Tanda-Tandanya Anda Memiliki Self Esteem yang Rendah

0
sleeping woman
Kredit: Freepik

Self Esteem adalah sebuah pikiran, perasaan, dan pandangan seseorang atas diri mereka sendiri. Bisa dikatakan, self esteem adalah bagaimana kita menilai atau menghargai diri kita sendiri. Secara psikologis ini sangat penting, karena akan berpengaruh pada prestasi, pada interaksi-interaksi yang kita lakukan di masyarakat, berpengaruh pada capaian-capaian yang kita inginkan, hingga rasa puas dan tidak puas pada diri sendiri.

Self Esteem yang rendah akan menggeret diri kita sendiri—sadar atau tidak sadar—pada keterpurukan, yang lama-lama bisa membahayakan. Jadi, berhati-hatilah, jangan sampai kamu tidak memiliki self esteem yang cukup baik untuk dirimu sendiri. Dikutip dari @katie.self.care. diaries, Ini dia tanda-tandanya kalau kamu memiliki Self Esteem yang rendah, dan cobalah untuk atasi atau menghindarinya.

  • Tak Pernah Bahagia dengan Dirimu Sendiri

Salah satu tandanya adalah, kamu jarang merasa bahagia dengan dirimu sendiri. Kamu merasa dirimu punya kekurangan banyak, ini dan itu, dan kamu merasa tak berdaya, terpuruk. Hingga kamu selalu berusaha mengubah dan mengubah dirimu. Ada saja yang kurang, kamu tak pernah merasa bahagia dengan keberadaanmu sendiri.

  • Kesulitan Menyampaikan Keinginan atau Kebutuhanmu Sesungguhnya

Karena menganggap dirimu sendiri rendah, kamu memiliki kesulitan berkomunikasi dengan orang lain, bahkan itu untuk menyampaikan keinginan dan kebutuhanmu sendiri. Takut salah, takut tak didengar, takut diremehkan, takut tak dipercaya, adalah perasaan yang mengganjal sehingga kamu merasa sulit atau enggan berkomunikasi.

  • Sulit Percaya Pada Orang Lain

Kamu kesulitan untuk mempercayai orang lain. Bahkan, ketika orang memujimu, kamu tidak dapay percaya akan pujian orang tersebut.

  • Tak Bisa Mengambil Keputusan Sendiri

Sudah menganggap dirimu sendiri kurang bernilai, tak berharga, bagaimana bisa mempercayai diri sendiri? Jadi nggak hanya sulit percaya pada orang, kamu juga tidak percaya pada diri sendiri, sehingga susah mengambil  keputusan. Bahkan keputusan-keputusan kecil, kamu merasa takut, kamu tidak tahu apa yang benar-benar kamu inginkan.

  • Merasa Opini atau Pandanganmu Tak Sepenting Orang Lain

Takut mengeluarkan opini atau pandanganmu sendiri, karena takut dianggap nggak penting opininya, tidak seperti orang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here