Berat Badan Masih Naik Padahal Sudah Diet dan Olahraga Rutin? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

0
berat badan
Kalau kamu merasa sudah berusaha mati-matian untuk olahraga dan diet maksimal dengan menghitung jumlah asupan kalori dan nilai gizi yang masuk ke dalam tubuh, namun upaya yang kamu lakukan belum menunjukkan hasil maksimal, jangan putus asa dulu.

Bisa jadi penyebab berat badan kamu belum turun adalah karena beberapa faktor. Apa saja mereka? Simak yuk lebih jelasnya di bawah ini!

Perubahan hormon

Selama hidupnya, tubuh perempuan akan terus mengalami perubahan hormon yang mempersiapkan mereka untuk menghadapi fase-fase yang berbeda seiring dengan pertambahan usia, seperti pubertas, masa kehamilan, melahirkan anak dan menopause.

Seluruh proses tersebut akan mempengaruhi metabolisme tubuh dan terkadang bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Makan terlalu banyak buah-buahan

Meskipun buah-buahan merupakan makanan sehat yang harus dikonsumsi secara rutin, perlu diingat bahwa beberapa tipe buah-buahan tertentu memiliki tingkat kalori dan gula yang tinggi.

Selain itu, setiap jenis buah-buahan memiliki nilai gizi yang berbeda. Konsumsi apel hijau, delima, anggur dan nanas jika ingin mengkonsumsi buah-buahan rendah kalori.

Masalah kesehatan

Kenaikan berat badan dapat diakibatkan beberapa masalah, diantaranya adalah terdapatnya racun di dalam usus, konstipasi, kista di rahim yang meningkatkan produksi hormon laki-laki, masalah pada kelenjar tiroid dan masih banyak lainnya.

Jika kamu kesulitan menurunkan berat badan, periksa kondisi kesehatan kamu secara menyeluruh untuk memastikan adanya kemungkinan kamu mengidap masalah kesehatan tertentu yang bisa mengakibatkan kenaikan berat badan meski rutin berdiet dan rajin olahraga.

Kurang tidur

Ternyata tidur yang tidak cukup dapat mengakibatkan kenaikan berat badan. Menurut riset yang dilakukan oleh perusahaan Amerika, Mayo Clinic, orang-orang yang tidur tidak lebih dari 6 jam setiap harinya mengalami kenaikan berat badan sebanyak sekitar 5 kg setiap tahunnya dibandingkan mereka yang tidur selama 7 jam perhari.

Kalau kamu susah menurunkan berat badan atau malah mengalami kenaikan berat badan padahal sudah diet dan rajin olahraga, bisa jadi kamu mengalami masalah-masalah diatas.  Segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui problem apa yang menimpa dirimu ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here