Siapa Anna Delvey? Sosialita Palsu dan Bintang Serial Kriminal Netflix Terbaru

0
anna delvey

Pernah mendengar pepatah “fake it till you make it” atau jika diterjemahkan “berpura-puralah sampai kamu berhasil”?

Anna Delvey, sosialita palsu terkenal yang menipu orang – orang terkaya di New York adalah perwujudan fisik dari pepatah itu. Sekarang, kita bisa mempelajari semua cerita tentang sang sosialitas palsu lewat drama Netflix yang hadir di tahun 2022 bertajuk Inventing Anna.

Pada tahun 2018, The Cut menerbitkan sebuah artikel yang menarik perhatian dunia berjudul “Sebuah kisah tentang seorang gadis bernama Anna Delvey”, bercerita tentang seorang gadis berusia 20-an tahun dengan ambisi besar yang tinggal di hotel-hotel trendi di kota New York, seorang sosialita yang berteman dengan semua orang dan dengan siapa saja, bahkan berteman dengan kolektor seni Tiongkok dan salah satu pendiri Museum M Woods, Michael Xufu Huang pada tahun 2015 ketika Huang masih menjadi mahasiswa di University of Pennsylvania.

Anna Delvey (kiri) dan Michael Xufu Huang (sumber foto: @theannadelvey/ Instagram)

Selalu mengenakan pakaian merek desainer, dan dengan murah hati memberikan uang kertas $100 dolar kepada staf layanan yang datang kepadanya, ini adalah kisah tentang seorang wanita muda yang tampaknya sangat kaya yang hidupnya hancur karena teman-teman yang mencurigakan, penolakan kartu kredit, dan tagihan yang belum dibayar; mengungkapkan sisi kelam dari sang sosialita.

Pada Oktober 2018, Delvey ditahan dalam operasi penangkapan, dan setengah tahun kemudian, dia dinyatakan bersalah atas 8 tuduhan termasuk pencurian besar-besaran di tingkat kedua, percobaan pencurian besar dan pencurian layanan. Didenda US$24.000 (Rp 343 juta) dan diperintahkan untuk membayar ganti rugi US$199.000 (Rp 2,8 miliar). Ia dijatuhi hukuman 4 hingga 12 tahun penjara sebelum akhirnya dibebaskan pada tanggal 11 Februari 2021 (dan tanpa malu-malu merayakan kepulangannya dengan memamerkan Louboutin-nya di Instagram). Namun, hanya sebulan setelahnya, dia dibawa kembali ke tahanan karena memperpanjang visanya dan masih menunggu deportasi ke Jerman hingga hari ini.

Delvey, lahir dengan nama Anna Sorokin, wanita Jerman kelahiran Rusia berusia 30 tahun yang berpura-pura menjadi pewaris konglomerat asal Jerman yang tinggal di Kota New York antara tahun 2013 dan 2017. Kehidupan aslinya jauh dari dongeng kemewahan dan glamor yang dia ceritakan kepada teman dan kenalannya yang kaya. Kenyataannya, Delvey adalah salah satu dari dua anak dalam keluarga kelas pekerja. Ayahnya bukan pemilik perusahaan raksasa industri minyak, juga bukan pengusaha panel surya seperti yang dia klaim. Sebaliknya, ia bekerja sebagai sopir truk sebelum membuka bisnis yang mengkhususkan diri pada perangkat hemat energi.

Ada begitu banyak misteri, drama, kebohongan, dan rasa kaget maupun ketidakpercayaan yang muncul  dari publik secara umum. Bagaimana mungkin seorang gadis biasa bisa lolos begitu saja dari kebohongan demi kebohongan yang ia lakukan? Sekarang, melalui program Netflix terbaru, Inventing Anna, kita akan berkenalan lebih lanjut dengan sang sosialita palsu.

Sumber foto: Netflix

Direncanakan tayang perdana pada tahun 2022, serial ini diproduksi oleh Netflix dan Shondaland serta dibuat oleh produser Bridgerton, Shonda Rhimes. Deretan pemerannya termasuk Julia Garner sebagai Delvey, yang mengubah warna rambut emasnya menjadi coklat seperti Delvey. Selanjutnya ada Anna Chlumsky yang akan bermain sebagai Vivian, karakter yang didasarkan pada Jessica Pressler, jurnalis yang menulis artikel viral The Cut. Sedangkan Katie Lowes dan Laverne Cox masing-masing akan berperan sebagai Rachel dan Neff, dua mantan teman Delvey.

Michael Xufu Huang, yang merupakan salah satu orang pertama yang curiga pada Delvey, tampaknya tidak memiliki karakter dalam serial tersebut. Pada tahun 2015, Huang mengirimkan tagihan sebesar US$3.000 (Rp 43 juta) untuk menutupi penerbangan dan kamar hotel Delvey saat perjalanan mereka ke Venice Biennale dan harus menekan sosialitasi palsu itu agar melunasi tagihannya.

Delvey dibayar US$320.000 (Rp 4,5 miliar) oleh Netflix untuk ceritanya, namun, karena undang-undang yang mencegah pelaku kriminal mengambil untung dari kejahatan mereka, rekening banknya saat ini dibekukan. Korbannya juga dapat mengajukan klaim atas uang tersebut terlebih dahulu dan dikatakan bahwa lebih dari US$170.000 (Rp 2,4 miliar) telah digunakan untuk membayar kembali hutangnya ke bank.

Inventing Anna rilis pada tanggal 11 Februari di Netflix dan kamu bisa saksikan trailer-nya di bawah ini yang memberikan narasi “Kisah ini sepenuhnya benar … kecuali untuk semua bagian yang tidak”, membuat penasaran pengikut setia kisah aneh ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here