19 Agustus 2021.

Tertarik menonton? Sayangnya, sampai dengan saat ini The Cursed: Dead’s Man Pray baru dapat disaksikan di tayangan televisi kabel per tanggal 12 Agustus 2021. Kita tunggu salah satu layanan  online streaming untuk segera membeli hak siarnya. Gak sabar tentunya menonton film Korea dengan sentuhan gaib ala Indonesia di dalamnya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here