Terbongkar Kunci Sukses Air Mata di Ujung Sajadah Hingga Bisa Menyaingi The Nun II

Tak ada yang menyangka, film Air Mata di Ujung Sajadah meraih sukses besar. Hingga hari ke-12 penayangan, film yang diproduseri Nafa Urbach dan Ronny Irawan sukses menyerap lebih dari 1,2 juta penonton. 

Kesuksesan yang tentu tidak disangka-sangka sebelumnya oleh sang produser yang juga penyanyi Nafa Urbach. Bagaimana tidak. Hari pertama tayang saja, film ini diputar di 195 bioskop di seluruh Indonesia dengan jumlah pertunjukan kurang dari 1.000 kali. Selasa (19/9) ini angka tersebut naik 3 kali lipat, tepatnya 3.031 kali. 

Menurut Nafa Urbach, salah satu faktor suksesnya Air Mata di Ujung Sajadah adalah fenomena banjir air mata di bioskop, yang diperlihatkan dengan jelas setiap harinya di media sosial baik Instagram, TikTok, dan Facebook. Penonton banyak yang meninggalkan kesan usai nonton film garapan sutradara Key Mangunsong.

“Faktor suksesnya fenomena banjir air mata di bioskop, sih. Juga FOMO (Fear Of Missing Out) dan eforia yang terjadi mengakibatkan mereka berbondong-bondong ingin membuktikan apakah mereka nangis atau enggak,” jelas Nafa Urbach.

“Apakah hati mereka seperti batu atau enggak. Lucu, ya, fenomena ini sampai Pak Sandiaga Uno juga penasaran. Faktor lainnya the power of social media sampai detik ini,” lanjutnya. 

Tidak boleh dilupakan, Air Mata di Ujung Sajadah tak memiliki pesaing berat sesama film Indonesia. Sleep Call yang semula diproyeksi lebih sukses malah keteteran. Pun Aku Tahu Kapan Kamu Mati: Desa Bunuh Diri dan Jomblo Fi Sabilillah, yang jumlah pertunjukannya terus menyusut. Praktis hanya The Nun II yang jumlah pertunjukannya kini dekat dengan Air Mata. 

Dengan jumlah pertunjukan yang bertambah terus setiap harinya, Nafa Urbach optimistis film yang dibintangi oleh Fedi Nuril, Titi Kamal, Citra Kirana, dan Jenny Rachman bisa mencapai 2 juta penonton. Sejauh ini baru 3 film Indonesia di 2023 yang berhasil menyerap 2 juta penonton. 

Tiga film itu adalah Sewu Dino, Waktu Maghrib, dan Suzzanna: Malam Jumat Kliwon. “Perhari penonton naik terus, puji Tuhan. Tapi perjalanan masih panjang. Kita produser (Nafa dan Ronny Irawan) fokus dulu menuju 2 juta penonton. Bisa yukkk. Amiiin, amiin, aminnn,” ucap Nafa yang saat ini sedang kunjungan sinema di Makassar, Sulawesi Selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here