4 Cara Mudah Mengatasi Rekan Kerja Toksik dan Menghindari Konflik

0
working
Sumber foto: Pinterest

Studi membuktikan bahwa berada diantara orang-orang toksik di tempat kerja bisa mengarah ke depresi, rasa cemas berlebihan dan insomnia.

Hal-hal tersebut tentunya bisa berakibat buruk terhadap kesehatan fisik dan mental kita. Kalau kamu kebetulan harus berhadapan dengan orang-orang toksik di lingkungan kerja, berikut beberapa tips untuk menghadapinya sebagaimana dilansir dari laman Studentguide.

  • Jangan terbawa perasaan negatif

Meskipun sulit, usahakan supaya kamu tidak terbawa dengan sikap negatif mereka dan ikut-ikutan menjadi toksik. Kenapa? Karena hal ini hanya akan memperkeruh suasana, dan membuat kamu bersikap sama buruknya dengan mereka.

Hindari berinteraksi dengan rekan kerja diluar urusan kantor, lakukan hanya seperlunya saja. Kalau kamu jadi korban, segera alihkan konsentrasi kamu ke hal-hal positif untuk membuat mood kamu baik kembali.

  • Berani bilang tidak

Salah satu sifat dari orang-orang toksik adalah manipulatif. Kalau kamu merasa mereka berusaha memanipulasi kamu, misalnya dengan membuat kamu bekerja lebih banyak, kamu harus berani berkata tidak.

Kamu juga harus bisa membela diri, karena orang-orang toksik bisa saja memfitnah kamu, mencuri ide kamu dan berbagai perbuatan buruk lainnya.

  • Coba untuk membalikkan suasana

Kadang orang melakukan hal-hal toksik karena mereka iri. Kalau kamu merasa ada orang yang jahat pada dirimu karena mereka iri, coba dekati perlahan-lahan.

Siapa tahu kalau kamu berhasil mengetahui akar permasalahan atau alasan mengapa orang tersebut tidak memperlakukan kamu dengan baik, kamu bisa membalikkan suasana dan menjadikan perilaku mereka padamu berubah total menjadi lebih baik.

  • Jaga Jarak

Jaga jarak dan jangan ikut-ikutan bergosip dengan mereka, karena kamu tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi nantinya.

Mereka yang cenderung toksik sulit untuk dipercaya, maka hindari bergosip dengan tipe orang semacam ini karena suatu saat nanti tidak menutup kemungkinan kamu yang akan menjadi bahan gosip.

Berurusan dengan orang-orang toksik di tempat kerja? Coba terapkan tips-tips di atas dan selalu berhati-hati ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here