Staycation di Hotel Bersejarah Penuh Misteri, Berani?

0

Sederet hotel-hotel ini sudah melalui banyak dekade dalam perjalanannya dan  menjadi saksi bisu sejarah yang penuh kenangan. Masih eksis dan beroperasi sampai sekarang, hotel-hotel ini disatu sisi tidak pernah sepi pengunjung tetapi juga menyimpan banyak cerita misteri di dalamnya! Mau menginap dan uji nyali disini, ladies?

Hotel Niagara Malang

Hotel ini berdiri sejak tahun 1900, dirancang arsitek asal Brazil, Fritz Joseph Pinedo, memakan waktu sampai 15 tahun untuk pembangunannya, gokil! Bangunan Hotel bergaya Eropa, Brazil dan Tionghoa, mulai difungsikan sebagai hotel pada tahun 1964. Hotel ini strategis berada tepat di pinggir jalan, di sebelah pasar Lawang dan tidak jauh dari stasiun Lawang. Bernuansa klasik kuno, petugasnya ramah-ramah dengan harga kamar terjangkau tapi bersih dan fasilitas lengkap. Kamarnya luas, ada bathtub, air panas, dan AC, cocok untuk traveler yang butuh tempat untuk singgah semalam atau geng backpacker kamu! Sempat ada kehebohan di sosmed dimana seorang netizen ngeshare pengalaman ketika menginap dan kamarnya di ketok dari luar. Saking viralnya, banyak spekulasi mengatakan itu adalah perempuan Belanda yang dulu bunuh diri di lantai 4. Mulai dari 99 ribu per malam kamu bisa mendapatkan pengalaman menginap yang unik di salah satu bangunan cagar budaya ini. Staycation di Hotel Bersejarah Penuh Misteri, Mau coba?

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta

Kalau kamu pernah ikutan ‘Car Free Day’ tentunya tidak lupa berfoto di Bundaran HI. Gak jauh dari situ ada hotel mewah bintang 5 bersejarah yang sudah ada sejak tahun 1962, didirikan untuk menyambut Asian Games IV. Walaupun sudah berganti manajemen hotel, tetapi pelayanan, kebersihan, prokes dan kenyamanan tetap dapat acungkan jempol dari para tamu. Gak heran kalau Hotel Indonesia masih menjadi tempat staycation favorit keluarga karena punya kamar luas dengan view cantik serta room service yang oke. 

Di masa pandemi ini, pengunjung harus booking dulu untuk bisa menikmati breakfast di restoran dan fasilitas kolam renangnya yang berada di lantai 17. Hotel Indonesia yang tidak pernah sepi pengunjung ini juga punya cerita mistis yang sudah menjadi rahasia umum. Konon di lantai 4 banyak tamu yang mengatakan pernah melihat sosok wanita cantik bergaun putih mondar-mandir, muncul di lorong dan lift. Mmmh ada apa ya dengan lantai empat? Mau coba nginep? Siapa tahu kamu cukup beruntung buat ketemu nona misterius ini! Kamar Deluxe King – School Holidays harganya 2.3 juta, Grand Deluxe King Or Twin 3.4 juta, Salon Suite King mulai dari 6 jutaan dan Executive Grand Deluxe King Or Twin 3,3 juta.

Savoy Homann Bandung

Savoy Homann sudah berdiri sejak 1880 dan dimiliki oleh seorang warga negara Jerman, A. Homann. Bangunan hotel yang kini dijadikan cagar budaya oleh pemerintah setempat, sempat melalui banyak pemugaran sampai pada tahun 1939 diganti dengan hotel baru bergaya internasional style modern. Pada saat dilaksanakan Konferensi Asia-Afrika (KAA) pada tahun 1955, hotel ini digunakan sebagai tempat menginap para kepala negara. Jejak KAA pun masih diabadikan di seperti cinderamata khas negara di 3 buah kamar, kolase foto saat konferensi, ‘golden book’memuat daftar tamu yang hadir serta tulisan tangan, pajangancutlery set yang dipakai para tamu KAA, klasik kan! Setiap kamar disini punya sentuhan ornamen jadul seakan bernostalgia ke puluhan tahun kebelakang.

