Drama Korea Extraordinary Attorney Woo Viral Hingga Membuat Netizen Tertampar

0
park eun bin
Kredit: Netflix

Sebuah drama Korea terbaru yang mengusung karakter dalam sosok perempuan berkebutuhan khusus saat ini tengah viral dan menjadi sorotan. Mengambil judul Extraordinary Attorney Woo, serial yang ditayangkan oleh stasiun TV baru ENA ini sukses mencuri perhatian pemirsa dengan kualitas akting para pemain yang mempesona ditambah pencitraan hasil computer yang luar biasa.   

Drama yang dibintangi aktris berbakat Park Eun Bin sebagai pengacara bernama Woo Young Woo ini menjadi viral karena kisahnya yang mengharukan tentang seorang pengacara dengan autisme.

Episode pertama Extraordinary Attorney Woo hanya berhasil memperoleh rating pemirsa sebesar 0,8%. Namun pemirsa yang melihat episode tersebut langsung jatuh cinta dengan pengacara yang sangat luar biasa Woo Young Woo.

Sejak itu, hanya dalam waktu dua minggu ratingnya melonjak hingga mencapai angka 5,2% di episode keempatnya.

Drama ini dipuji karena penggambarannya yang sangat rinci tentang bagaimana rasanya berada di spektrum autisme.

Akting luar biasa Park Eun Bin sebagai pengacara dengan spektrum autisme di Extraordinary Attorney Woo ditunjang dengan pencitraan hasil computer yang mumpuni / Kredit: Netflix

Tidak hanya hangat, lucu, dan tulus, tetapi serial berlatar hukum ini juga menyoroti prasangka sosial terhadap mereka yang lahir dengan disabilitas.

Melalui Woo Young Woo, pemirsa dapat belajar tentang mereka yang memiliki spektrum autisme, tetapi yang lebih penting, penonton diajak untuk belajar tentang dirinya sendiri.

Dalam salah satu adegan yang sangat kuat pada episode ketiga drama tersebut, netizen merasa malu dengan beberapa komentar yang pernah mereka tulis di masa lalu. Dalam episode yang ditayangkan pada tanggal 6 Juli, Extraordinary Attorney Woo mengkaji masalah prasangka sosial yang ada terhadap mereka yang berkebutuhan khusus.

Drama ini menggambarkan pandangan serius dan jujur ​​tentang bagaimana khalayak, khususnya Korea memperlakukan mereka yang memiliki kekurangan.

Dalam episode tersebut, pengacara Woo menghadapi klien yang juga memiliki spektrum autisme. Klien telah didakwa dengan pembunuhan karena menyerang kakak laki-lakinya yang mabuk dan melukainya secara fatal.

Episode itu kemudian menunjukkan adegan di mana Woo Young Woo menonton klip berita pembunuhan. Pembawa berita mengungkapkan penyesalannya yang menyatakan bahwa almarhum adalah seorang mahasiswa kedokteran di Sekolah Kedokteran Universitas Seoul yang bergengsi dan telah menerima nilai sempurna dalam ujian masuk perguruan tinggi.

Woo Young Woo kemudian membaca komentar di bawah klip berita di mana netizen menulis komentar kebencian.

“Seorang mahasiswa kedokteran meninggal, dan seseorang yang cacat tetap hidup. Bukankah ini kerugian bagi seluruh negeri?”

“Dia mungkin akan menyalahkan kecacatannya dan dinyatakan tidak bersalah. Di Korea, orang berkebutuhan khusus bisa lolos dari pembunuhan.”

Komentar lain juga sama, dipenuhi dengan kebencian.

“Orang disabilitas tahu benar dan salah. Kirim dia ke penjara.”

“Ada orang disabilitas yang tinggal di apartemen saya, dan saya takut setiap kali dia naik lift bersama saya.”

“Kamu tidak bisa membiarkan orang-orang ini lolos begitu saja. Kali ini, hukum mereka.”

Para penonton drama ini pun berkomentar, menyatakan rasanya seperti Extraordinary Attorney Woo menampar wajah mereka dan memaksa untuk menyorongkan cermin ke wajah masyarakat.

“Masyarakat kita sama… Masuklah ke komunitas [online] mana pun, dan Anda akan melihat komentar yang meremehkan tentang mereka yang kurang beruntung di mana-mana… Bahkan di komunitas perguruan tinggi, siswa menunjukkan prasangka terhadap jurusan atau latar belakang siswa tertentu. Inilah realita negara kita.” ungkap salah seorang Netizen, sebagaimana dilansir melalui Koreaboo.

Komentar lainnya mengatakan, “Saya merasa benar-benar ada komentar seperti itu . Komennya realistis sekali.”

Netizen menulis tentang betapa mendalamnya episode itu dan melihat kembali perilaku masa lalu mereka dan prasangka mereka sendiri terhadap orang lain.

“Setelah menyaksikan Woo Young Woo, saya berpikir keras… Jika ada artikel seperti itu, meskipun saya tidak menulisnya sendiri, saya mungkin telah membaca artikel yang memikirkan pemikiran itu…” ujar Netizen lainnya.

Extraordinary Attorney Woo tayang perdana pada 29 Juni 2022 setiap Rabu dan Kamis pukul 9 malam waktu Korea. Selain itu, drama ini juga tersedia di platform layanan streaming Netflix.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here