Tips Diet Paling Tepat Berdasarkan Usia

0
woman eating
Kredit foto: Creative Market

Salah satu penyebab kita sulit untuk berdiet dan gagal untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengikuti diet-diet tertentu yang ternyata tidak cocok untuk kita.

Mengatur pola makan dan asupan gizi saja ternyata tidak cukup. Kita juga harus mempertimbangkan faktor usia dalam berdiet, karena sistem metabolism tubuh akan berbeda seiring dengan bertambahnya usia.

Berikut ini adalah tipe diet yang tepat bagi kita berdasarkan umur:

Usia 20an

Di umur ini, kemungkinan kita masih suka mengkonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat. Mulai perbaiki diet yang tidak sehat ini dari sekarang.

Kurangi makanan berlemak dan mulai mengkonsumsi makanan yang kaya akan lemak omega 3 dan folic acids seperti sayur-sayuran hijau, roti, pasta, kacang-kacangan, salmon dan sebagainya

Usia 30an

Di usia ini, tubuh mulai mengalami banyak perubahan, oleh karena itu kita disarankan untuk rajin mengonsumsi makanan yang bisa memperkuat otot dan tulang. Konsumsi diet yang kaya protein seperti telur, biji-bijian, kacang-kacangan, susu dan yoghurt

Di Usia 40an

Di usia ini, sistem metabolism tubuh akan menurun, dan kadar gula akan lebih sukar dikendalikan. Oleh karena itu, perbanyak makan serat yang terkandung di makanan seperti brokoli, kentang dan biji-bijian utuh, produk-produk susu tanpa lemak dan banyak buah-buahan dan sayuran.

Diatas usia 50 tahun

Di usia ini, perbanyak makan makanan yang bisa memperlambat proses penuaan fungsi-fungsi organ tubuh seperti alpukat, brokoli, blueberry, bayam dan apel, yang juga bisa menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi resiko diabetes.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here