Hotel Savoy Homann terlihat elegan, klasik dan sedikit mistis karena dibumbui oleh kisah-kisah tamu dan staf yang pernah melihat penampakan tentara dan noni-noni Belanda yang dulu pernah berkunjung ke hotel itu. Kamar nomor 224 konon katanya merupakan ruangan paling ikonik dimana presiden pertama RI, Ir Soekarno pernah menempati kamar tersebut. Menginap disini gak akan pernah bosan, begitu sudah capek seharian keliling Bandung, akan disambut keramah tamahan para stafnya. Kamar tipe Deluxe Double harganya 500 ribuan, Junior Suite 1 jutaan, Deluxe Double Bed 700 ribuan dan Executive Twin Bed Rp 705 ribuan. 

Hotel Tugu Malang

Hotel bintang 5 yang sudah berdiri sejak tahun 1990 ini punya julukan sebagai salah satu hotel paling indah di dunia versi majalah L’Officiel Voyage. Nuansa hotelnya antik khas Jawa, keramahan para stafnya dijamin bikin kamu betah menginap. Hotel Tugu juga jadi langganan para mantan Presiden Indonesia ketika berkunjung ke Malang loh.  Lokasi Hotel Tugu Malang strategis berada tidak jauh dari Monumen Tugu dan Alun-Alun Kota Malang buat untuk sekedar cuci mata.  Kalau kamu mager keluar hotel, juga tersedia dua restoran ; Restoran Melati dengan kuliner Nusantara, Barat, dan Asia dan Resto Saigon San dengan kuliner khas Thailand, Kamboja, dan Vietnam. Buat nongkrong cantik bisa pindah Banlam Bar nya yang nyaman.

Hotel ini juga punya bakery dengan resep kuno dari jaman Belanda, lengkap kan! Kalau kamu bosen di kamar ada kurang lebih tujuh ruangan seperti galeri yang menampilkan pajangan barang antik. Ruangan yang sayang untuk dilewati adalah ‘The Sugar Baron Room’ dengan koleksi foto seorang wanita first lady China Oei Hui Lan. Difoto itu sang lady berdiri membelakangi kaca dan memperlihatkan rambutnya yang menjuntai panjang sampai lantai. Entah kenapa rumor yang beredar banyak mengaitkannya dengan cerita mistis seputar hotel. Bahkan tidak jarang terselip cerita tamu yang menginap di tempat ini mengaku bermimpi didatangi oleh sosok Oei Hui Lan. Kamar yang ditawarkan disini cukup bervariasi harganya, tipe Superior Deluxe Street & Garden View 1,3 juta, Superior Deluxe 1.4 juta, The Babah Suites 2.1 juta, Raden Saleh Suite 4.9 juta, sampai Apsara Residence 13 juta per malamnya

Hotel Grand Inna Malioboro

Berlokasi strategis di kawasan Malioboro, keramah tamahan dan pelayanan yang maksimal dari para staf nya bakal terasa kental banget kalau kamu jadi staycation disini. Meskipun bangunan hotelnya terbilang klasik, tetapi tema yang dihadirkan tetap estetik dengan kamar yang luas, AC yang dingin, channel TV yang beragam sarapan yang lezat. Selama PPKM ini hotel tidak menyediakan makan buffet demi menjaga prokes. Jangan sedih, akses mudah menuju jalan Malioboro yang dipenuhi toko dan jajaran kuliner, tidak akan membuat kamu kelaparan. Hotel Grand Inna sudah berdiri lama sejak 1908, dimana penjajah Belanda masih merajai tanah Jawa, jadi gak heran kalau tidak luput dari rumor yang menganggap bahwa hotel ini angker.

Ada dua kamar yang dianggap paling misterius yaitu kamar 911 dan 912 yang katanya dulu pernah disinggahi oleh Jenderal Sudirman. Menurut karyawan dan beberapa pengunjung hotel, ketika malam hari pintu kamar tersebut kerap terbuka sendiri, terdengar suara-suara aneh serta kursi yang bergoyang sendiri. Untuk dua kamar tersebut tidak ditutup dan tetap disewakan kepada tamu. Kalau kamu penasaran menginap disini, kamar Executive Suite Room 1.8 juta, Junior Suite Rp 1.2 juta, Deluxe Premiere King Bed 690 ribuan dan Deluxe 560 ribuan per malam.

*(Sofi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here