Waspada! 4 Tanda Ini Mengindikasikan Tubuh Kelebihan Cairan

0
wanita berpikir

Tubuh kita sangat membutuhkan cairan, bahkan air merupakan bagian terbesar dari tubuh. Akan tetapi terkadang tubuh menerima kelebihan cairan yang berbahaya bagi kesehatan.

Dilansir dari laman Healthwere, berikut adalah 4 tanda yang mengindikasikan bahwa tubuh mengalami kelebihan cairan yang patut diwaspadai :

1. Bengkak di Kaki dan Mata Kaki

Duduk atau berdiri seharian tanpa banyak bergerak bisa membuat kaki dan mata kaki mengalami pembengkakan. Hal ini bisa diperparah dengan penggunaan sepatu hak tinggi.

Untuk menghindari bengkak karena kelebihan air di area tersebut karena duduk atau berdiri terlalu lama, kamu perlu menggunakan sepatu yang nyaman untuk beraktivitas. Selain itu, pastikan untuk sesekali mengangkat kaki selama duduk dan istirahat serta berjalan kaki sebentar untuk memperlancar peredaran darah

2. Perut Membuncit dan Terasa Berat

Perut yang terasa lebih besar dan berat bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti menstruasi, terapi hormon dan sebagainya.

Dalam kondisi ini, massa air menjadi lebih banyak di area perut tersbeut sehingga terasa berat dan terlihat lebih besar.

Jika hal ini disertai dengan rasa sakit atau gejala-gejala lain yang membuat kamu merasa tidak nyaman, segera konsultasikan ke dokter.

3. Mata dan Wajah Bengkak

Kalau kamu merasakan adanya pembengkakan di area wajah, terutama disekitar mata, periksa diet kamu! Apa jenis makanan yang kamu makan?

Jika kamu punya alergi tertentu, dan tanpa sadar kamu mengonsumsi sesuatu yang memicu alergi, hal ini akan memunculkan ketidakseimbangan di kadar air dalam tubuh yang menimbulkan bengkak. Selain itu jika kamu makan makanan yang mengandung terlalu banyak garam juga bisa menyebabkan bengkak di area wajah.

4. Nyeri di Perut dan Dada

Salah satu tanda tubuh kelebihan cairan adalah nyeri di daerah perut dan dada, yang juga diikuti gejala lain seperti sesak napas, gampang pusing dan lemas, serta denyut jantung yang lebih cepat.

Segera hubungi dokter jika kondisi berlarut-larut, karena bisa jadi kamu punya masalah dengan jantung.

Jangan sepelekan gejala-gejala tersebut ya ladies, segera memeriksakan diri dokter kalau kondisi yang kamu alami tersebut tidak hilang setelah beberapa hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here