4 Tips Menjaga Kerjasama Tim Saat WFH

0

Masih tetap ada cerita di seputaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Selama PPKM berlaku, banyak orang yang masih bekerja dari rumah alias Work From Home (WFH). Di depan layar laptop kalian mendengarkan diskusi antara atasan dan karyawan, antara sesama karyawan atau bisa juga dengan teman satu unit dan beda unit. Bahkan bisa juga mendengarkan seminar atau webinar lainnya.

Nah, pernah engga kalian mengalami hal seperti saya? Lagi diskusi melalui teknologi digital yang biasa kalian lakukan selama WFH, tiba-tiba tanpa sadar nada  suara kalian meninggi. Teman-teman atau peserta diskusi yang aktif mendengarkan langsung mengira ada kejadian yang kurang mengenakkan. Padahal kalau pertemuan dilakukan secara tatap muka, dengan adanya eye contact atau bahasa tubuh mungkin kejadian suara yang meninggi itu tidak akan terjadi. Kalau kejadian ini berulang lagi, takut juga kan kerja sama dengan tim kalian menjadi terganggu?

Sebetul nya apa sih kerja sama tim itu? Kerja sama tim adalah cara bekerja yang kreatif dengan komunikasi yang baik dan kemampuan yang maksimal untuk memecahkan persoalan yang dihadapi bersama-sama.

Pemecahan suatu permasalahan akan lebih mudah apabila dilakukan secara tatap muka. Namun, karena kalian sedang bekerja dari rumah maka kalian harus lebih ekstra hati-hati saat melakukan kerja sama tim. Bekerja dari rumah sering membuat kita jadi loss contact atau tidak terhubung dengan lawan bicara. Jadi kerja sama tim yang efektif selama WFH harus selalu dijaga. Bagaimana menjaganya? Simak yuk tipsnya, lewat penuturan dibawah ini!

Pertama sebagai pemimpin kalian harus bertindak sebagai pencatat alias notulen. Kalian musti cermat mencatat atau mendokumentasikan tantangan-tantangan dari tim saat bekerja jarak jauh. Saat diskusi, sangat penting untuk mengkomunikasikan dengan bahasa yang baik dan jelas ditangkap oleh yang lainnya. Kuncinya tentu nya keterbukaan antar anggota tim.

Kedua, bekerja di depan layar laptop berjam-jam tentu nya bukan hal yang mudah. Mata harus fokus dan tertuju ke depan layar. Bisa jadi anggota tim kalian akan merasa lelah dan otot leher menjadi tegang. Sebagai pemimpin kalian bisa menunjuk salah satu anggota tim untuk sekali-kali melakukan workouts alias menampilkan gerakan-gerakan atau aktivitas untuk memelihara kebugaran tubuh sebelum pelaksanaan diskusi panjang.

Ketiga, lebih ekstra hati-hati saat berbicara. Perhatikan nada bicara dan pilihan kata yang cermat untuk digunakan saat diskusi melalui tatap maya. Pilihan kata dan nada bicara akan menentukan keberhasilan dalam memecahkan persoalan.Kuncinya tentu saja komunikasi yang baik harus selalu diperhatikan.

Keempat, sebagai pemimpin tentunya dapat melihat walaupun bekerja dari rumah namun tim kalian harus tetap memperlihatkan produktivitasnya. Jadi, berikan apresiasi yang sepatutnya kepada seluruh anggota tim. Seperti memberikan ucapan terima kasih saat diskusi tatap maya berlangsung. Atau bisa juga membuat video unik yang merepresentasikan capaian keberhasilan tim kalian.

Nah, itu tadi sekilas strategi menjaga kerja sama tim saat WFH. Semoga bermanfaat dan tetap semangat yamenghadapi masa pandemi ini! (faNdra)

(berbagai sumber)          

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here