Keliling Dunia di Masa Pandemi? Siapa Takut?!

Bro and sis, bagaimana kabar kalian selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)? PPKM per level diperpanjang sampai tanggal 20 September 2021. Nah, kira – kira apalagi yang harus dilakukan untuk mengisi waktu senggang? Bagi yang suka travelling, kaki ini rasanya sudah gatal ingin jalan – jalan. Apalagi kalau bisa keliling dunia. Tapi apa daya, suasana masih belum memungkinkan. Tiba – tiba terbersit dalam pikiran saya, ada gak sih cara untuk keliling dunia di masa pandemi, terlebih dengan berlakunya PPKM?

Ternyata walaupun masih dalam kondisi pandemi, kalian masih tetap bisa keliling dunia lho. Caranya? Video virtual 360 derajat adalah jawabannya. Tapi apa itu video virtual 360 derajat? Video virtual 360 derajat adalah video yang dibuat dengan sistem kamera yang dapat merekam seluruh pemandangan dari berbagai sudut. Dengan menggunakan video 360 derajat, rasanya seolah-seolah sedang berada di lokasi yang diinginkan dan bisa berkeliling dunia dengan rentang visual yang lebih luas dari biasa nya.

Untuk membuktikannya, saya pun mencobanya. Dalam waktu kurang dari 6 jam, saya sudah bisa berkeliling ke tiga kota ternama di dunia. Pertama, mengunjungi Menara Eiffel di Paris. Kedua, mengunjungi La Rambla di Barcelona. Dan ketiga, menikmati indahnya kota Venesia di Italia.

Menara Eiffel

Saat mengunjungi Menara Eiffel melalui video 360 derajat ini, kalian bisa menikmati pemandangan kota Paris yang merupakan ibukota negara Prancis tanpa harus hadir secara fisik di lokasi. Kemudian menjelajahi menara yang terkenal itu mulai dari lantai dua sampai puncak menara. Kalau kalian arahkan 360 derajat ini maka akan terlihat lokasi di sekitar menara. Seperti Sungai Seine, Arc de Triomphe dan Notre Dame dari kejauhan. Yang pasti kurang dari satu jam kalian sudah mengelilingi kota Paris dari Menara Eiffel.

La Rambla

Perjalanan keliling dunia bisa kalian teruskan ke kota kedua dengan menjelajahi La Rambla. La Rambla berada di Barcelona, yang merupakan markas dari klub sepak bola ternama yang baru saja melepaskan salah satu pemain sepak bola terbaiknya, Lionel Messi, FC Barcelona. Tempat ini sangat menarik untuk kalian telusuri. Ada pemandangan yang berbeda saat masa pandemic berlangsung. Agak sepi namun tetap menarik untuk dikunjungi secara virtual. La Rambla membentang sepanjang 1.3 km dari alun-alun Plaza Catalunya sampai ke Port Vell, pelabuhan lama Barcelona. Menyusuri La Rambla hanya memerlukan waktu kurang dari satu jam.  

Venesia

Terakhir kalian bisa mengunjungi Venesia. Kota Venesia yang ada di negara Italia ini juga menarik untuk dikunjungi. Kalian bisa melihat bagaimana penduduk disana sangat menikmati kota di atas airnya.  Melalui teknologi yang ada, kita bisa merasakan gimana rasanya naik gondola. Gondola merupakan sarana transportasi utama di Venesia sejak lama. Dan saat ini masih digunakan dan berperan penting dalam sistem transportasi mereka.

Nah, akhir nya kurang dari setengah hari kalian sudah berkeliling dunia di masa PPKM ini. Jadi tidak bosan kan walaupun harus tetap di rumah selama PPKM ini? Banyak yang bisa kalian lakukan secara virtual. Sampai ketemu di kota-kota lain yang menarik ya bro and sis. Siapa tau kalian bisa ketemu dengan aktor dan artis kesayangan. (faNdra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here