3 Tips Ampuh Hilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

0
woman no speak
Kredit foto: Freepik

Saat menjalankan ibadah puasa ada beberapa hal yang menganggu dari dalam diri kita, salah satunya adalah bau mulut. Dilansir dari Halodoc, bau mulut disebabkan karena mulut kita kering karena saat berpuasa tidak mengonsumsi makanan dan minuman, sehingga tidak ada kunyahan yang diproses oleh mulut dan lidah.

Berkat adanya kunyahan tersebut, air liur akan keluar secara otomatis karena dengan mengonsumsi makanan dan minuman dapat membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di rongga mulut.

Nah, terkadang bau mulut yang kurang sedap inilah yang menjadikan kita tidak percaya diri ketika berbicara dengan seseorang. Nggak perlu khawatir, bau mulut bisa dicegah dengan beberapa hal. Simak tips berikut yang bisa kamu ikuti!

  • Menggosok Gigi

Cara pertama adalah menggosok gigi. Menggosok gigi setelah sahur dapat mencegah bau mulut yang kurang sedap setelah seharian beraktivitas. Gosoklah gigi kamu secara keseluruhan tanpa tertinggal satu pun.

Teknik gosok gigi yang benar bisa membersihkan seluruh sisa-sisa makanan yang kamu konsumsi. Lakukan juga hal ini setelah berbuka puasa dan sebelum tidur. Sehingga kamu makin percaya diri dan menambah semangat dalam bekerja.

  • Bersihkan Lidah

Setelah menggosok gigi, jangan lupa untuk membersihkan lidah kamu. Membersihkan lidah juga bisa dilakukan ketika menggosok gigi. Hal ini wajib dilakukan karena lidah adalah salah satu sarang bakteri yang menyebabkan bau mulut kurang sedap.

Membersihkan lidah ini pun bisa menggunakan alat. Pastikan alat yang kamu pakai, sudah bersih dan higienis sehingga manfaatnya bisa kamu rasakan.

  •  Gunakan Mouthwash

Setelah menggosok gigi dengan teknik yang benar, kamu bisa gunakan pembersih mulut atau lebih dikenal dengan sebutan mouthwash. Mouthwash yang dijual dalam berbagai merk ini bisa kamu dapatkan di supermarket atau apotek. Walaupun berbeda merek namun tetap memiliki fungsi yang sama. Kumur-kumur dengan mouthwash berguna untuk menyegarkan mulut dan lidah kamu serta membersihkan sisa-sisa makanan yang tidak terjangkau saat menyikat gigi.

Selain itu, mouthwash bisa membunuh bakteri yang tertinggal di daerah mulut kamu. Apabila, kamu ingin menggunakan bahan yang ada di rumah, kamu bisa gunakan air dan garam. Air garam juga berfungsi untuk menghilangkan bakteri serta mencegah bau mulut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here